Cara Menampilkan Ruler dan Margin Microsoft Word

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara membuka lembar kerja Microsoft Word dan untuk selanjutnya pada postingan ini saya akan berbagai tutorial bagaimana cara menampilkan Ruler (Opsi Pengaris) dan Margin (Batas Tepi Lembar Kerja Word) yang mana secara default opsi ini harus diaktifkan secara manual.

Ruler merupakan Opsi yang menampilkan ukuran suatu halaman dalam satuan cm atau inci yang ditampilkan di tepi atas dan kiri sebuah halaman kerja word berfungsi untuk mengatur atau menyelaraskan objek yang ada dalam lembar kerja word baik itu text, gambar, tabel, dan lain sebagainya agar lebih terstruktur dan terlihat rapi

Margin adalah batas tepi halaman lembar kerja Word dalam bentuk titik-titik putus-putus yang membentuk persegi mengikuti lebar halaman kerja word berfungsi sebagai panduan batas area pengetikan dengan batas tepi kertas.

Karena Opsi Ruler dan Margin tidak secara otomatis ditampilkan, tentunya bagi sebagin orang untuk mengaktifkan Opsi Ruler dan Margin bukanlah suatu hal yang mudah, terutama bagi pemula yang masih dalam tahap belajar. Sedikit informasi tambahan, pada tutorial ini saya menggunakan Microsoft Word 2019 dengan system Operasi Komputer Windows 11

Cara Menampilkan Ruler Microsoft Word

Langkah Pertama buka halaman kerja Microsoft Word, maka secara default tampilan awalnya akan seperti tampak pada sreenshot di bawah ini bersih tampak kosong tanpa adanya garis ukuran (opsi penggaris) dan batas tepi halaman pengetikan.

Klick Menu View kemudian berikan Cheklist pada Opsi Ruler, maka secara otomatis Opsi Ruler akan ditampilkan pada lembar kerja word.

Cara Menampilkan Margin Microsoft Word

Untuk menampilkan Margin pada lembar kerja word caranya adalah dengan mengakses icon seperti tampak pada sreenshot di bawah ini kemudian pilih Opsi More Commands...

Pada Jendela Word Options, Pilih Opsi Advanced

Schrool ke bawah cari dan temukan Opsi Show Teks Boundaries, apabila sudah ketemu kalian tinggal berikan cheklist pada Opsi Show Teks Boundaries lalu konfirmasi OK untuk menerapkan

Itulah Panduan Singkat Tutorial bagaimana Cara Mudah Mengaktifkan atau Menampilkan Opsi Ruler dan Margin pada sebuah halaman lembar kerja Microsoft Word untuk memudahkan dalam proses pengolahan dokumen word yang bisa kalian coba praktikkan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.