Panduan Cara Naik Level STR Bidan Online KTKI Kemkes

Bagi Bidan yang sudah memiliki STR dan masa berlaku STR masih panjang sementara latar pendidikan sudah naik level atau tidak sesuai dengan pendidikan yang tercantum pada STR lama dapat mengajukan Naik Level STR untuk mendapatkan STR baru dengan latar belakang pendidikan yang sama. Sebagai contoh misalnya pada waktu Anda mendaftarkan STR sebelumnya pendidikan Anda adalah D III Kebidanan, sementara sekarang Anda sudah menyelesaikan kuliah D IV atau S1 Kebidanan secara otomatis tentunya latar belakang pendidikan pada STR lama tidak sesuai lagi dengan latar belakang pendidikan Anda pada saat ini.

Selain dari pada itu  ketika Anda mencoba mendaftar atau melamar pekerjaan pada suatu Instansi, anda tidak bisa menggunakan Ijazah D IV apabila persyaratan pendidikan pada lamaran harus sesuai dengan pendidikan yang ada di STR. Maka dari itulah diperlukan yang namanya upgrade atau naik Level STR sesuai dengan jenjang pendidikan yang telah ditempuh.



Disini saya akan membagikan pengalaman cara bagaimana mengusulkan Nail Level STR secara online melalui Website STR Online Ver. 2.0 | MTKI yang tidak lain adalah Website KTKI Kemkes. Untuk tahapannya sebenarnya tidak jauh berbeda dan bisa dibilang hampir sama persis dengan prosedur usulan STR baru baik yang Pendaftaran maupun Perpanjangan.



1. Buka halaman website STR Online Ver. 2.0 | MTKI



2. Gulir ke bawah kemudian centang Saya Sudah Membaca dan Memahami Ketentuan di Atas, Klick Tutup untuk menutup jendela pemberitahuan.

3. Buat PIN dengan cara Klick Menu Belum Punya PIN



4. Masukkan alamat email, No. NIK, Nama sesuai KTP, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, isi kode Captcha kemudian Klick Daftar.



5. Pembuatan Pin Selesai dan Sukses, Catat PIN Anda atau Screenshot dan Simpan



6. Klick Mulai Registrasi, masukkan alamat email dan PIN serta Captcha kemudian Klick Masuk



7. Pilih Menu Registrasi Ulang



8. Pilih Menu Naik Level



9. Masukkan Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nomor STR Lama kemudian Klick Kirim



10. Langkah selanjutnya lengkapi semua data yang harus diinput yang terdiri dari 6 Langkah. Untuk detailnya silahkan Baca Postingan sebelumnya Cara Pendaftaran dan Perpanjangan STR Bidan Online.



Sebelum mengkonfirmasi dan mengirim ajuan, pastikan semua data yang anda input dipastikan benar, dan file yang diupload sesuai dengan pada tempatnya.



Setelah Anda selesai mengajukan Nail Level STR maka Anda akan memperoleh pesan email seperti berikut ini:



Pada saat Ajuan Naik Level STR Bidan, pelanggan saya meminta agar pada bagian Upload STR Lama diupload dengan file Ijazah, karena suatu alasan yang saya lupa untuk menjelaskannya dan hasilnya seperti berikut ini ajuan STR ditolak dan harus diperbaiki:



Setelah saya perbaiki selang satu hari kemudian kembali mendapatkan pesan email bahwa ada kekurangan dan harus diperbaiki seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Sesuai dengan petunjuk bahwa nomor dan tanggal sertifikat kompetensi diisi dengan Nomor dan Tanggal Ijazah D4/S1, saya pun hanya mengikuti petunjuk sesuai dengan intruksi yang diberikan.



Hasilnya selang satu hari kemudian, Alhamdulillah proses ajuan Nail Level STR diterima diintruksikan untuk membayar biaya Admin sebensar Rp. 100.000 menggunakan kode Billing.



Dapat disimpulkan bahwa pada saat mengajukan Naik Level STR file yang diupload harus tetap sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan namun khusus pada Nomor dan Tanggal sertifikat kompetensi pada Langkah ke 3 diisi  dengan Nomor dan Tanggal Ijazah D4/S.

 Demikianlah Tutorial Cara Mengajukan Nail Level STR Bidan Online KTKI Kemkes untuk mendapatkan STR baru dengan Latar Belakang Pendidikan sesuai dengan kondisi terbaru Anda saat ini. Selamat mencoba dan semoga sukses, apabila ada kendala atau ada hal-hal yang kurang dimengerti silahkan tinggal pesan di kolom komentar.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.