Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Membuat Multi Master Bootable Installer Windows 7 & 10 All in One

    Beberapa hari ini saya baru saja mendapatkan pengetahuan baru mengenai bagaimana cara membuat Multi Master Bootable Installer Windows 7 dan Windows 10 dalam 1 buah flashdisk. Tidak seperti biasanya, pada umumnya satu flashdisk hanya bisa digunakan untuk membuat satu buah Bootable Installer Windows dalam satu jenis apakah itu Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Apabila memungkinkan, biasanya hanya jenis dan type dari versi dari windows saja yang tersedia, misalnya Windows Home, Profesional, Enterprise, dan Ultimate versi 32bit atau 64bit.

    Namun kali ini bisa dibilang berbeda dan tidak seperti pada umumnya, dimana satu buah flashdisk dapat dijadikan Multi Bootable Installler Windows dalam beberapa jenis dan type windows. Disini saya mencoba membuat master bootable Windows 7 All in One Suport UEFI dan saya kolaborasikan dengan Windows 10 Pro update terbaru dari Microsoft. Bagi kalian yang belum tau dan ingin mendownload file ISO Original Microsoft secara geratis dapat menyimak tutorial saya sebelumnya yang berjudul: Cara Download Master ISO Windows 10 Original Microsoft

    Bagi kalian yang merasa penasaran dan ingin mencoba serta mempraktikkan tutorial ini ada satu aplikasi yang wajib kalian download. Aplikasi ini secara fungsi murip sekali dengan rufus, namun memiliki keunggulan dan nilai plus tersendiri. Aplikasi inilah sebenarnya yang berfungsi untuk membuat multi master bootable installer windows All In One, nama aplikasinya adalah WinSetupFromUSB. Kalian bisa mendownload Aplikasi WinSetupFromUSB melalui link berikut ini: Download WinSetupFromUSB

    Sebelum mempraktikkan tutorial ini tentunya kalian harus sudah memiliki file ISO Windows yang hendak dijadikan master bootable installer flasdisk. Untuk ISO Windows 7 Support UEFI silahkan Download disini: PART 1, PART 2, PART 3

    Setelah Kalian Download, langsung saja Extract Aplikasi WinSETUPFromUSB, Kemudian Jalan Aplikasi Aplikasi WinSETUPFromUSB sesuai dengan versi Windows yang kalian gunakan. Karena disini saya menggunakan Windows 10 64bit maka saya menjalankan WinSetupFromUSB_1-9_x64.

    Secara otomatis Aplikasi WinSETUPFromUSB akan mendeteksi Driver External dalam hal ini Flasdisk. Apabila ada 2 buah flasdisk atau lebih yang terhubung ke Komputer, pilih salah satu flasdisk yang ingin dijadikan Master Bootable. Awas jangan sampai salah pilih karena semua flasdisk pada nantinya akan diformat total, sehingga semua data yang ada dalam flashdisk akan hilang.

    Kalian bisa menggunakan Flasdisk dengan size 16GB atau lebih apabila ingin membuat Master Bootable Installer Windows 7 All In One UEFI + Windows 10. Bisa juga menggunakan Flashdisk dengan kapasitas 8 GB namun hanya bisa digunakan untuk Windows 7 Single dan Windows 10 saja tidak bisa yang mode All In One karena faktor keterbatasan kapasitas flasdisk.

    Cheklist Auto Format it with FBinst, kemudian load file ISO Windows 7 melalui opsi load file Windows Vista/7/8/10/Server 2008/2012 based ISO. Apabila muncul notifikasi This file is too large to be placed on FAT32 konfirmasi saja OK.

    Klick GO untuk memulai proses pembuatan master bootable Installer Windowsnya

    Muncul notifikasi All data and partition will be erased konfirmasi Yes

    Muncul lagi notifikasi peringatan Going to Repation and reformat, konfirmasi Yes

    Tunggu hingga proses format, read dan write master bootable Installer Windows Selesai

    Proses pembuatan Master Bootable Insaller Windows 7 yang merupakan step pertama selesai, ditandai dengan muncul notifikasi Job Done. Klick OK

    Untuk selanjutnya adalah menambah Bootable Installer Windows 10. Untuk caranya masih sama dengan cara di atas, namun bedanya Jangan mencheklist Auto Format it With FBinst.

    Setelah kalian tambahkan file ISO Windows 10, Klick GO untuk memulai proses

    Hasil dari pembuatan Multi Master Bootable Installer Windows 7 & Windows 10 dalam satu buah flashdisk ini sudah terbukti bekerja dengan baik. Pertama saya melakukan test pada Laptop Merk DELL Inspiron yang belum support UEFI. Hasilnya setup Installer Windows 7 dan Windows 10 berjalan dengan normal, namun tidak sampai test install ulang windows.

    Kedua saya melakukan test pada Laptop Merk Asus yang sudah support UEFI, hasilnya sesuai dengan harapan Installer Windows 7 UEFI All In One dan Windows 10 bisa berjalan dengan normal.

    Tampak ada 3 Opsi pilihan Boot Setup, yang paling atas adalah Boot Setup Installer Windows 7 meskipun berlabel Windows 10 Setup Build 1607 dan yang paling bawah adalah Boot setup Installer Window 10 Pro.









    Demikianlah Panduan Tutorial Cara Membuat Master Bootable Installler Windows Flashdisk menggunakan file ISO Windows 7 UEFI All in One plus Windows 10 Pro menjadi satu paket dalam satu flasdisk.


    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: