Tutorial Cara Menggunakan Google Cloud Print

Google Cloud Print | Raksasa internet yang satu ini selalu merilis fitur-fitur superior untuk memfasilitasi pengguna internet di seluruh dunia. Dan kali ini jika teman komputer ingin tahu cara mencetak dokumen melalui Internet, Google Cloud Print adalah solusinya. Google Cloud Print dapat kita sebutkan sebagai fasilitas untuk printer jarak jauh dari jarak jauh. 

Google Cloud Print dapat digunakan untuk PC dan juga perangkat Android Anda. Selain itu, jika kami mengaktifkan fitur saham, kami dapat membagikan risource printer kami untuk pengguna lain. Pada kesempatan ini akan ditinjau tentang cara menggunakan Google Cloud Print. Ok dari lustrum, mari kita jelajahi bersama.

1. Ketentuan yang harus dipenuhi untuk menggunakan Google Cloud Print

Untuk dapat menggunakan layanan cloud cloud Google ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal, persiapan yang harus ada meliputi yang berikut:

  1. Jaringan internet
  2. Printer terhubung ke komputer
  3. Google Chrome Browser
  4. Aplikasi Google Cloud Print yang dapat diunduh di Google Play.

2. Cara mengatur printer di Google Cloud Print

Karena printer yang digunakan adalah printer klasik yang tidak memiliki fitur "Google Cloud Ready Printer", maka Anda harus menghubungkan periferal ini ke komputer menggunakan kabel USB, WiFi atau Bluetooth. Kemudian mendaftar dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Pendaftaran printer di Google Cloud Print.

Langkah pertama untuk pendaftaran Google Cloud Print adalah untuk menjalankan aplikasi Google Chrome, lalu klik ikon menu => Pengaturan => Pengaturan Muka. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah itu Anda dapat melanjutkan dengan mengklik Kelola di bagian Google Cloud Manager.

Setelah itu Klick tombol Add Printer pada Opsi Classic Printers

Kemudian Anda akan diarahkan ke printer untuk mendaftarkan halaman, pada halaman ini ada beberapa jenis dokumen printer, dan teman-teman memastikan bahwa printer yang Anda terdaftar telah dimasukkan dalam daftar. Kemudian lanjutkan dengan mengklik Tambah Printer.

Jika sukses maka Anda akan mendapatkan pesan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Pengaturan Cloud Google Print pada ponsel Android

Jika Anda memiliki perangkat Android dengan versi Android dari kitkat, fitur Google Cloud Print untuk Android tersedia, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengambil langkah-langkah sebagai berikut. Klik menu Pengaturan (di bagian Sistem) => Pencetakan => Cloud Print (Google Cloud Print).

Cara Mencetak Menggunakan Google Cloud Print Di Ponsel Android

Untuk dapat menggunakan Google Cloud Print di perangkat Android, sangat mudah tergantung pada aplikasi yang kami gunakan, apakah ada fasilitas cetak atau tidak. Jika aplikasi yang Anda gunakan memiliki fitur cetak, maka Anda dapat langsung ke menu cetak pada aplikasi.

Jika pada perangkat Android Anda, tidak ada fitur cetak maka Anda dapat menggunakan fitur Share atau Export agar dapat mengkonversi file atau dokumen ke format lain, kemudian dicetak menggunakan aplikasi yang memiliki fitur cetak.

Bagikan printer ke pengguna lain

Jika Anda ingin membagikannya ke panggilan lain, Google Cloud Print memiliki fitur berbagi sehingga teman dapat digunakan. Adapun cara printer menggunakan Google Cloud Print adalah sebagai berikut:

Anda dapat memasukkan menu Pengaturan di Google Chrome seperti langkah pendaftaran di atas, lalu klik nama printer kemudian bagikan.

Kemudian Anda akan menemukan jendela sembulan, maka Anda dapat memasukkan alamat email teman Anda - teman yang akan menggunakan printer yang Anda bagikan. Pandangan yang tepat ada fitur "dapat mencetak" jika teman Anda hanya ingin Prin, "dapat mengelola" jika teman Anda diberikan lebih banyak akses untuk mengelola printer yang Anda bagikan. Kemudian klik tombol Bagikan.

Setelah itu teman teman  akan menerima email dari Google yang berisi notifikasi layanan cloud cloud, mintalah teman untuk membuka email dan klik tombol Tambahkan Printer => Terima. Teman-teman dapat langsung menggunakan layanan Google Cloud Print dan jika teman Anda ingin menonaktifkan layanan pangsa printer, Anda dapat mengklik Tolak.

Itulah tinjauan tentang cara menggunakan Google Cloud Print untuk mencetak melalui Internet, semoga ulasan di atas dapat berguna untuk komputer semua.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.