Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Berbagi Tutorial Online Open Add Partner Blog dan Pasang Artikel Backlink DoFollow Murah Berkualitas, Bagi yang berminat silahkan baca Syarat dan Ketentuannya

    💘Cara Mengatasi Printer Canon MP287 Error E03 Ketika Print

    Salah satu kendala error yang sering terjadi pada printer Merk Canon Type All In One seperti Canon MP237, Canon MP258 dan MP287 adalah Printer tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen karena adanya masalah error Paper Jam yang mengindikasikan bahwa ada sobekan kertas atau benda asing yang menghalangi pergerakan mekanik printer. Pada Layar Dekstop muncul notifikasi Error Paper Jamed, kertas tersangkut dan perintah menekan tombol Resume untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut, sementara pada printer muncul code E03.

    Adapun Faktor Penyebab terjadinya masalah Error E03 pada printer Canon MP287 terdiri dari beberapa kemungkinan sebagai berikut:

    1. Kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen dalam kondisi lembab, kusut atau pada ujung kertas terjadi lipatan, sehinga ketika kertas ditarik oleh mekanik printer tidak dapat menempati posisi yang semestinya, akibatnya kertas tersangkut mekanik Printer. 
    2. Adanya sobekan kertas atau benda asing yang menghalangi pergerakan mekanik printer atau menghalangi laju kertas masuk yang terjepit di dalam area lintasan kertas. 
    3. Aus atau rusaknya sensor kertas karena faktor usia atau karena adanya tegangan listrik yang tidak stabil, ditandai dengan printer ketika digunakan mencetak dokumen sering lose atau kertas sudah masuk sebagaimana mestinya namun tiba-tiba printer langsung blink dan error Paper Jamed dengan kode error E03. 
    4.  Aus atau rusaknya sensor/encorder Bulat yang berada di area mekanik sebelah Kanan.

    Sehingga untuk memastikan penyebab terjadinya masalah Printer Canon MP287 Paper Jamed dengan kode Error E03 perlu dilakukan pengecekan ke-4 faktor penyebab terjadinya masalah Error E03 pada printer Canon All In One MP237, MP258, dan MP287 seperti yang saya sebutkan di atas. Setelah ditemukan penyebabnya barulah dapat dilakukan perbaikan sesuai dengan cara penanganan masing-masing.
    Ketika saya mencoba Searching Google dengan kata kunci Canon Error E03 banyak yang mengatakan dan membagikan tutorial untuk mengatasi masalah Printer Canon Error E03 adalah dengan direset menggunakan sortware Resetter. Menurut saya cara penganganan ini tidak tepat dan cenderung salah metode. Kita harus bisa membedakan mana printer yang sudah saatnya direset dan mana printer yang error yang bukan disebabkan karena penuhnya Pad Counter yang jelas-jelas dari tanda-tanda atau ciri-cirinya berbeda.
    Berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika menangani service printer Canon Paper Jamed Error E03 kebanyakan disebabkan karena adanya benda asing yang masuk dan terjepit di area lintasan kertas, seperti pena, tutup pena, sobekan kertas, krikil, dan benda-benda kecil yang dapat masuk melalui area baking kertas, terkadang juga karena disebabkan Aus atau rusaknya Sensor kertas. Namun dapat juga disebabkan karena Aus atau rusaknya sensor/encorder bulat seperti yang terjadi pada printer Canon MP287 yang baru saja saya tangani.
    Ciri-ciri Printer Canon MP287 Paper Jamed Error E03 yang disebabkan oleh aus atau rusaknya Encorder Bulat adalah ketika diperintah untuk mencetak dokumen langsung Blink Paper Jamed dan Muncul Error Code E03 tanpa adanya respon/pergerakan mekanik printer menarik kertas serta bisa juga ditambah suara mekanik printer yang sedikit lebih keras dan kasar. Berbeda jika yang rusak adalah sensor kertas, maka printer akan merespon perintah cetak dokumen namun gagal, kertas masuk namun lose atau kertar masuk namun macet dan blink ketika proses pencetakan tulisan akan dimulai. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Video rekaman berikut ini:



    Tadinya saya berfikir dan menduga bahwa penyebab suara pergerakan mekanik Printer Canon MP287 keras dan kasar karena adanya benda asing yang tersangkut di dalam area mekanik printer dan menghalangi pergerakan mekanik printer. Namun setelah saya coba bongkar tidak ada benda asing ataupun sobekan kertas, hanya area mekanik printer yang sedikit terlihat kotor karena kurang perawatan.


    Sembari membersihkan mekanik arena lintasan kertas, saya mencoba memperhatikan komponen-kompenen printer, dan saya melihat kondisi Encorder Bulat yang sudah tidak seperti biasanya. Tampak kotor, seperti ada sisa-sisa lem yang menempel dan garis-garis pada encorder yang sudah tidak membentuk bahkan pada area tertentu sudah tidak ada. Saya pun menarik kesimpulan kemungkinan besar penyebabnya adalah rusaknya encorder bulat.


    Setelah saya ganti dan pasang kembali komponen-komponen printer sebagai mestinya, dan saya coba test hidupkan printer Alhamdulillah suara pergerakan mekanik printer yang kertas, seperti tersendat dan kasar sudah tidak terdengar lagi. Pergerakan mekanik printer terdengar halus dan wajar seperti keadaan normal printer pada umumnya.


    Saya pun mencoba test mencetak dokumen dengan menggunakan fitur Foto Copy, hasilnya printer Canon MP287 tidak lagi Error Blink E03 dan dapat langsung mencetak dokumen scan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebab adanya masalah Blink Paper Jamed Error E03 pada Printer Canon MP27 adalah rusaknya encorder bulat.

    Demikianlah pengalaman saya mengatasi masalah Printer Canon MP287 Blink Paper Jamed E03 yang bukan disebabkan karena adanya benda asing ataupun rusaknya sensor kertas, melainkan disebabkan oleh rusaknya encorder bulat. Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi teman-teman pengguna printer canon MP287 ataupun MP258 yang mengalami kendala yang sama namun belum menemukan penyebab dan solusinya. Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News Berbagi Tutorial Online Menerima Request Tutorial dan Guest Post bagi Siapa Saja yang hoby menulis Tutorial dan ingin membagikan hasil karya Anda melalui Blog Berbagi Tutorial silahkan Baca Syarat dan Ketentuan Guest Post Konten Kreator
    Artikel Terkait: