Panduan Cara Mudah Cetak Info GTK Melalui Dapodikdasmen

Cara Cetak Info GTK. Info GTK merupakan layanan informasi dari Dinas Pendidikan bagi PTK atau Guru yang berstatus mengajar baik itu Guru PNS maupun Non PNS. Berisikan data-data pribadi, data pegawaian dan status keaktifan Guru di Sekolah.

Umumnya Info GTK digunakan sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk mendapatkan tunjangan baik itu tunjangan fungsional maupun sertifikasi Tenaga Pendidik PNS dan Non-PNS,. Hanya guru yang sudah terdaftar dan memiliki akun di Dapodikdasmen saja yang bisa mendapatkan tujuangan dari pemerintah.


Untuk mencetak info GTK tidaklah semudah seperti sebelumnya yang dapat diakses secara langsung secara individu melalui website info.gtk.kemdendikbud.go.id . Dimana Info GTK dapat dengan mudah dilihat dan didapatkan serta dicetak hanya dengan menggunakan Nomor NUPTK dan Tanggal Lahir. Dapat juga melalui akun SIM GPO masing-masing PTK. Namun cara tersebut untuk saat ini sudah sangat sulit untuk digunakan bahkan cenderung tidak bisa lagi untuk digunakan.



Saat ini cara termudah untuk mencetak Info GTK adalah melalui Website Dapodikdasmen. Namun sayangnya tidak semua individu guru dapat mencetak sendiri info GTK melalui website tersebut. Karena diaharuskan login menggunakan akun sekolah yang biasanya dipegang oleh operator dan tidak diberikan izin akses secara sembarangan, hanya orang-orang terntentu saja yang boleh memegang akun Dapodik Sekolah yang dalam hal ini tidak lain adalah Operator dan Kepala Sekolah.

Cara Cetak Info GTK di Dapodikdasmen Secara Online

Berikut ini Panduan Cara Mudah Cetak Info GTK melalui Website Dapodikdasmen:

Buka halaman website Dapodikdasmen




Pada halaman home page website Dapodikdasmen pilih menu login, kemudian pilih sub menu Manajemen Sekolah.



Akan terbuka Jendela Tab Brower baru yang mengalihkan Anda ke halaman Login Pengelolaan Data Sekolah Dapodikdasmen. Masukkan Alamat Email dan Pasword Akun Dapodikdasmen sekolah Anda, kemudian klick menu KELOLA DATA SEKOLAH



Setelah berhasil login akan ditampilkan jendela Informasi Akun sekolah di Dapodikdasmen, Klick Menu KELOLA DATA POKOK



Pada halaman Dashboard Akun DATA POKOK SEKOLAH Dapodikdasmen Pilih Tab Menu GURU DAN TENDIK



Kemudian akan ditampilkan Daftar Informasi PTK yang sudah terdaftar di Dapodikdasmen.



Pilih dan tandai baris keberapa PTK yang yang ingin diambil data Info GTKnya, geser scrolbar ke kanan maka akan ada menu Pengaturan Detail PTK.



Pada Jendela Halaman Informasi Detail PTK, Scrol ke bawah dan temukan menu INFO GTK.



Klick Menu INFO GTK untuk mendapatkan Dokumen Info GTK, secara otomatis akan terbuka Tab Browser baru yang menampilkan Dokumen Info GTK terpilih,

Tekan Tombol CTRL + P untuk mencetak Info GTK, kemudian pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak Info GTK dengan printer aktif yang terhubung dengan Komputer atau laptop Anda.



Apabila Anda ingin mendapatkan file Info GTK berupa file PDF pada opsi pilihan printer rubah menjadi Save As PDF. Secara otomatis tmbol menu cetak akan berubah menjadi Opsi SAVE.



Klick save untuk mendapatkan file Info GTK, ketika muncul dialog SAVE silahkan tambahkan nama PTK di ujung nama default file dengan nama masing-masing PTK.

Demikianlah Panduan Tutorial Cara Cetak Info GTK melalui Website Dapodikdasmen. Semoga mudah dipahami dan dipraktikkan bagi anda yang membutuhkan tutorial ini. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk siport Berbagi Tutorial Online dengan Cara Like Fanspage, Subscribe dan Share.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.