Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Herbal Alami

Rambut Rontok dan Ketombe Parah. Memiliki rambut sebagai mahkota wanita yang indah, lembut, tebal, adalah impian semua wanita. Akan tetapi untuk mewujudkannya tidaklah mudah. Kebanyakan wanita mengalami masalah yang sama yaitu rambut rontok karena tidak sehat.

Faktor Penyebab Masalah Rambut Rontok dan Ketombe

Ada banyak faktor yang mempengaruhi Kesehatan rambut agar terhindar dari masalah rambut rontok. Diantara faktor umum yang melatarbelakangi masalah rambut rontok baik itu penyebab natural atau disebabkan akibat pola hidup tidak sebagai sebagai berikut:

1. Keturunan

Faktor penyebab masalah rambut rontok juga bisa saja diakibatkan oleh faktor keturunan, dimana ada beberapa orang secara keturunan Ketika menginjak masa lanjut mengalami kebotakan, bahkan dari sejak bayi ada juga yang memiliki rambut tipis dan mudah rontok.

2. Kehamilan

Masalah rambut rontok banyak dialami oleh wanita hamil. Entah mengapa ini bisa terjadi, tidak semua wanita hami mengalami masalah ini. Kemungkinan disebabkan karena adanya peningkatan hormone yang kaitannya dengan kehamilan.

3. Stress

Stres juga dapat menyebabkan rambut rontok. Dimana orang yang sedang stress atau depresi karena mengalami banyak masalah akan cenderung tidak begitu memperhatikan perawatan tubuh serta pola hidup sehat. Memikirkan masalah yang sedang dihadapi secara berlarut-larut dan mendalam akan mempengaruhi kinerja otak, sehingga suhu diarea kepala meningkat drastic mengakibatkan rambut rontok.

4. Pengaruh Hormone

Adanya ketidak stabilan hormon dalam tubuh dapat juga mengakibatkan masalah rambut rontok. Hormon yang naik atau turun drastis mengakibatkan Kesehatan dan daya tahan tubuh menurun, bisa saja mengakibatkan masalah rambut rontok.

5. Penyakit Tertentu

Rambut rontok juga dapat diakibatkan adanya penyakit tertentu. Terutama penyakit kulit yang berada diarea kepala seperti Jamur, siberoik dan penyakit kulit lainnya semacam kudis dan kurap yang mengakibatkan pertumbuhan rambut terganggu bahkan mati sehingga timbullah masalah rambut rontok.

6. Obat-obatan

Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan tertentu dengan dosis yang tinggi dapat juga mengakibatkan rambut rontok. Kasus seperti ini hampir sama dengan orang yang pendengarannya kurang bahkan tuli karena over dosis obat-obatan.

7. Makan Makanan yang tidak sehat

Tidak menutup kemungkinan adanya makanan yang apabila dikonsumsi dapat menyebabkan masalah rambut rontok. Baik itu dikonsumsi secara sekala kecil atau besar tergantung dari zat berbahaya yang terkandung di dalamnya.

8. Kurang Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Masalah rambut rontok juga dapat diakibatkan dari kurangnya menjaga Kesehatan dan kebersihan kulit kepala. Misalnya jarang kramas padahal aktivitas sehari-hari cenderung beresiko menimbulkan keringat yang berlebih. Kotoran dan kringat yang menumpuk di kulit kepala dalam jangka Panjang dapat mengakibatkan masalah terjadinya penyakit kulit yang dapat menyabkan masalah rambut rontok.

9. Kurang Vitamin

Kurang Vitamin khususnya vitamin yang berfungsi untuk mensuburkan pertumbuhan rambut serta meningkatkan Kesehatan kulit dapat juga mengakibatkan masalah rambut rontok. Tentunnya hal ini akan berkaitan dengan munculnya masalah atau penyakit kulit penyebab rambut rontok.

10. Faktor Usia

Masalah rambut rontok juga dapat dipengaruhi oleh faktor Usia. Dimana orang-orang yang sudah berusia lanjut mengalami penurunan Kesehatan dan daya tahan tubuh. Pembaharuan sel-sel kulit yang telah mati menurun drastis, Kesehatan kulit dan rambut pun tentu akan ikut bermasalah.

11. Sinar Matahari

Melakukan aktivitas atau pekerjaan di luar ruangan yang beresiko terkena panas sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dan berlangsung secara terus menerus (rutinitas) dapat juga menyebabkan masalah rambut rontok. Apalagi tidak memperhatikan pola hidup dan makan sehat akan menyebabakan masalah Kesehatan kulit dan rambut rontok.

12. Polusi

Adanya polusi atau pencemaran lingkungan dapat juga menyebabkan masalah rambut rontok. Dimana sudah tentu tinggal di daerah yang tercemar/terpolusi akan rentan mengalami masalah kesehatan terutama kesehatan kulit kepala dan rambut.

13. Efek Styling Rambut

Terlalu sering berganti-ganti gaya rambut dengan melakukan styling rambut menggunakan bahan-bahan atau alat-alat pemanas/pengering rambut menjadi pemicu terjadinya masalah rambut rontok. Kulit kepala dan rambut menjadi rusak dan tidak sehat karena adanya obat-obatan dan juga proses mempercantik rambut yang tidak alami seperti, pewarna rambut dan rebonding apabila tidak diimbangi dengan perawatan secara rutin dan berkala.

14. Penggunaan Shampo

Pemilihan dan penggunaan shampo yang tidak tepat dapat juga menimbulkan masalah rambut rontok. Tidak semua shampoo itu bagus dan cocok dipakai oleh semua orang. Beberapa orang hanya cocok menggunakan shampoo dengan merk dan harga tertentu.

Tentunya masalah rambut rontok yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang telah saya sebutkan dan jelaskan di atas akan sangat berdampak dan mempengaruhi penampilan. Maka dari itu perlu adanya tindakan pencegahan sejak dini dengan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan masalah rambut rontok dan juga cara-cara perawatan kulit kepala agar terhindar dari masalah rambut rontok.

Dengan mengetahui faktor penyebab masalah rambut rontok, kita dapat melakukan Analisa untuk menemukan pemecahan masalah rambut rontok berdasarkan penyebabnya. Jadi untuk menangani kasus rambut rontok tidaklah sama, harus disesuaikan dengan penyebabnya. Sehingga terhindar dari salang Langkah atau prosedur yang justru tidak mengatasi masalah atau bahkan menambah masalah kerontokan rambut.  

Cara Perawatan Rambut Agar Sehat Alami Yang Baik dan Benar


Ada banyak tips cara perawatan rambut agar sehat alami yang baik dan benar secara prosedur yang perlu dilakukan untuk menghindari masalah rambut rontok. Menciptakan rambut yang sehat, indah, berkilau, lembut dan tebal.

1. Pijat Kulit Kepala Sehat

Untuk menghindari masalah rambut rontok dapat dengan secara rutin melakukan pijat kulit kepala menggunakan minyak penyubur rambut, seperti minyak almond, minyak kelapa, minyak wijen, Minyak kelapa, Minyak pepermin, Minyak jojoba, Minyak esens bergamot, Minyak zaitun, Minyak kemiri, minyak lemon dan minyak rambut seperti urang-aring. Selain dapat menghilangkan stress dan menciptakan rasa rilex, dengan pijatan yang tepat dapat memperlancar sirkulias peredaran darah sehingga dapat menstimulasi folikel rambut.

2. Rutin Keramas dengan Shampo yang Cocok

Menjaga kebersihan kulit kepala agar terhindar dari penyakit kulit yang menyebabkan masalah rambut rontok sangatlah penting. Salah satunya adalah dengan rutin keramas setiap hari terutama Ketika mandi dipagi hari dengan shampo yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala Anda. Kulit kepala yang bersih dan nutrisi dari shampo dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut kepala sehingga dapat meminimalisir masalah penyebab rambut rontok.

3. Jaga Diri Dari Stress

Hidup ini penuh masalah, dan setiap orang pasti memiliki masalah masing-masing yang berbeda-beda. Masalah tidak boleh dihadapi dengan keputus asaan dan berfikir yang berlebihan yang dapat mengakibatkan terjadinya Stres. Sebagaimana yang saya sebutkan di atas bahwa salah satu penyebab terjadi masalah rabut rontok adalah stres. Jadi hindari terjadinya stres pada diri Anda dengan melakukan aktivitas positif lain yang dapat mengalihkan berfikir keras terfokus dengan suatu masalah sambil mencari solusinya.

4. Menyisir Rambut Basah dengan Kekerasan

Saya perhatikan banyak wanita ketika selesai mandi dan kondisi rambut masih basah kuyup langsung menyisir rambut dengan terburu-buru, tidak sabar dan sedikit kekerasan yang mengakibatkan kondisi rambut basah yang masih kusut berantakan dipaksa dirapikan sehingga rambut mengalami rontok tersangkut sisir.

5. Mengonsumsi Makanan Penyubur Rambut

Mengkonsumsi makanan tertentu yang banyak mengandung vitamin dan mineral khususnya yang dapat menyuburkan rambut dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok seperti sayuran kacang-kacangan dan buah-buahan yang banyak mengandung protein tinggi dan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

6. Pola Tidur Sehat

Tidur yang cukup dengan pola tidur sehat dan menghindari terlalu sering bergadang dapat membuat badan sehat dan mengurangi resiko terjadinya stres yang merupakan salah satu faktor penyebab masalah rambut rontok.

7. Hindari Terlalu Sering Mengikat

Terlalu sering melakukan Tindakan mengikat rambut apalagi terlalu kencang dapat menyebakan masalah rambut rontok. Dimana rambut yang sering diikat akan mengalami kekurangan sirkulasi udara dan juga rambut bisa saja patah atau tercabut paksa karena adanya tarikan ikatan rambut yang kencang.

Bahan-bahan Alami untuk Perawatan Rambut Sehat


Perawatan rambut tidak selamanya harus menggunakan produk perawatan rambut siap pakai dengan harga yang mahal. Dapat juga menggunakan bahan-bahan alami atau lebih dikenal degan bahasa herbal yang ada di sekitar yang tidak menimbulka efek samping atau tingkat efek samping yang rendah. Berikut ini beberapa bahan alami herbal yang dapat digunakan dalam proses perawatan rambut untuk menghindari masalah rambut rontok.

1. Bunga Lidah Buaya

Mengatasi masalah Rambut Rontok secara alami dapat juga dengan memanfaatkan bunga lidah buaya. Banyak orang mengatakan dan percaya bahwa lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ramput sehingga mampu menjadikan rambut menjadi kuat dan sehat dengan cara memanfaatkan lendir lidah buaya untuk keramas secara rutin dalam beberapa minggu.

2. Minyak Buah Kemiri

Buah kemiri dapat dimanfaatkan untuk bahan perawatan rambut. Kandungan minyak kemiri sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut, menguatkan akar rambut, membuat rambut mudah ditata dan tampak hitam lebat. Untuk mendapatkan minyak buah kemiri anda tidak perlu membuatnya secara manual, karena sudah tersedia minyak rambut legendaris dengan kandungan minyak buah kemiri yaitu urang aring.

3. Buah Avocado

Mengkonsumsi Buah Avokad dipercaya dapat meningkatkan Kesehatan kulit kepala dan rambut. Kandungan Mineral dan Nutrisi yang ada di buah Avokad sangat bermanfaat untuk merangsang dan menguatkan pertumbuhan rambut. Selain untuk dimakan buah apukat dapat juga digunakan untuk bahan keramas atau masker rambut.

4. Buah Jeruk Nipis

Selain buah avokad banyak beredar informasi bahwa buah jeruk nipis dapat juga digunakan untuk perawatan rambut. Biasanya jeruk nipis digunakan keramas untuk membersihkan dan menyeterilkan kulit kepala dari kuman penyebab ketombe. Kandungan Nutrisi buah jeruk nipis dipercaya dapat menyuburkan dan menguatkan pertumbuhan rambut.

5. Daun Teh Hijau

Daun Teh hijau yang pada umumnya dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman tea ternyata juga dapat digunakan untuk bahan perawatan rambut. Yaitu dengan cara direbus daun teh hijau kemudian dipakai untuk keramas secara berkala selama beberapa minggu.

6. Kentang Sayur

Buah kentang sayur yang biasanya diolah menjadi olahan makanan ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan rambut herbal. Cara dengan menumbuk halus kentang kemudian gunakan sebagai masker rambut secara rutin dan berkala selama beberapa minggu.

7. Yoghurt

Banyak beredar informasi bahwa Yoghurt dipercaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan rambut sehingga dapat digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Caranya adalah dengan memanfaatkan Yoghurt sebagai bahan campuran keramas/masker rambut yang bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan alam yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

8. Buah dan Daun Jambu Biji

Buah jambu biji selain dapat dimakan dapat juga dimanfaatkan untuk bahan perawatan rambut alami. Dengan kandungan Vitamin B3, B5 dan B6 dipecaya dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut. Caranya adalah dengan memanfaatkan Buah Jambu Biji atau Daun Jambu Biji yang telah ditumbuk halus untuk keramas/masker rambuat secara rutin dan berkala selama beberapa minggu.

9. Minyak Kelapa

Minyak kepala selain dapat digunakan untuk bahan memasak makanan dapat juga digunakan untuk bahan perwatan rambut mengatasi masalah kerontokan. Caranya adalah dengan menggunakan minyak kepala untuk minyak rambut pada saat proses pijat kepala selama bebera menit. Setelah selesai bilas dengan shampoo sampai bersih.

10. Bawang Merah

Bawah merah yang biasanya dipakai untuk bumbu masak juga dapat digunakan sebagai bahan perwatan rambut alami. Kandungan sulfur yang cukup tinggi yang dimiliki Bawan Merah dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok caranya adalah dengan menumbuk Bawang Merah sampai halus kemudian dicampur madu diloleskan ke kulit kepala sambil dipijat ringan. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil susuai dengan yang diinginkan.

11. Jus Ketumbar

Buah Ketumbar yang juga merupakan bumbu masak ternyata daunnya dapat digunakan sebagai bahan perawatan rambut herbal. Caranya adalah dengan menumbuk daun ketumbar sapai halus, campur dengan sedikit air kemudian gunakan untuk keramas/masker rambut, biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan shampo dan air hingga bersih.

12. Jus Jahe

Lagi-lagi Jahe yang juga merupakan bahan minuman jamu dan bumbu masak ternyata dapat juga digunakan untuk bahan herbal perawatan rambut. Caranya adalah dengan memblender jahe sampai lembut dengan campuran air secukupnya. Gunakan Juz jahe untuk keramas/masker rambut, diamkan selama beberapa menit t kemudian bilas dengan shampoo dan air sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan berkala untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

13. Santan Kelapa

Selain minyak kepala yang dapat digunakan untuk bahan herbal perwatan rambut, ternyata santan kelapa kabarnya juga dapat dipercaya untuk mengatasi masalah rambut rontok. Ada alasan mengapa banyak sampo dan kondisioner berbahan baku kelapa. Caranya gunakan santan kelapa untuk keramas/masker rambut, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan shampoo dan air sampai bersih. Lakukan cara ini selama beberapa minggu untuk mendapatkan dan melihat hasilnya.

14. Masker Telur

Telur yang merupahan bahan olahan pangan lagi-lagi banyak beredar informasi dapat digunakan untuk bahan perawatan rambut untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya adalah dengan mencampur telur dengan satu sendok minyak zaitun dalam gelas atau mangkuk kecil. Kemudian gunakan untuk shampoo/masker rambut, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas menggunakan shampoo dan air bersih.

15. Buah Pepaya

Buah papaya dengan kandungan chitinase dipercaya dapat menjadi bahan perawatan rambut untuk mengatasi masalah rambut rontok yang diakibatkan oleh jamur penyebab masalah ketombe. Kandungan vitamin A dan C pada Pepaya sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Caranya adalah dengan menumbuk papaya yang sudah dikupa dan dicuci bersih sampai halus, tambahkan sedikit madu kemudian gunakan untuk keramas/masker rambut. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan shampoo dan air bersih.

16. Buah Pisang

Buah papaya selain untuk dimakan dapat juga digunakan untuk bahan masker perwatan rambut. Caranya adalah dengan menumbuk atau memblender pisang matang sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit Minyak Zaitun. Gunakan untuk keramas/masker, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan shampoo dan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara ini harus dilakukan secara rutin dalam beberapa minggu.

17. Cuka Apel

Kandungan Sifat asam pada cuka apel dapat dimanfaatkan dalam perawatan rambut untuk mengatasi masalah rambut rontok. Dengan asam cuka apel kondisi pH di kulit kepala dapat diseimbangkan bermanfaat juga untuk mencegah perkembangan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Demikianlah uraian Panjang lebar Ffaktor Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Ketombe dan Rambut Rotok Parah Secara Alami yang baik dan benar menggunakan bahan-bahan herbal yang diperoleh dari beberapa sumber media Kesehatan online.

Demikianlah uraian Panjang lebar Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Ketombe dan Rambut Rontok Parah Secara Alami yang baik dan benar menggunakan bahan-bahan herbal yang diperoleh dari beberapa sumber media Kesehatan online.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.