Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Tips Cara Menulis CopyWriting Yang Baik dan Menarik

    Copywriting adalah salah satu teknik penulisan promosi produk dengan menyampaikan informasi sesuai dengan produk yang dipromosikan yang menjadi kebutuhan konsumen tujuannya untuk menarik perhatian dan respons dari target coppwriting. Copywriting agar lebih menarik dapat digabungkan dan dikolaborasi dengan gambar atau video agar terlihat lebih menarik.

    Berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat, anatomi, tips dan trik penulisan copywiring yang baik dan memiliki nilai jual yang tinggi yang saya dapatkan dari pelatihan program latihan di Kertiksiku.com

    1. Manfaat copywriting.

    Ketika memiliki bisnis pasti akan banyak pesaing yang muncul. Bisnis yang dapat dilakukan untuk membedakan produk atau layanan Anda yang Anda jual dengan produk dari kompetitif Anda maka Anda dapat menulis copywriting untuk produk Anda. Copywriting dapat membantu meningkatkan omset atau pendapatan Anda karena memiliki manfaat berikut:

    1. Memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan konsumen
    2. Menarik perhatian konsumen
    3. Buat calon pembeli tertarik untuk memberikan pesan yang relevan
    4. Memberikan bagaimana produk atau layanan yang dijual dapat memecahkan masalah dari calon pelanggan
    5. Mengarahkan konsumen untuk mengambil langkah selanjutnya (pembelian)

    2. Anatomi Copywriting

    1. Kepala Berita (Headline)

    Headline dapat dikatakan sebagai faktor penting dalam copywriting, karena itu benar-benar menentukan apakah calon pelanggan tertarik atau tidak dengan iklan yang Anda buat.

    2. Isi

    • Alasan: Berikan alasan mengapa calon pelanggan harus membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan
    • Promosi: memberikan penawaran yang dapat membuat calon pelanggan tertarik, misalnya Anda dapat memberikan diskon.
    • Bonus: Berikan bonus untuk pembelian produk atau layanan yang ditawarkan sehingga calon pelanggan semakin tertarik.
    • Penawaran eksklusif: Untuk beberapa orang mendapatkan penawaran eksklusif sangat penting.
    • Garansi: Berikan garansi untuk meyakinkan calon pelanggan untuk membuatnya lebih mudah untuk membuat keputusan.

    3. Penutup

    Panggilan untuk bertindak: Pesan yang ingin Anda sampaikan harus disampaikan dengan baik kepada calon pelanggan. Berikan perintah untuk calon pelanggan dapat membuat keputusan untuk membuat langkah selanjutnya.

    Kelangkaan / keterbatasan: Ketika Anda menawarkan produk atau layanan memberikan batas waktu atau pasokan atau promo sehingga calon konsumen cepat membuat keputusan.

    30 Kata yang Membangkitkan Emosi

    Penggunaan kata-kata yang tepat memainkan peran penting dalam menulis copywriting. Berikut ini adalah 30 kata yang dapat digunakan dalam menulis copywriting untuk membangkitkan emosi prospektif pembeli:

    1. Anda

    Dalam proses menulis copywriting, Anda harus membayangkan berbicara dengan orang lain dan tidak pernah menulis dengan diri sendiri.

    2. Karena

    Berikan pelanggan alasan untuk segera membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Juga perhatikan target pelanggan untuk menentukan alasan yang tepat dalam menawarkan produk.

    3. Gratis

    Setiap orang pasti tertarik dengan penawaran gratis. Oleh karena itu, dalam menjual produk Anda harus menyiapkan sesuatu yang dapat dikorbankan untuk diberikan secara gratis untuk memancing calon pelanggan membeli produk kami.

    4. Nilai

    Buat seolah-olah pelanggan mendapatkan sesuatu setelah membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

    5. Garansi

    Dengan memberikan garansi kepada calon pelanggan akan membuat mereka merasa aman untuk kemungkinan risiko yang akan dihadapi. Garansi menjadi ikatan antara penjual dan pembeli.

    6. Luar Biasa

    Setiap orang cenderung lebih tertarik ketika menawarkan produk yang luar biasa, hal yang sama dengan penggunaan kata "gratis" penggunaan kata "luar biasa" dapat membuat pembeli lebih tertarik.

    7. Mudah

    Dengan membuat langkah-langkah mudah dalam penggunaan produk atau layanan akan membuat calon pelanggan lebih penasaran dan tertarik membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

    8. Temukan

    Menciptakan hal-hal baru untuk membuat pelanggan penasaran dan ingin mencobanya.

    9. Sekarang

    Penggunaan kata "sekarang" akan memotivasi pelanggan untuk membuat keputusan pada saat itu.

    10. Komplit

    Dengan memberi tahu pelanggan bahwa produk atau layanan yang dibeli termasuk kebutuhan penting lainnya akan membuat calon pelanggan lebih tertarik.

    11. Tidak Lagi

    Tampilkan pelanggan tentang keuntungan negatif. Bagaimana mungkin ada keuntungan negatif? Menggunakan kalimat "Anda tidak perlu khawatir tentang" "Anda tidak akan lagi membayar ..." Termasuk dalam penggunaan kalimat laba negatif.

    12. Terbaru

    Sampaikan kepada calon pelanggan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan adalah produk terbaru di bidangnya.

    13. Ekonomis

    Semua orang tentu selalu berusaha menekan pengeluarannya, atau dengan kata lain sebanyak mungkin. Jadi tekankannya kepada calon pelanggan bahwa dengan membeli produk atau layanan yang ditawarkan mereka akan menghemat rupiah.

    14. Terbukti

    Tunjukkan penelitian atau kesaksian dari pelanggan sebelumnya yang telah membuktikan bahwa produk atau layanan telah membuktikan kualitas.

    15. Aman Dan Efektif

    Penggunaan kata-kata ini berguna untuk meminimalkan persepsi negatif tentang risiko dan kerugian.

    16. Tepat

    Beri tahu calon pelanggan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan benar-benar sesuai untuk mereka.

    17. Terbukti Nyata

    Hampir sama dengan penggunaan "terbukti", calon pelanggan membutuhkan sesuatu yang nyata sebagai pengemudi untuk memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

    18. Rahasia

    Menyampaikan rahasia produk atau layanan mengapa itu bisa menjadi solusi bagi calon pelanggan. Karena semua orang sangat tertarik untuk diberi tahu rahasia.

    19. Solusi

    Tunjukkan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan adalah Benar-Benr dapat digunakan sebagai solus masalah yang dimiliki oleh pelanggan.

    20. Instant

    Tampilkan akses kecepatan atau peringatan layanan dari tim karena setiap pelanggan umumnya sangat menyukai sesuatu yang terlihat instan.

    21. Bagaimana

    Tunjukkan calon pelanggan bagaimana produk atau layanan yang ditawarkan dapat menyelesaikan masalah.

    22. Branded

    Tunjukkan calon pelanggan yang menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan mereka akan mendapatkan nilai gaya tinggi.

    23. Eksekusi

    Tunjukkan bahwa produk atau layanan khusus jika dibandingkan dengan produk pesaing lainnya.

    24. Disebabkan Oleh

    Dengan hati-hati menganalisis masalah pelanggan prospektif dan memberikan alasan mengapa ini bisa terjadi. Ini akan membuat kita terlihat "pintar" dan calon pelanggan otomatis akan lebih percaya.

    25. Lebih Lanjut

    Pastikan calon pelanggan mengetahui keuntungan dari produk atau layanan yang ditawarkan.

    26. Nilai Tambah

    Berikan kesempatan bagi calon pelanggan untuk ditawarkan, itu dapat berupa penawaran harga, fitur, atau garansi. Budaya Indonesia sangat menyukai tawar-menawar, dan ingin mendapatkan lebih banyak. Jadi berikan kepada mereka.

    27. Tidak Ada Kewajiban

    Ini untuk memastikan calon pelanggan bahwa setelah menggunakan produk / layanan yang ditawarkan, mereka tidak memiliki beban atau tanggungan lagi.

    28. Jaminan Uang Kembali 100%

    Semua orang menginginkan kemudahan dalam transaksi. Salah satunya adalah jaminan uang kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada barang yang dibeli. Namun, garansi ini hanya diberikan ketika Anda percaya bahwa produk atau layanan yang ditawarkan benar-benar memenuhi syarat.

    29. Diskon Besar

    Buat diskon besar dan penawaran tinggi sehingga calon pelanggan tidak dapat lagi menghindari untuk tidak membeli.

    30. Kekayaan

    Semua orang ingin menjadi kaya. Jadi tunjukkan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan dapat mendukung keinginan calon pelanggan.

    10 Headline Diuji untuk Manfaat

    1. Manfaat Headline

    Headline ini memprioritaskan sisi laba baik secara ekonomi maupun psikologis untuk pembaca dan dapat digunakan pada media offline dan online.

    2. Menawarkan cara yang cepat dan mudah

    Headline seperti ini menawarkan solusi konkret yang merupakan nilai dari penjualan suatu produk. Oleh karena itu cocok untuk produk kesehatan, pengembangan diri, layanan, atau produk lain yang menawarkan kenyamanan dan kecepatan dalam menyelesaikan calon pembeli. Untuk lebih memperkuat daya tarik utama ini, Anda dapat menggunakan angka.

    3. Headline Selektif

    Jenis judul ini digunakan dengan baik untuk pasar target atau kalangan tertentu.

    4. Keingintahuan headline

    Jenis utama ini digunakan untuk membuat orang lain ingin tahu tentang penawaran Anda.

    5. Gimmick Headline.

    Jenis utama ini cenderung menggunakan permainan kata dan kalimat dalam bentuk pengulangan suara, kejutan, atau trik.

    6. Kekhawatiran

    Jenis utama ini dapat digunakan untuk menakuti pembaca, sehingga mereka benar-benar takut dan akhirnya menerima tarawan Anda. Tearlines takut cocok untuk mendapatkan kehidupan, keamanan, dan kesehatan bagi pembaca mereka.

    7. Pertanyaan

    Jenis utama ini menggunakan pertanyaan kepada pembaca sehingga mereka hanya menjawab. Judul ini berfungsi untuk membangun kesadaran, merek, dan kedekatan dengan pembaca. Dalam menulisnya, Anda harus menggunakan pertanyaan terbuka sehingga pembaca menjawab ya atau tidak, sudah atau tidak, dapat atau tidak bisa.

    8. Judul Kutipan

    Ketika membuat tajuk utama ini Anda memasukkan kata-kata dari orang lain, seperti kata-kata seseorang, testimoni pelanggan, kutipan buku, ayat-ayat dalam tulisan suci, angka pengesahan, dll.

    9. Headline Perintah

    Jenis utama ini menggunakan kalimat perintah atau mengundang orang untuk melakukan sesuatu.

    10. Klaim Headline.

    Dalam penulisan headline ini mengklaim Anda mengklaim, mengklaim, atau menyatakan sesuatu secara sepihak.

    Kiat dan trik untuk menulis copywriting yang menjual

    Sebelum menulis copywriting, Anda harus tahu 5 hal penting berikut:

    • Ketahui siapa yang merupakan target pasar
    • Pelajari apa gejolak mereka
    • Cari tahu apa yang membuat mereka mengambil tindakan
    • Tahu topik apa yang membuat mereka tertarik
    • Cari tahu bagaimana produk Anda membantu mereka

    Berikut ini adalah tips dan trik dalam menulis copywriting:

    • 1 paragraf satu pesan
    • Tulis di Poin
    • Gunakan penekanan dengan bijak
    • Gunakan bahasa yang sama dengan audiens Anda
    •  Tulis seperti Anda sedang berbicara dengan orang itu.
    • Jika ada diskon, tuliskan nomornya
    • Jelaskan secara khusus tentang produk yang ditawarkan
    • Gunakan pesan yang berulang
    • Gunakan sepatu mereka, itu berarti memposisikan diri Anda sebagai pembeli. Tulis copywriting dari sudut pandang calon pembeli.

    7 Teknik Penulisan Copywriting

    1. Salin Cerita : Buat copywriting seolah-olah Anda menceritakan kisah, tetapi dalam cerita selipkan penawaran.
    2. Salinan Hyperbolic: Teknik salinan hiperbolik ini menggunakan kalimat berlebihan.
    3. Salinan Teaser: Teaser Copy adalah copywriting yang memberikan tantangan atau godaan kepada calon pelanggan.
    4. Salinan Halaman Berita: Salinan Halaman Berita yang terlihat seperti koran dan termasuk pengumuman tentang produk Anda.
    5. Salinan Kompetitif: Salinan kompetitif memberikan hasil kompetitif atau perbandingan dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing.
    6. Salinan Factual: Dalam jenis copywriting ini mengingat fakta aktual tentang produk yang ditawarkan.
    7. Salinan Humorous: Jenis copywriting yang mengandung humor di dalamnya.

    Demikianlah Uraian Singkat manfaat, anatomi, tips dan trik penulisan copywiring yang baik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Semoga dapat menambah wawasan Anda di dunia Marketing. 

    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.

    Berbagi Tutorial Online juga menerima Jasa Remot Flash, ByPass Android & iPhone seperti kendala Android Bootloop atau Stuck di Logo Boot, Terkunci Akun Mi, FRP Google Account, Terkunci iCloud untuk iPhone hubungi saya via WhatsApp Chat.
    Artikel Terkait: