Cara Mengatasi Gagal Install Microsoft Office 2019

Untuk pertama kalinya saya mengalami masalah gagal instal Microsoft Office 2019 dengan notifikasi We're sorry, we had problem installing your office program (s). Is Your internet connection working? Do You have enough free space on your main hard drive? Seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Awalnya saya berkesimpulan bahwa hal ini disebabkan karena Laptop tidak tersambung dengan jaringan internet karena adanya pertanyaan apakah koneksi internet bekerja? Padahal sebelumnya saya belum pernah mengalami kendala seperti ini, dan selalu sukses Instal Microsoft Office dalam keadaaan Offline. Saya kira untuk kali ini memang mungkin perlu koneksi internet.

Setelah saya coba mengulang Install Microsoft Office 2019 dalam kondisi laptop terkoneksi jaringan internet, ternyata masalah tersebut tidak teratasi. Bisa disimpulkan masalah tersebut diakibatkan bukan karena tidak adanya jaringan internet. Berkali-kali saya coba Run Installer Micorosft Office 2019 melalu Aplikasi Winrar, saya ulang beberapa kali namun selalu gagal dengan notifikasi error di atas.



Saya pun mencoba mengekstak file installer ke Drive Laptop, dan mencoba menginstal langsung dari Drive Laptop dimana biasanya saya menggunakan Flashdisk Khusus berkapasitas 64 GB sebagai master Installer.
Alhamdulillah ternyata dengan cara tersebut proses Install dapat berjalan dengan lancar. Sempat berfikiran untuk mendownload ulang master installer Office 2019 sebelum melakukan uji coba ini. Ternya masalah dapat teratasi dengan cara ini, tidak perlu download ulang Installer Office yang membutuhkan kuota internet yang lumayan besar.



Setelah saya teliti kenapa masalah tersebut bisa terjadi, sementara sebelumnya tidak pernah mengalami hal tersebut. Ternyata dan ternyata kapasitas Flasdisk Master Installer yang saya gunakan sudah hampir kehabisan ruang penyimpanan. hanya tersisa beberapa ratus MB saja. Saya baru paham dengan kejadian ini.



Memang meskipun file program installer di pack dalam Winrar ketika  Setup Program Installer yang diextrak dan dijalankan langsung dari winrar membutuhkan ruang cadangan sementara agar dapat menjalankan setup installer tanpa menyimpan hasil estrak program. Ketika suatu program berhasil di instal dari Winrar secara otomatis penggunaan ruang penyimpanan dari program Installer tersebut akan terhapus ketika proses Install selesai dan ditutup.



Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa ketika ingin menjalankan Setup Installer suatu program dengan kapasitas besar dari file Winrar melalu flashdisk, pastikan flashdisk tersebut memiliki ruang penyimpanan cadangan yang cukup luas. Agar File Installer dari hasil ekstrak winrar dapat berjalan dengan normal. Apabila Flasdisk Anda dalam kondisi ruang penyimpanan yang sudah hampir habis maka sebaiknya file Installer disalin atau diekstrak dulu ke Drive lain yang memiliki sisa kapasitas ruang penyimpanan besar.



Demikianlah Tutorial Cara Mengatasi Gagal Instal Setup Installer Program file Winrar khususnya dengan kasus yang sama pada saat menginstal Microsoft Office 2019. Semoga tutorial ini bisa menambah wawasan Anda, mohon maaf apabila terdapat bahasa dan pembahasan yang kurang tepat.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.