Cara Mengatasi Error E05 Printer Canon MP 287 Yang Bandel

Error E05 Canon MP 287. Ada banyak type masalah atau kerusakan yang sering dialami oleh pengguna Printer Canon khususnya Printer Canon Jenis Multi Fungsi All In One seperti Canon MP 287 diantaranya adalah yang paling sering terjadi Error E05. Dimana Printer tidak mendeteksi adanya ketrid dan pada layar dekstop muncul notifikasi The Following Ink Catridge Cannot be Recognized seperti tampak pada screesnhot di bawah ini:



Biasanya untuk mengatasi masalah Printer Canon MP 287 Error E05 tidak mendeteksi dan membaca ketrid adalah dengan memberishkan Pin Konektor Ketrid dan juga Pin Konektor yang ada di Rumah Ketrid menggunakan Tisue Kering sampai bersih. Masalah ini disebabkan oleh adanya tinta yang membasahi konektor catrid sehingga terjadi short dan akibatnya printer tidak mampu mengenali dan membaca ketrid.



Jika setelah dibersihan menggunakan Tissue kering sampai bersih dan dipastikan tidak ada lagi noda tinta di pin konektor catrid namun printer tetap mengalami Error E05 tidak mendeteksi dan membaca ketrid langkah yang bisa diambil selanjutnya adalah dengan menggosok Pin Konektor Ketrid dengan Penghapus pensil 2 B. Tujuannya selain untuk membersihkan mata pin juga untuk menghidupkan ion-ion positif pada mata konektor ketrid.

Apabila setelah dibersihan dengan tissue dan juga penghapus ternyata ketird tetap tidak terdeteksi dan terbaca oleh printer langkah uji coba yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti unit ketrid dengan yang baru atau bisa mengambil ketrid printer lain untuk melakukan test.

Seperti yang sudah saya lakukan pada vidio di atas, membersihkan ketrid dengan tissue dan penghapus, mengganti ketrid namun tidak berhasil. Jika sudah seperti ini kendalanya kemungkinan kerusakan printer atau penyebab Canon MP 287 tidak membaca dan mendeteksi Ketrid Error E 05 adalah rusaknya konektor yang berada di dalam rumah ketrid.

Cara ini harus dicoba untuk memastikan penyebab sebenarnya, dan berdasarkan pengalaman saya selama menangani kasus seperti ini rata-tara penyebab Error E05 Printer Canon MP 287 yang bandel tidak mau membaca ketrid sama sekali adalah rusaknya konektor yang berada di dalam rumah ketrid.

Cara Mengatasi Error E05 Printer Canon MP 287 Yang Bandel


1. Bongkar Case Printer Canon MP 287 sampai habis seperti tampak pada screenshot di bawah ini



2. Bongkar Rumah Ketrid dengan cara melepas plat tempat dimana rumah ketrid melekat, lepaskan semua baut yang mengunci plat burulah rumah ketrid bisa diambil.




3. Copot PCB Mesin Konektor Ketrid seperti tampak pada screenshot di bawah ini



4. Ganti dengan unit Konektor Ketrid yang baru, bisa diambil kanibal dari printer canon lain meskipun beda type seperti Canon IP 2770, MP 258, atau MP 237. Ketiga part printer tersebut sepakaian dan bisa dikanibalkan.

5. Setelah anda ganti Konektor Ketrid pasang kembali unit printer seperti semula kemudian lakukan test apakah printer sudah bisa membaca ketrid atau tetap dalam kondisi error E 05.

Setelah saya coba lakukan penggantian Part Konektor Ketrid dari kanibalan Printer Canon IP 2770 hasilnya Printer Canon MP 287 yang tadinya error E05 tidak mau membaca ketrid sama sekali meskipun sudah di ganti-ganti ketrid dapat normal kembali dan berfungsi dengan baik.

Namun sedikit cerita, setelah masalah E05 teratasi timbul masalah baru secara berturut-turut mulai dari E13, E14, P22, sampai saya dihadapkan pada masalah Error P06 yang artinya Mesin Printer mengalami overhead (terlalu panas) yang disebabkan oleh adanya short pada mesin itu sendiri.

Untuk mengatasi E06 saya lebih suka mengambil jalan pintas yaitu dengan mengganti Unit Mainboard Baru dari pada membuang-buang waktu untuk pekerjaan lain hanya untuk meneliti penyebab kerusakan E06. Pengalaman saya jika Mainboard Sudah mengalami masalah error E06 itu sangat susah untuk diperbaiki, kecuali bagi orang-orang yang mahir di bidang teknisi solder menyolder, paham jalur-jalur mesin. Untuk pemula saya rekomendasikan sebaiknya mengambil jalan pintas sajam toh masalah printer lebih cepat diatasi dan bagi anda yang berprofesi sebagai teknisi lebih cepat untuk membuat nota pembayaran.



Demikianlah Tutorial Cara Memperbaiki Printer Canon MP 287 yang Error Code E05 yang Bandel. Semoga tutorial ini mudah dipahami dan bisa menjadi solusi atas masalah yang sedang anda hadapi. Jangan lupa untuk Like FansPage, Subscribe dan Share kepada teman anda yang membutuhkan.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.