Cara Membuat Website Toko Jualan Online dengan Wordpress

Belanja adalah suatu kebutuhan dan aktivitas rutin bagi semua orang, apakah itu kebutuhan utama dan kebutuhan sekunder. Jika sebelumnya orang menghabiskannya untuk berbelanja ke pasar, tetapi dalam perkembangannya semua mulai berubah. Sekarang mudah, tidak perlu lagi pergi keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan. Ya, sekarang orang dapat dengan mudah berbelanja dengan keberadaan toko online.

Setiap pengusaha / wirausahawan harus memiliki toko untuk menjual dengan baik, itu fisik atau online. Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia internet tumbuh sangat cepat. Sehingga pasar online tampaknya diperlihatkan. Banyak wirausahawan bersedia menghabiskan modal mereka hanya untuk membuat toko online dengan biaya yang fantastis. 

Pengertian Website Toko Jualan Online

Toko Online adalah sebuah wahana jualan online dalam bentuk webiste dimana di dalamnya dipajang foto-foto produk yang dijual secara online dengan deksripsi barang dan harga sehingga dapat ditemukan dan dilihat oleh masyarakat publik internet secara online dalam sekala nasional dan global.

Sekarang Anda dapat membuat toko online sendiri dengan mudah dan cepat tanpa harus memahami bahasa pemrograman melalui wordpress. WordPress adalah salah satu platform blog tetapi sekarang telah mengalami banyak perkembangan seperti membuat situs web untuk banyak hal, seperti situs web statis, situs web toko online, situs web profil bisnis, situs web properti, dan lainnya. Mengenai teman WordPress dapat belajar ke wordpress.com atau wordpress.org.

Manfaat Website Toko Jualan Online

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki sebuah Toko Jualan Online:

  1. Segmentasi pasar sangat luas karena ruang Internet sangat mampu secara domestik dan luar negeri sehingga segmen pasar di seluruh dunia berbeda dari toko-toko konvensional target pasar hanya area yang dapat dicapai, misalnya hanya di daerah sekitar AS dan di daerah di luar kota dekat itu tergantung pada promosi Kita.
  2. Lebih ekonomis: Dengan membuka toko online, modal yang Kita miliki akan menghemat misalnya untuk menyewa tempat, karyawan, administrasi, dll. Kita dapat meminimalkan dan sangat ekonomis. Bandingkan jika kita memiliki toko konvensional, kita harus menemukan tempat yang strategis dan biayanya juga akan membengkak, karyawan yang kita gaji juga akan sangat jauh dari ruang administrasi yang kita butuhkan juga sangat berbeda dari toko online yang membutuhkan biaya kecil yang membutuhkan biaya kecil yang membutuhkan biaya kecil. 
  3. Informasi yang diberikan kepada pelanggan dan kandidat pelanggan juga relatif lebih global dan banyak hal yang dapat Kita informasikan agar pelanggan akan lebih puas dengan produk Kita dan tidak banyak bertanya-tanya tentang produk Kita.
  4. Iklan yang relatif murah karena iklan baris yang ditawarkan melalui Internet jauh berbeda jika Kita ingin beriklan melalui surat kabar, biayanya cukup mahal. Anda memiliki pemilik toko online hanya menempatkan iklan gratis untuk mempromosikan toko web online Anda. Dengan berbagai keunggulan ini, sangat disarankan menggunakan toko web online jika Anda ingin mengembangkan bisnis bisnis secara nasional dan internasional. Toko online  sangat cocok untuk mereka yang ingin mengembangkan bisnis mereka secara global. Transaksi yang dapat dilakukan tidak terbatas pada geografi, dapat antara kota, antara provinsi, antara pulau, dan bahkan dapat berada di antara negara atau internasional. 

Cara Membuat Website Toko Jualan Online

Jika Anda tertarik untuk membuat situs web toko online dengan WordPress, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, seperti produk apa yang ingin Anda jual.

Dalam rencana pembuatan toko online, tentu saja Anda sudah memiliki ikhtisar konsep toko online yang Anda buat dengan benar? Sebab, apakah jenis produk yang akan Anda jual, tentu saja sangat berpengaruh pada konsep toko online yang Anda berikan. Baik dalam hal fungsional, desain, dan menargetkan konsumen yang Anda lihat.

Dan jika WordPress adalah salah satu wadah yang ingin Anda gunakan dalam membangun toko online, maka Anda dapat menyiapkan produk dalam bentuk produk fisik, produk digital, bahkan dapat memberikan penawaran layanan.

Pilih Hosting dan Domain untuk situs web Anda

Setelah Anda menemukan gambar dan konsep dalam proses membuat website toko online dengan WordPress, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih hosting dan domain.

Hingga saat ini, ada banyak penyedia layanan hosting yang terjangkau dan mudah digunakan untuk menginstal WordPress atau langsung membuat blog dengan WordPress.

Bahkan, jumlah hosting yang dapat Anda pilih tersedia secara lokal dan dari luar negeri. Di Indonesia sendiri ada salah satu penyedia layanan hosting yang sudah familiar dan tidak diragukan lagi kwalitasnya yaitu Niagahoster.

Hosting Niagahoster termasuk dalam jenis tipe hosting yang memiliki harga terjangkau. Dan lebih istimewa, Niagahoster juga sering memberikan diskon untuk berbagai layanan hostingnya. Bahkan, diskon kadang-kadang ditawarkan untuk mencapai 50% sebagai bentuk promosi dari paket hosting di Niagahoster.

Dengan demikian, cara membuat situs web toko online dengan WordPress akan lebih mudah jika Anda menentukan jenis hosting mana yang cocok di hati Anda, untuk kesinambungan situs web Anda nanti.

Pilih Theme Website Toko Online WordPress

Langkah ini adalah satu langkah yang merupakan aspek yang paling penting jika Anda ingin membuat toko online dengan WordPress. Coba dalam pemilihan, pilih tema WordPress yang memiliki penampilan yang cukup bagus, menarik, dan dilengkapi dengan fitur menarik.

Dengan demikian, maka situs web toko online yang Anda buat dapat memberikan tampilan yang menarik untuk toko online Anda nanti. Dan sebagai pertimbangan, Anda dapat mencarinya di repositori WordPress.

Install WooCommerce 

Setelah Anda menerapkan beberapa langkah di atas, maka langkah selanjutnya  adalah menginstall  WooCommerce pada Dashboard WordPress akses opsi plugin, tambahkan baru, cari dan temukan woocommerce. Setelah itu, install woocommerce dan aktifkan.

Selain langkah-langkah ini, Anda juga bisa mendapatkan woocommerce dengan mengunduh woocommerce secara manual ke direksi / WP-Content / Plugins / ditemukan di server Anda melalui FTP dan Hosting File Manager.

Mengikuti Setup Wizard WooCommerce

Cara membuat toko online situs web dengan hasil WordPress yang semakin terlihat setelah mengikuti pengaturan Wizard WooCommerce. Jadi, bagaimana Anda melakukannya?

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan WooCommerce, maka Anda kemudian akan disajikan dalam bentuk penyiapan wizard atau panduan instalasi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Video Tutorial Cara Membuat Website woocommerce berikut ini: 


Bagaimana, bagaimana cara membuat situs web toko online dengan WordPress sebenarnya tidak sesulit bayangan semua orang secara umum bukan? Dengan mengetahui langkah-langkah di atas, situs web pembuatan toko online akan lebih mudah. Saya harap informasi ini sangat membantu ...


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.