Cara Mengatasi Notebook Axio Stuck Booting Setting Menu

Alhamdulillah, hari ini saya dapat job service Notebook merk Axio dengan kendala Stuck di Jendela Booting Setting Menu yang mana ada dua opsi pilihan untuk menekan tombol F1 to resume dan F2 to Setup BIOS. Ketika ditekan salah satu opsi pilihan F1 ataupun F2 perintah yang diberikan tidak berjalan sebagaimana mestinya dan kembali lagi dihalaman ini begitu seterusnya tidak bisa resume booting windows ataupun masuk Jendela BIOS.

Untuk kasus seperti ini biasanya penyebabnya ada masalah di keyboard, yang ada ada tombol tertentu yang aktif secara terus menerus seperti diperintah atau bisa juga disebabkan karena adanya short pada keyboard itu sendiri, sehingga membuat system menjadi error. Tentunya untuk membuktikannya kita harus mendisable atau mencopot keyboard agar tidak aktif dan mencoba menyalakan noteboot tanpa adanya keyboard yang terhubung.

Ternyata benar dugaan saya, kasus seperti ini memang sangat-sangat sering terjadi dan penyebabnya dari keyboard yang bermasalah. Setelah saya copot keyboard dan coba nyalakan, notebook Axio bisa mengakses BIOS namun tidak bisa mengakses Windows karena terjadi error system pada Windows itu sendiri.

Solusinya adalah dengan mengganti keyboard dengan unit baru atau menggunakan keyboard external. Agar tetap terlihat enak dilihat sebaiknya keyboard internal tetap dipasang, namun konektor tidak dihubungkan bagi anda yang memilih opsi menggunakan keyboard external.

Karena system Windows error dan tidak bisa berjalan normal, tentunya harus dilakukan install ulang windows. Disini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara install ulang windows pada Notebook yang tidak dilengkapi dengan CD/DVD ROOM.

Untuk menginstall ulang windows pada notebook yang tidak dilengkapi dengan CD/DVD ROOM solusinya adalah dengan menggunakan Master Installer windows dalam bentuk Bootable Flasdisk. Adapun cara untuk membuat bootable installer windows flasdisk bisa kalian baca pada postingan saya sebelumnya yang berjudul: Cara Membuat Multi Master Bootable Installer Windows 7 & 10 All in One

Bagi kalian yang belum faham tata cara install ulang Notebook menggunakan Master Bootable Installer Windows Flashdisk bisa menyimak Video tutorial berikut ini:

Yang kalian butuhkan adalah File ISO Windows, Flasdisk, Aplikasi Rufus dan komputer atau laptop untuk mendownload Master ISO Windows dan membuat Master Bootable Installer Windowsnya. Apabila ada hal-hal yang kalian kurang paham bisa kalian tulis di kolom komentar atau bisa juga langsung menghubungi saya melalui WhatstApp Chat, link ada di atas kolom komentar.
Baca Juga: Panduan Cara Install Windows 10 NoteBook Tanpa CD ROM
Sampai disini Tutorial Cara Mengatasi Notebook Axio yang Stuck di jendela Booting Setting Menu sekaligus tutorial bagaimana cara install ulang windows pada notebook yang tidak dilengkapi dengan CD/DVD ROOM.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.