Cara Mengatasi Halaman Photoshop CorelDraw Kekuningan

Pada umumnya lembar kerja atau halaman kerja Aplikasi Photoshopp dan CorelDraw berwarna putih. Namun pernahkah anda mengalami masalah Halaman Kerja dan Bacground New Dokumen serta sekala warna putih menjadi kekuningan pada aplikasi Photoshop dan CorelDraw?

Seperti tampak pada screenshot di bawah ini tampak Bacground Halaman Kerja dan New Dokumen pada Photoshop dan CorelDraw berwarna kekuningan tidak seperti pada umumnya yang berwarna putih, negitupun juga pengaturan skala warna putih menjadi kuning.



Saya mengalami hal ini semenjak mencoba beralih ke Windows 10. Pada penggunaan Windows 7 sebelumnya belum pernah mengalami kendala seperti ini. Awalnya ketika Aplikasi CorelDraw dan Photoshopp ketika dijalankan muncul notifikasi setting profil ada 2 pilihan Igrone dan Use Enyway.

Karena biasanya ketika ada notifikasi konfirmasi seperti itu pada aplikasi lainnya pilihan Opsi yang dipilih adalah Use Enyway saya pun memilih Use Enyway dan hasilnya Bacground Lembar Kerja Photoshop dan CorelDraw menjadi warna kekuningan seperti settingan warna eye protection.



Sebelum menemukan cara ini untuk mengatasi masalah halaman kerja dan setting warna putih menjadi kekuningan pada Photoshop dan CorelDraw, saya melakukan Uninstal dan Instal Ulang aplikasi Photoshop dan CorelDraw dan mengingat-ingat jika muncul notifikasi konfirmasi setting profil saya pilih Igrone, namun karena terkadang sudah menjadi kebiasaan memilih Opsi Use Enyway terkadang tangan seperti auto respon bergerak sendiri secara otomatis tanpa disadari.

Ternya setelah saya cari di google penyebab efek warna kekuniangan pada aplikasi Photoshop dan CorelDraw adalah karena aplikasi tersebut mengikuti setting warna windows. Jadi untuk mengembalikannya ke warna putih kita harus mengubah settingan di windows bukan di Aplikasi Photoshop dan CorelDraw. Pantas saja hampir semua menu yang ada di Photoshop dan CorelDraw sudah saya coba untuk menemukan setting pengubahan warna dasar agar tidak kekuningan namun selalu gagal.

Cara Mengubah Efek Warna Kekuningan pada Tampilan Lembar Kerja dan Setting Warna Putih Aplikasi Adobe Photoshop dan CorelDraw

Buka Control Panel kemudian pada kolom pencarian di sudut kanan atas ketikkan kata kunci "color"



Maka akan muncul pengaturan warna berdasarkan kata kunci, pilih menu Color Management



Pada Jendela Color Managent secara default Use My Settings for This Device dalam keadaan Uncheklist



Berikan Checklist pada Use my setting for this device kemudian klick menu Add....



Muncul Jendela Baru Associate Color Profil, pilih SRGB IEC61666-2.1 seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Setelah memilih Opsi SRGB IEC61966-2.1 klick menu Set As Default Profil untuk menerapkan setting warna profil ini ke semua aplikasi tambahan yang terinstal di windows.




Jika di sebelah SRGB IEC61966-2.1 muncul notifikasi default berarti proses penerapan profil warna terpilih berhasil. Langkah selanjutnya adalah close dialog Color Management Windows.





Begitupun juga coba jalankan Aplikasi CorelDraw, hasilnya halaman lembar kerja beserta bacground New Dokument CorelDraw sudah berwarna putih bersih tidak lagi kekuning-kuningan.

Baca Juga: Tutorial Cara Mengatasi Adobe Photoshop has Stopped Working

Demikianlah Tutorial Cara Mengatasi Halaman Lembar Kerja serta Settingan Warna Putih Adobe Photoshop dan CorelDraw yang berubah menjadi kekuning-kuningan. Semoga dapat menjadi solusi bagi anda yang selama ini dibuat pusing mengatasi masalah seperti ini. Jangan lupa tinggalkan jejak dengan Like FansPage, Subscribe dan Share.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.