Cara Update dan Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2021.C

Memperbaharui Aplikasi Dapodik yang digunakan oleh Operator khususnya disini Operator Lembaga PAUD adalah suatu hal yang harus dilakukan untuk mengikuti perkembangan perbaikan system pendataan pada Aplikasi Dapodik.



Dibulan Januari ini telah rilis Aplikasi Dapodik versi 2021.c yang merupakan perbaikan atau update dari versi Aplikasi Dapodik sebelum versi 2021.b dan berikut ini tutorial cara udate Aplikasi Dapodik 2021.b ke versi 2021.c.

Pertama-tama silahka download Aplikasi Dapodik 2021.c sekaligus file Prefil melalui website Dapodikdasmen. Ketik saja di Google Search DAPODIKDASMEN



Lalu langsung pilih Opsi halaman Download, maka akan terbuka Jendela halaman downlaod, silahkan Download Installer Dapodik 2021.c terlebih dahulu kemudian download Data Prefil



Pilih Provinsi sesuai dengan Domisili Lembaga


Kemudian akan muncul banyak link alternatif download Prefil, silahkan pilih salah satu mana yang bisa diakses.



Kemudian Akan terbuka Jendela Baru dimana Anda harus Login menggunakan email dan pasword yang digunakan untuk login di Aplikasi Dapodik sebelumnya, dan juga harus menginput kode Registrasi. Masukkan username, pasword dan Kode Registrasi kemudian Klick Generate.



Tunggu proses loading data Prefil, setelah selesai maka akan muncul Link Download berdasarkan Lembaga, Klick Download untuk mendapatkan file Prefil.



Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak Sreeen Recorder berikut ini:



Setelah mendownload Installer Dapodik 2021.c dan juga Prefil, langkah selanjutnya adalah menginstall Update Installer Aplikasi Dapodik 2021.c. Namun sebelumnya Anda diwajibkan untuk mencopot/menguninstall Aplikasi Dapodik Versi sebelumnya.

Berikut ini cara mudah Uninstall Aplikasi Dapodik, Buka Halaman Control Panel dengan cara Clik Start - Control Panel. Bagi Anda pengguna Windows 10 klick Start kemudian ketikkan kata Control Panel maka akan ditampilkan Akses Control Panel di Windows 10.



Pilih Menu Programs



Pilih Program and Features



Cari dan temukan Aplikasi Dapodik kemudian Klick Kanan Pilih Opsi Uninstall. Apabila muncul jendela Uninstall ikuti saja panduan yang ditampilkan biasanya hanya cukup klick Opsi Next dan Next kemudian OK. Setelah proses Uninstall selesai maka diharuskan untuk merestrart windows.



Setelah selesai Uninstall dan Restart Windows, langsun saja Jalankan Installer Aplikasi Dapodik 2021.c kemudian setelah proses Install selesai, hilangkan cheklist pada Lihat Readme.txt dan Klick Selesai.



Secara otomatis akan terbuka Jendela Aplikasi Registrasi Dapodik, disini saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan Google Chrome sebagai Default Browser, bisa juga menggunakan Browser Lain seperti Mozila Firefox ataupun Opera dengan catatan gunakan versi update terbaru dari browser yang Anda gunakan.



Sebelum melakukan Submite Registrasi Ulang Dapodik 2021.c jangan lupa untuk terlebih dahulu menyalin file Prefil yang sebelumnya telah di download kemudian tempatkan ke Foder Prefil yang ada di Drive C. Untuk lebih jelasnya silahkan simak sreen recorder berikut ini:



Demikianlah Tutorial Cara Update dan Registrasi Ulang Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2021.b ke Versi terbaru Dapodik Versi 2021.c yang bisa Anda coba praktikkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.