Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Berbagi Tutorial Online Open Add Partner Blog dan Pasang Artikel Backlink DoFollow Murah Berkualitas, Bagi yang berminat silahkan baca Syarat dan Ketentuannya

    💘Tutorial Cara Mengatasi Error B200 Printer Canon ix6560

    Canon ix6560 merupakan salah satu produk Printer Merk Canon dengan kemampuan cetak ukuran kertas A3 dilengkapi dengan 5 unit Ketrid CMYK dengan kode CLI-726 Black, CLI-726 Cyan, CLI-726 Magenta, CLI-726 Yellow dan PGI-725 Black. Meskipun dilengkapi dengan 5 Unit Ketrid pada dasarnya kombinasi warna yang dipakai hanya 4 macam yaitu warna Magente, Cyan, Yellow dan Double Black Ink dengan kecepatan cetak 11.3 lpm mode black white, 8,8 ipm untuk collor dan resolusi tertinggi 9.600 x 2.400 dpi.


    Seperti printer pada umumnya Ketika dipakai dengan pemakaian jangka Panjang sudah pasti suatu saat akan mengalami yang Namanya printer error hardware ataupun software. Pada kesempatan ini saya akan membahas masalah cara mengatasi Printer Canon ix6560 yang mengalami kendala error B200 dimana akan muncul jendela notifikasi Error Support Code B200 di Dekstop, Printer Ketika dihidupkan head bergerak sebentar kemudian Blink orange sebanyak 10 kali.

    Panduan Cara Mengatasi Canon ix6560 Error B200


    Masalah Error B200 pada Printer Canon ix6560 kemungkinan besar disebabkan oleh 2 faktor, yang pertama Head Printer mengalami Sort Trouble/Rusak dan yang kedua melemahnya atau rusaknya Componen Resistor dengan Kode R601 dan R602. Berikut ini Panduan Tutorial Cara mengatasi Error B200 pada Printer Canon ix6560 silahkan ikuti panduan berikut ini:

    Cek kondisi head, pastikan head dalam keadaan normal. Caranya adalah dengan test head ke Printer ix6550 lain atau bisa dengan mengganti head apabila memiliki stok head bekas yang masih normal.


    Apabila kondisi head dipastikan masih normal sehat no kendala, maka Langkah selanjutnya adalah cek Resistor R601 dan R602 menggunakan Multi Teste Analog atau Digital. Pastikan ukuran Resistor R601 sebesar 7,5 Kohm dan R602 sebesar 15 Kohm. Apabila nilainya berubah kemungkinan besar Resistor adalah biang keladinya, silahkan ganti dengan unit resistor baru atau bekas cabutan yang masih normal.


    Untuk penggantian Resistor peralatan yang dibutuhkan diantaranya; Solder, Timah Solder, Blower, Pinset, Kertas Alumunium Foil dan Flux. Bagi Anda yang berprofesi sebagai Teknisi Printer ataupun elektronik tentunya urusan penggantian resistor adalah hal yang mudah, namun bagi Anda yang tidak memiliki skill di bidang solder menyolder sebaiknya serahkan ke Ahlinya atau Anda bisa juga mencoba belajar mengganti resistor sendiri dengan konsekuensi siap menanggung resiko Mainboard Short atau bahkan mati total.

    Panduan Cara Mengganti Resistor R601 dan R602 Printer Canon ix6560


    Setelah semua peralatan yang saya sebutkan di atas siap, ikuti panduan berikut ini untuk langkah-langkah mencopot Resistor R601 dan R602 dan memasang R601 dan R602 penggantinya:
    1. Nyalakan Blower dengan setelan suhu antara 250 - 300 derajat. 
    2. Siapkan PCB Mainboard Printer, lindungi componen mainboard yang terbuat dari plastik dengan kertas alumunium foil agar ketika Anda memanasi Resistor yang akan diangkat, komponen mainboard lain yang terbuat dari plastik tidak meleleh. 
    3. Berikan Flux pada Resistor yang akan diangkat secukupnya, dan mulailah panasi menggunakan blower. 
    4. Ketika pemanasan dirasa cukup, sudah mulai keluar sedikit asap, capit resistor dengan pinset dan goyang perlahan (pada proses ini pemasan menggunakan brower masih dilakukan). 
    5. Ingat goyang perlahan atan angkat secara perlahan jangan mencoba memaksa karena apabila kaki-kaki timah belum meleleh bisa jadi Dudukan tempat melekatnya kaki-kaki resistor bisa saja ikut terangkat. Resistor bisa juga dilepas dengan cara tidak dicapit, cukup di dorong ala kadarnya ke arah kiri atau kanan, ketika dirasa timah yang ada di kaki-kaki resistor sudah mulai meleleh/melunak.
    6. Setelah Resistor berhasil dilepas, rapikan dudukan tempat melekatnya kaki-kaki resistor, apabila timahnya dirasa kurang tambahkan sedikit timah agar nanti pada proses pemasangannya menjadi mudah. 
    7. Pasang Resistor pengganti menggunakan pinset dan solder manual. 
    8. Mengapa tidak menggunakan blower? karena jika menggunakan blower tekanan angin dari blower akan mempersulit anda memposisikan kaki-kaki resistor pada tempatnya. Jadi lebih mudah menurut versi saya, pada proses pemasangan menggunakan solder manual.
    9. Setelah pemasangan resistor selesai, dan dipastikan tidak ada timah yang menyatu antar kaki (bebas short) bersihkan sisa-sisa flux menggunakan tissue kering atau bisa juga membersihkan mainboard menggunakan tiner khusus. 
    10. Pasang kembali mainboard Printer dan coba test nyalakan

    Demikianlah Panduan Tutorial Cara Mengatasi Printer Canon ix6560 error B200 sekaligus panduan tutorial cara mengganti Resistor R601 dan R602 Printer Canon ix6560. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News Berbagi Tutorial Online Menerima Request Tutorial dan Guest Post bagi Siapa Saja yang hoby menulis Tutorial dan ingin membagikan hasil karya Anda melalui Blog Berbagi Tutorial silahkan Baca Syarat dan Ketentuan Guest Post Konten Kreator
    Artikel Terkait: