Cara Melepas dan Memasang EEPROM IC104 Printer Canon

Cara Ganti EEPROM IC104 Printer Canon. Adakalanya Printer Canon baik seri Canon IP 2770, Canon MP237, Canon MP258, dan Canon MP287 tidak dapat direset ulang karena kondisi IC EEPROM kode IC104 yang memang sudah error tingkat tinggi atau karena gagal Reset dan sudah berkali-kali masuk Save Mode. Sehingga printer sudah tidak dapat lagi direset karena tidak bisa lagi masuk save mode. Salah satu cara yang bisa dicoba hanyalah dengan mengganti IC EEPROM kode IC104.

Disini saya akan berbagi pengalaman sekalitus tips bagaimana cara mudah melepas dan mengganti IC EEPROM dengan kode IC104 Printer Canon seri Canon IP 2770, Canon MP237, Canon MP258, dan Canon MP287 secara aman terhindar dari resiko komponen PCB Rusak akibat suhu blower yang terlalu panas atau resiko plat tempat menempelnya kaki-kaki IC terkelupas ikut terangkat akibat kurang hati-hati.



Adapun peralatan yang harus disiapkan/diperlukan dalam proses melepas dan mengganti IC EEPROM Printer canon diantaranya:

  1. Blower Angin
  2. Pinset
  3. Flux
  4. Kertas Alumunium Foil
  5. Solder Manual
  6. Timah Solder
Cara Melepas dan Ganti IC EEPROM  Printer Canon

Setelah peralatan yang saya sebutkan di atas sudah siap, ikuti prosedur melepas dan memasang kembali IC EEPROM Printer Canon berikut ini:

1. Atur Suhu Blower 300 Derajat Celcius, bisa kurang tapi jangan di bawah 250 Derajat

2. Lindungi Komponen PCB Mesin Printer Canon yang terbuat dari Plastik menggunakan Kertas Alumunium Foil agar tidak terbakar atau meleleh terkena panasnya suhu blower.



3. Berikan Flux sedikit agak banyak pada IC EEPROM kode IC104 agar timah yang mekat pada kaki-kaki IC cepat meleh dan mudah diangkat dan menghindari terbakarnya papan PCB.

4. Panasi IC EEPROM kode IC104 yang sudah diberi Flux beberapa menit, setelah mulai mengeluarkan asap gunakan piset untuk mencepit IC EEPROM sambil sedikit diangkat ke atas.

5. Terus panasi IC EEPROM secara merata sampai timah pada kaki-kaki IC mulai meleleh dan IC EEPROM mulai bisa diangkat/dilepas.

Dalam proses melepas IC lakukan dengan santai dan jangan sampai menggunakan cara paksa dengan cara ditarik atau digoyang kanan kiri, cukup dicepit dan diangkat ke arah atas saja sambil terus dipanasi untuk menghindari terangkatnya PIN PCB tempat melekatnya Kaki-kaki IC EEPROM.



6. Setelah IC EEPROM kode IC104 berhasil diangkat, rapihkan PIN tempat kaki-kaki IC melekat, tambahkan sedikit timah apabila timah yang ada terlalu sedikit. Agar nantinya proses pemasangan ulang IC EEPROM pengganti lebih mudah.

7. Pasang IC EEPROM baru sebagai pengganti, posisikan kaki-kaki IC EEPROM tepat pada tempatnya menggunakan pinset.

8. Panasi satu persatu kaki-kaki IC EEPROM menggunakan Solder Manual, dan pastikan benar-benar melekat serta jangan sampai ada timah yang terhubung antar kaki-kaki IC untuk menghindari terjadinya Short.

Memasang ulang IC EEPROM menggunakan blower menurut saya justru rumit, belum lagi adanya hembusan angin dari blower yang bisa saja menggeser posisi kaki-kaki IC yang sebelumnya sudah pas pada tempatnya.

Demikianlah Tutorial Cara Melepas dan Memasang EEPROM IC104 Pengganti pada PCB Mesin Printer Canon Seri Canon IP 2770, Canon MP237, Canon MP258, dan Canon MP287 secara aman terhindar dari resiko komponen PCB Rusak akibat suhu blower yang terlalu panas atau resiko Plat Pin tempat menempelnya kaki-kaki IC terkelupas ikut terangkat karena kurang hati-hati.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.