Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot

Semakin lama digunakan, kinerja laptop akan berkurang. Proses pemuatan melambat, atau membuka aplikasi tidak secepat sebelumnya. Itu pertanda bahwa laptop Anda sudah mulai melambat atau memperlambat.

Jika ini terjadi, jangan terburu-buru menggantinya dengan laptop baru. Karena, seperti produk elektronik lainnya, laptop juga dapat mengalami penurunan kinerja, dan ini adalah hal yang masuk akal, meskipun spesifikasinya tinggi.



Ada beberapa hal yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat, dan umumnya, masalah berikut adalah penyebab utama.
  1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan otomatis aktif saat diaktifkan, ini akan membuat kinerja perangkat berat dan membutuhkan proses boot yang lebih panjang
  2. Usia hard disk terlalu panjang, di mana proses baca dan tulis berjalan lebih lama dari biasanya. Efeknya akan mempengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan
  3. Kapasitas hard drive yang sudah penuh, menyebabkan kinerja yang lebih parah dan membuat laptop lambat
Nah, mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengambil langkah pertama perbaikan. Siapapun Anda dapat mengatasi laptop lambat secara independen tanpa harus dibawa ke pusat layanan.

Melalui artikel ini, saya akan berbagi tutorial tentang cara  agar laptop tidak lambat, melalui langkah-langkah sederhana dan mudah. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.


Cara Menangani Laptop Lemot

Dengan berbagai penyebab yang telah kami jelaskan sebelumnya, laptop lambat dapat dikembalikan ke kinerja. Cara membuat laptop tidak lambat yang akan kami jelaskan, mudah untuk melakukannya sendiri.

Perlu diingat, metode berikut tidak selalu 100 persen berhasil, tetapi setidaknya itu dapat mengurangi hambatan yang dihadapi mengenai kinerja laptop yang menjadi lambat.


1. Hapus instalasi aplikasi yang tidak diperlukan

Jika Anda sudah memiliki laptop, kadang-kadang kami ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, Apabila kita berlebihan dalam mengisntall aplikasi tambahan, kapasitas penyimpanan hardisk System C akan terkuras sehingga cepat penuh yang berakibat kecepatan system dalam meload data hardisk membutuhkan waktu yang lebih lama.

Efek jangka panjang, tentu saja itu akan menjadi salah satu penyebab laptop yang lambat. Cara menangani laptop lambat karena terlalu banyak aplikasi dapat dilakukan dengan menghapus instalasi beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.

Coba semua pilihan yang jarang digunakan aplikasi. Anda juga dapat memeriksa aplikasi yang secara tidak sengaja diinstal saat menjelajah, kemudian saat mengunduh konten dari situs web tertentu, atau saat menginstalnya.

Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena sangat sayang jika penuh dengan memori karena aplikasi sering menganggur.

Ini adalah cara laptop tidak cukup lambat, karena Anda tidak perlu menggunakan perangkat lunak atau teknik khusus.

Bahkan, Anda benar-benar mengurangi beban memori laptop dengan menghapus aplikasi dan perangkat lunak yang tidak diperlukan, yang menyebabkan laptop untuk mengurangi kinerjanya.

2. Gunakan Antivirus.

Satu alasan klasik mengapa perangkat laptop menjadi lambat disebabkan oleh virus atau malware. Seperti manusia, laptop juga bisa mendapatkan penyakit yang mengakibatkan penurunan kinerja laptop.

Agar laptop tidak lambat karena terdampak serangan virus, Anda dapat menginstal antivirus terbaik untuk menyingkirkan semua jenis virus yang mungkin saya dapat menginveksi windows tapa Anda sadari. Biasanya penularan Virus lebih banyak terjadi melalui Flashdisk.

Selain itu, selalu perbarui antivirus sehingga berbagai jenis virus baru dapat terbaca oleh antivirus yang kita gunakan. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan Antivirus, cukup gunakan 2 Antivirus Internasional dan Lokal seperti 360 Internet Security dan Smadav.


3. Gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop

Sebelum membeli, pemilik laptop harus mengetahui spesifikasi laptop. Ini akan membantu pemilik untuk menilai apakah aplikasi yang ingin Anda masukkan ke laptop sesuai dengan spesifikasi atau tidak.

Misalnya menginstal game bobot favorit meskipun prosesor dan spesifikasi RAM tidak memadai. Ketika Anda terus memasang aplikasi pada laptop, maka jangan kaget bahwa suatu hari laptop akan menjadi lambat.

Solusinya, jangan memaksakan kemampuan laptop. Pilih aplikasi alternatif atau spesifikasinya yang lebih rendah, karena salah satu cara untuk membuat laptop tidak lambat.

Dengan spesifikasi yang tepat dan sesuai, maka Anda dapat mengatasi laptop yang lambat, dan membuat kinerja menjadi lebih baik dan dipelihara.


4. Sesuaikan penggunaan aplikasi

Memaksimalkan Penggunaan RAM dengan menggunakan dan menjalankan aplikasi yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab laptop lambat. Misalnya, ketika kami bermain game, kami sering membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan. Bahkan, pemrosesan game berat, tetapi masih digabungkan dengan pemutar musik. 

Anda juga dapat mengaktifkan fitur Task Manager untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi serta satu arah sehingga laptop tidak lambat.


5. Bersihkan desktop dan aplikasi di startup laptop

Menempatkan banyak aplikasi di desktop juga bisa menjadi alasan lain mengapa laptop Anda menjadi lambat. Ketika Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi besar, ini tidak akan menjadi masalah.

Tetapi kadang-kadang kami menempatkan terlalu banyak aplikasi di desktop yang menyebabkan laptop lambat untuk menanggapi pesanan dari pengguna.

Selain itu menonton aplikasi juga berjalan ketika laptop dalam aktivitas startup. Meskipun aplikasi yang berjalan ketika laptop startup adalah aplikasi penting, seperti antivirus.

Cobalah tidak terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop dimulai, karena ini akan menjadi penyebab laptop yang lambat, dimana banyak Aplikasi yang berjalan di background yang secara tidak langsung dan anda sadari memakan kapasitas penggunaan RAM. 


6. Tambahkan kapasitas RAM

Salah satu kesalahan banyak pengguna Laptop adalah membeli Laptop tanpa memperhatikan Sepesifikasi dan lebih mengutamakan masalah harga yang lebih miring. Umumnya orang akan lebih suka membeli Laptop dengan harga rendah, namun sudah terlihat mewah dari desainnya tanpa memperhatikan Kapasitas RAM dan Processor. 

Apabila memang kondisi keuangan yang tidak memungkinkan untuk membeli Laptop dengan kapasitas RAM yang besar. Anda dapat menambah Kapasitas RAM dilain hari, tentunya perhatikan jenis RAM yang digunakan, atau Anda bisa menyerahkan urusan ini kepada Ahlinya. 


7. Setel Ulang Reset Widows

Usia laptop lama tidak hanya memengaruhi kinerja perangkat keras, tetapi juga perangkat lunak. Salah satu yang paling sering terpengaruh adalah sistem operasi (OS), terutama Windows.

Jika Windows memiliki kesalahan, kinerja menjadi tidak optimal atau sering macet. Ketika terlalu parah, kami sarankan mengatur ulang atau menginstal ulang windows Anda.

Tetapi, jika Anda tertarik, Anda juga dapat mengganti Windows ke OS lain lebih ringan, seperti Linux, ada banyak OS berbasis Linux yang saat ini beredar, hanya Anda memilih yang menurut Anda sesuai.

Memang, harus diakui bahwa Windows jauh lebih mendukung produktivitas dengan banyak fitur yang dibawa. Tetapi setidaknya transisi OS ini akan membuat kinerja laptop lebih baik.


8. Tempel Thermal Wive pada prosesor

Salah satu cara mengatasi Laptop lambat lainnya adalah menggunakan pasta termal untuk memastikan suhu laptop dapat dipelihara dengan baik selama penggunaan.

Pasta termal adalah pasta yang berguna untuk mendinginkan dan mempertahankan suhu prosesor sehingga tidak memanaskannya dengan cepat. Dengan suhu prosesor yang stabil, itu pasti akan membantu kinerja laptop juga lebih stabil dan tidak melambat.


9. Gunakan Bantalan Berpendingin

Jika perlu, gunakan perangkat pad pendingin sebagai kipas tambahan yang berguna untuk menjaga suhu laptop sehingga tidak terlalu panas. Dengan suhu laptop yang terlalu panas, tentu membuat kemungkinan laptop melambat ke yang lebih besar.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pendingin vakum untuk menyedot udara panas di laptop. Alat ini juga sangat membantu untuk menjaga suhu laptop di tempat kerja.


10. Ubah memori HDD ke SSD

Salah satu penyebab laptop yang lambat adalah karena laptop masih menggunakan hard drive HDD yang memiliki kecepatan data yang relatif lambat. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti penyimpanan HDD pada laptop ke penyimpanan SSD.

Cara membuat laptop lambat ini dijamin secara efektif, karena akan membantu proses boot lebih cepat dan membuat laptop menjadi lebih konservatif.

Memang, harus dikenali bahwa harga SSD cukup mahal, tetapi jika Anda ingin laptop menjadi lambat, cara ini dapat dipertimbangkan.

Demikianlah uraian singkat cara mengatasi Komputer atau Laptop Lemot dengan meningkatkan kinerja agar lebih efektif dan maksimal sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.