Cara Membuat Windows 10 Ringan di Komputer & Laptop Spek Kentang

Secara tidak sengaja saat saya mengakses Aplikasi Youtube Android untuk melihat-lihat video dari para youtuber content kreator saya menemukan sebuah video yang membahas tentang bagaimana cara membuat Windows 10 menjadi ringan di Komputer dan Laptop dengan spek rendah atau biasa dalam bahasa gaul saat ini disebut komputer spek kentang yaitu dengan cara Meminimalisir Penggunaan RAM oleh Aplikasi-Aplikasi Default bawaan Windows 10. Dengan cara ini selain mengoptimasi penggunaan RAM juga dapat mengoptimasi penggunaan DATA Internet sebuah komputer ataupun laptop.



Karena merasa penasaran, setelah selesai menonton video penjelasan bagaimana cara membuat windows 10 menjadi lebih ringan, saya pun langsung mempratikkannya dan terbukti cara tersebut benar-benar bekerja dan berhasil. Berikut ini screenshot penggunaan RAM pada komputer saya sebelum dan sesudah menerapkan totorial yang saya maksudkan.



Terlihat jelas bahwa penggunaan RAM pada komputer saya awalnya adalah 4,0 dari 31.9GB (13%) padahal tidak ada aplikasi yang saya jalankan, yang berjalan adalah aplikasi-aplikasi yang secara otomatis berjalan dibackground. Kemudian setelah saya menerapkan tutorial cara membuat windows 10 menjadi ringan penggunaan RAM pada komputer saya pada kondisi dan posisi yang sama menjadi menurun cukup signifikan yaitu 2.4GB dari 31.9GB (8%).

Dapat disimpulkan bahwa tutorial ini benar-benar bekerja dan terbukti berhasil. Meskipun peminimalisiran RAM pada komputer saya tersebut tidaklah ada artinya karena komputer saya untuk speknya bisa dibilang menengah ke atas dimana RAM yang saya gunakan adalah sebesar 32GB. Namun tutorial ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kalian yang menggunakan komputer ataupun laptop dengan kapasitas RAM dibawah 8 GB misalnya saja 4GB atau 2GB.



Bayangkan saja bagaimana jika jumlah penggunaan RAM pada komputer ataupun laptop kalian yang hanya didukung dengan RAM sebesar 2GB atau 4GB penggunaan RAMnya sama seperti dengan komputer saya. Sudah dipastikan kalian tidak akan bisa banyak berharap, komputer atau laptop kalian sudah dipastikan akan berjalan layaknya seekor siput atau suster ngesot. Hal tersebut tentunya bisa memicu emosi dan menguji tingkat kesabaran kalian sampai dimana? Stop apabila dalam kondisi seperti itu jangan bertindak anarkis karena bisa merugikan diri kalian sendiri.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Auto Update Windows 10 Permanent

Kalian bisa cek dan melihat Aplikasi Apasaja yang sedang kalian jalankan dan berjalan dengan sendirinya di bacground secara otomatis melalui Task Manager. Klick Kanan Taksbar kemudian pilih Task Manager.



Maka Akan ditampilkan Aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kalian bisa melihat secara detail melalui menu tab Processes dan Startup.



Sekarang mari kita bahas bagaimana cara meningkatkan performa komputer dan laptop dengan penggunaan RAM yang ala kadarnya alias spek kentang dengan cara meminimalisir penggunaan RAM oleh Aplikasi-Aplikasi Bawaan Windows 10 yang secara otomatis berjalan di background dan pada dasarnya tidak kalian gunakan atau butuhkan.

Sebelum memulai tutorial ini, silahkan terlebih dahulu Download Script Debload Windows 10 Master dan Script Windows 10 Bost.



Setelah kalian download langsung saja ekstrak ke 2 file tersebut dimana kalian suka. Khsus untuk file Script dari Debload Windows 10 Master kalian simpan di Directory Hardisk System C.



Sampai disini persiapan proses optimize penggunaan RAM Windows 10 siap dimulai. Jalankan Aplikasi Windows PowerSheel dengan Cara Run Administrator.



Bisa dengan langsung Klick Kanan lalu pilih Run Administrator atau klick tanda panah sebelah kanan untuk memunculkan perintah-perintah yang ada untuk Windows PowerShell.



Apabila ternyata Windows Powershell tidak bisa dijalankan, kalian pilih Pilih dan Jalankan Saja Windows PowerShell ISE jangan lupa untuk menerapkan opsi Run Administrator.



Ketikkan perintah cd C:\ kemudian tekan tombol Enter. Untuk memudahkan kalian dalam proses ini silahkan Download Script Perintah Windows Powershell.

Kemudian Ketikkan Perintah Set-ExecutionPolicy Unrestricted -Scope CurrentUser lalu tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah mengizinkan windows mengakses script yang telah dicopas sebelumnya.



Apabila muncul jendela notifikasi konfirmasi pilih saja opsi Yes to All. Setelah itu ketikkan perintah ls -Recurse *.ps*1 | Unblock-File kemudian tekan tombol Enter.



Langkah selanjutnya adalah menjalan Script Code Debload-Windows 10 -Master yang sudah kalian download dan pastekan di Driver System C.



Pertama ketikkan perintah .\block-telemetry.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai.





Setelah selesai lanjut ke step ke 2, ketikkan perintah .\disable-services.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai.



Setelah selesai lanjut ke step ke 3, ketikkan perintah .\disable-windows-defender.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai. Catatan penting, khusus untuk step ke Tiga ini pertimbangkan untuk memilih menerapkan atau tidak, karena perintah ini merupakan perinkan disable Windows Defender (Menonaktifkan Antivirus bawaan Windows). Apabila kalian tidak ingin mendisable Window Defender Skip saja untuk langkah ini.

Setelah selesai lanjut ke step ke 4 ketikkan perintah .\experimental_unfuckery.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai.



Setelah selesai lanjut ke step ke 5, ketikkan perintah .\fix-privacy-settings.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai.



Setelah selesai lanjut ke step ke 6, ketikkan perintah .\optimize-user-interface.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai.



Setelah selesai lanjut ke step ke 7, ketikkan perintah .\optimize-windows-update.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai.



Setelah selesai lanjut ke step ke 8, ketikkan perintah .\remove-default-apps.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai.



Setelah selesai lanjut ke step ke 8, ketikkan perintah .\remove-onedrive.ps1 kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga proses selesai.



Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan kecepatan Windows 10 (pengoptimalan penggunaan RAM Windows 10 Tahap Kedua) dengan menjalanlan Script Windows 10 Boost. Klick Kanan Windows 10 Boost kemudian pilih Run as Administrator



Muncul jendela error penghapusan ONEDRIVE, hal ini terjadi karena One Drive sendiri sudah kita hapus pada tahap Pertama Setep ke 8 Klick OK Saja.



Tunggu hingga proses selesai, dan muncul Press Any Key to Continue... tekan Tombol Enter.



Sampai disini proses pengoptimalan system windows dengan meminize penggunaan RAM sudah selesai. Langka selanjutnya adalah merestart windows untuk menerapkan semua pengaturan yang telah kita lakukan diatas secara penuh. Silahkan Restart Komputer atau Laptop kalian.

Setelah dilakukan Restart Windows, barulah kita bisa melihat hasil dari tindakan pengoptimalan kinerja komputer ataupun laptop. Terlihat pada Task Manager Tab Menu Processes, penggunaan RAM menurun secara signifikan yang semula 13% menjadi 8% saja.



Tentunya setelah menerapkan metode ini komputer ataupun laptop kalian akan terasa lebih enteng, dan kalian bisa menjalankan beberapa program dengan penggunaan kapasitas RAM yang cukup besar sekaligus secara bersamaan.

Apabila kalian masih merasa kurang puas, dan ingin mengoptimalkan pengguan RAM lebih lanjut kalian bisa mendisable aplikasi yang berjalan di bacground yang tidak dapat dihentikan menggunakan metode di atas. Masuk ke Task Manager, pilih Tab menu Startup kemudian pilih Aplikasi yang berjalan yang menurut kalian tidak penting dan tidak diperlukan. Klick Kanan kemudian pilih Disable



Informasi tambahan, ketika selesai menerapkan metode pengoptimalan penggunaan RAM diatas salah satunya adalah dengan menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10, maka Opsi Preview Picture And Image akan hilang karena turut terhapus.



Untuk kalian yang terbiasa menggunakan Aplikasi Preview Image bawaan Windows, kalian bisa menginstallnya kembali dengan Download Aplikasi Restore Windows Photo Viewer.



Install Aplikasi Restore Windows Photo Viewer, kemudian lakukan setting Set Up Default Aplikasi untuk membuka gambar ataupun photo yang tersimpan di dalam komputer ataupun laptop kalian.



Jangan lupa untuk menceklist Always use this app to open files.



Mengenai penjelasan dari setiap fungsi perintah dari script yang telah diterapkan pada tutorial ini. Kalian bisa menyimak video berikut ini:

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer dan Laptop Lemot

Silahkan tonton video di atas sampai selesai, agar kalian paham dan mengetahui sebenarnya aplikasi bawaan windows 10 serta fitur apa saja dari windows 10 yang dinonaktifkan atau dihilangkan. Kalian bisa menimbang mana yang perlu dilakukan dan peting untuk tidak dilakukan berdasarkan kebutuhan kalian masing-masing.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.