Cara Registrasi Ulang Pembelian Modul Mata Kuliah UT Online

Setiap mahasiswa Universitas Terbuka wajib untuk Registrasi Ulang Mata Kuliah pada setiap awal Semester Baru melalui aplikasi SIA UT. Melalui SIA UT Mahasiswa dapat melihat Nilai UAS dan juga memasan buku Modul Bahan Ajar berdasarkan mata kuliah yang diambil oleh masing-masing mahasiswa Universitas Terbuka dengan total keseluruhan 24 SKS.

Berikut ini langkah-langkah Registrasi, Cetak Nilai UAS dan Pemesan Buku Modul Mata Kuliah di Aplikasi SIA UT secara Online.

Buka situs Sistem Informasi Akademik UT (SIA UT) kemudian login menggunakan alamat email dan username yang telah terdaftar.



Pada Dasboard Aplikasi SIA Pilih menu Non Pendas Sarjana dan Diploma FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP klick Menu Masuk



Muncul Jendela Akun Mahasiswa, Pilih Menu Regitrasi, Pilih Sub Menu Registrasi Mata Kuliah, kemudian pilih Sub Menu Registrasi MTK Non Sipas.



Klick Menu Cari pada Form Pencarian Registrasi Matakuliah Non Sipas



Pada area Kode Tempat Ujian ketikkan nama Kabupaten Anda, maka secara otomatis ketika Nama Kabupaten diinput, dideteksi, dan ditemukan Kode Tempat Ujian akan terisi dengan sendirinya.



Masukkan Kode MTK kemudian akan muncul dertan Kode MTK beserta Nama MTK pilih sesuai Kode MTK yang diinputkan.



Ulangkah langkah di atas sampai dengan keseluruhan mata kuliah yang diambil, apabila muncul notifikasi Total Keselurahan SKS yang anda ambil sudah 24 sks anda sudah tidak bisa ambil matakuliah lagi selain mata kuliah di atas, Klick OK.



Geser halaman ke sebelah Kanan kemudian Checklist keseluhan Beli bahan Ajar dan REG Tuton



Apabila muncul tanda peringatan silang berarti untuk bahan ajar mata kuliah tersebut tidak tersedia



Lanjut ke halaman di bawahnya, masukkan Detail Alamat pengiriman, pilih jasa pengiriman, masukkan nomor HP dan Kode POS.



Setelah selesai mengisi Detail Alamat pengiriman, pilih jasa pengiriman, masukkan nomor HP dan Kode POS Klick Simpan



Muncul Notifikasi Konfirmasi periksa kembali seluruh mata kuliah yang akan diambil dan alamat pengiriman bahan ajar sebebelum melanjutkan. Jika anda merasa semua sudah terisi dengan tepat klick OK.



Muncul Jendela baru Daftar Tagihan, Klick Opsi Cetak untuk mencetak Detail Data Tagihan yang berisikan Kode Billing Pembyaran.



Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BTN, BRI, Mandiri, dan Gerai AlfaMart dengan menggunakan Nomor Billing.

Demikianlah Tutorial cara Registrasi Ulang Mata Kuliah dan Pembelian Buku Buku Modul Bahan Ajar melalui Aplikasi System Informasi Akademik UT (SIA UT) secara online. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk Like FansPage, Subscribe dan share.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.