Cara Mengatasi Printer Canon MP237 Tidak Bisa Direset

Canon MP237 Save Mode Blink Orange 3 Kali. Salah satu tanda Printer Canon MP237 sudah saatnya direset ulang adalah ketika printer dinyalakan langsung blink tombol power dan indikator orange 7 kali secara bergantian kemudian jika dicoba untuk mencetak dokumen maka pada layar dekstop akan muncul jendela notifikasi Canon MP230 series printer error has accurred support code: 5B00 dengan tampilan gambar Printer berlatar belakang warna merah serta ada gambar tabung tinta yang meluber.



Namun terkadang dalam mereset printer muncul kendala lain sehingga proses resetter tidak dapat dilakukan, seperti yang beberapa hari lalu saya tangani dimana printer canon MP237 ketika hendak di resset menggunakan aplikasi service tool V3400 dalam kondisi masuk  save mode mengalami error Blink Orange 3 kali dan tidak dapat direset, meskipun sudah berganti Kabel USB dan beberapa kali mengulang masuk mode save mode.

Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara reset printer canon mp237 dengan service tool v3400 sekaligus cara mengatasi Printer Canon MP237 tidak bisa direset karena adanya kendala  Printer MP237 dalam kondisi masuk save mode blink orange 3 kali yang artinya ada masalah yang kaitannya dengan paper jamed. Bisa karena ada benda asing seperti sobekan kertas yang tersangkut di area mekanik printer, atau adanya kerusakan pada sensor kertas dan bisa juga sensor encorder bulat.

Lebih jelasnya silahkan simak video dokumentasi saya berikut ini:



Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencoba mereset Canon MP237 yang Blink Tombol Power dan Indikator Orange 7 Kali dengan software Resetter Canon MP237 dengan sebelumnya menghubungkan printer dengan komputer dalam mode Save Mode namun hasilnya gagal. Karena Printer Canon MP237 abnormal ketika masuk mode save mode, yang seharusnya menyala normal justru mengalami Blink Orange 3 kali.

Langkah Kedua saya mencoba membersihkan printer MP237 yang awalnya memang sangat kotor terliaht kurang perawatan dengan compressor, karena bisa jadi ada sobekan kertas atau krikil, debu dan benda asing lainnya yang tersangkut di dalam mekanik printer. Setelah itu saya coba kembali menyalakan Printer MP237 dalam mode Save Mode, hasilnya Printer MP237 masih dalam kondisi Blink Orange 3 kali dan tidak bisa diresset.

Langkah Ketiga saya mencoba mengganti Sensor Kertas, karena saya yakin error blink 3 kali orange kaitannya paper jamed yang disebabkan oleh adanya benda asing dan atau rusaknya sensor kertas dan sensor encorder bulat. Pertama saya mengganti sensor kertas, kemudian mencobanya kembali ternyata masih sama Canon MP237 tetap blink orange 3 kali. Kemudian saya mencoba mengganti Sensor Encorder Bulat dan hasilnya printer MP237 dalam kondisi Save Mode tidak lagi blink orange 3 kali. Yang artinya penyebab utama Printer MP237 yang blink orange baik dalam kondisi belum saatnya direset maupun sudah saatnya direset adalah sensor kertas dan/atau sensor encorder yang sudah saatnya diganti dengan unit baru.



Setelah penyebab utama Printer Canon MP237 Tidak bisa direset karena blink orange 3 kali dalam mode save mode terpecahkan. Saya pun mencoba mereset printer Canon MP237 menggunakan Aplikasi Resetter service tool v3400 dan lagi-lagi muncul kendala baru Printer Canon MP237 Blink Orange 16 Kali dan 15 Kali dalam kondisi save mode.

Untuk mengatasi masalah Printer Canon MP237 yang blink orange 16 kali dan atau 15 kali  dalam kondisi save mode ketika hendak direset caranya cukup mudah. Silahkan bersihkan konektor ketrid menggunakan Tissue kering. Biasanya masalah tersebut disebabkan oleh adanya noda tinta yang mengotori konektor ketrid sehingga terjadi short akibatnya printer Canon MP237 Blink Orange sebanyak 15 kali kendala ada di ketrid warna, dan 16 kali kendala ada di ketrid hitam.

Bagi Anda yang ingin mencoba mereset printer Canon MP237 sendiri dan belum mengetahui caranya silahkan ikuti panduan berikut ini, namun terlebih dahulu silahkan Download Resetter Canon MP237 Error 5B00 Suport All Windows Version.

1. Matikan Printer Canon MP237, kemudian tekan tombol Resume disusul tombol Power

2. Tetap tekan dan tahan tombol power, kemudian tekan tombol resume sebanyak 6 kali tujuannya agar printer Canon MP237 masuk save mode dan dapat direset menggunakan aplikasi resetter.

3. Jika prosedurnya benar maka printer Canon MP237 akan masuk ke mode save mode dan tidak blink orang 7 kali seperti kondisi sebelumnya, dan pada komputer akan terdeteksi device baru seolah-olah driver printer tidak terinstal di windows.

4. Siapkan 2 buah lembar kertas, karena nantinya ketika Printer Canon MP237 direset akan terjadi proses cetak dokumen sebanyak 2 kali.

5. Jalankan Software Resetter service tool v3400 dan ikuti panduan berikut ini berdasarkan urutan nomor jangan sampai salah prosedur.



6. Setelah proses reset selesai, matikan Printer Canon MP237 kemudian nyalakan kembali

7. Printe Canon MP237 normal kembali dan siap digunakan untuk mencetak dokumen sebagaimana mestinya.

Demikianlah Tutorial Cara Mengatasi Printer Canon MP237 Tidak Bisa Direset karena Blink Orange 3 kali dalam kondisi save mode. Semoga dapat menjadi solusi bagi Anda yang dihadapkan pada permasalahan yang sama. Jangan lupa untuk like FansPage, Subscribe dan share kepada teman-teman Anda yang mungkin membutuhkan.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.