4 Cara Untuk Melihat Spesifikasi Laptop Lengkap

Harap dicatat jika spesifikasi laptop / komputer memainkan peran yang sangat penting dalam pekerjaan all-digital Anda. Ketika laptop atau komputer yang kita gunakan lambat atau sering memuat jelas di hati saya menanyakan spesifikasi laptop apa yang Anda miliki?

Alasan lain mengapa Anda harus mengetahui spesifikasi laptop / komputer yang Anda gunakan adalah, untuk memfasilitasi peningkatan jika kerusakan terjadi. Jadi, Anda perlu mengetahui spesifikasi laptop atau komputer kami sehingga Anda tidak salah membelinya. Baca juga: Cara Menginstal Office 2016

Misalnya, ketika laptop atau komputer sudah mati. Maka Anda akan menggantinya dengan yang baru. Sekarang Anda harus tahu berapa banyak giga ukuran RAM, dan berapa DDR. Jangan salah, beli ukuran yang lebih kecil atau DDR yang tidak sama.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Beberapa laptop / notebook telah terjebak stiker yang menulis detail spesifikasi laptop itu sendiri. Tetapi tidak semua vendor laptop / notebook melampirkan stiker yang memberikan informasi dari laptop yang mereka buat. Pada stiker biasanya terlihat bagaimana kapasitas HDD, berapa banyak RAM, USB diinstal dan biasanya USB 3.0

Cara melihat spesifikasi laptop atau komputer di Win XP dan Win 7

Jika laptop / komputer masih menggunakan Windows XP atau 7 itu cukup mudah untuk memeriksa spesifikasinya. Itu cukup untuk mengklik bintang, klik kanan pada komputer saya dan klik Properties.

Dengan melakukan cara di atas Anda akan melihat versi Windows, prosesor yang digunakan dan  RAM yang diinstal.

Tetapi jika Anda ingin detail lebih lanjut dalam memeriksa, itu dapat melalui alat diagnostit DirectX atau lebih mudah dxdiag.

Caranya adalah sebagai berikut. Klik Bintang, lalu pilih Jalankan. Ketik dxdiag di kotak lari, tekan Enter. 

Pada gambar kotak DXDIAG  dapat dilihat lebih detail spesifikasi laptop / komputer yang Anda miliki. Dari nama komputer, operasi sistem, bahasa, produsen, model laptop, jenis BIOS, prosesor, memori RAM yang dipasang dan versi DirectX yang digunakan.

Jika Anda ingin melihat perangkat kartu grafis (kartu VGA) hanya meluncur ke bagian tampilan. Akan dilihat nama perangkat dan driver VGA dari Laptop / Komputer Agan.

Nah, itulah cara melihat spesifikasi laptop / notebook yang menggunakan sistem operasi Windows XP dan 7. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 8, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara melihat spesifikasi laptop atau komputer sepenuhnya pada Win 8 dan Win 10

Tekan tombol WIN + R pada keyboard, maka kotak jalankan muncul, ketik dxdiag lalu masukkan.

Jendela spesifikasi laptop Anda akan muncul seperti yang ditunjukkan di bawah ini

Hampir sama dengan tampilan DXDIAG dalam sistem operasi Win XP tetapi lebih sedikit halaman informasi. Anda dapat melihat nama komputer, sistem operasi yang diinstal, bahasa yang digunakan, produsen, model laptop / notebook Anda, BIOS digunakan, prosesor yang tertanam dan kecepatan, memori RAM, dan versi DirectX digunakan.

Jika Anda ingin melihat kartu VGA yang diinstal hanya geser ke halaman tampilan, informasi kartu grafis digunakan dan driver.

Untuk memeriksa Windows 10 langkah sama seperti ketika di Windows 8.

Cara melihat spesifikasi laptop atau komputer menggunakan program speccy

Speccy adalah program yang digunakan untuk memeriksa spesifikasi laptop / notebook Anda secara lebih rinci. Program speccy serupa antara CPU-Z, GPU-Z.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat dari aplikasi di Internet, cukup ketik browser dengan kata kunci speccy, maka situs web akan muncul bagian atas.
  2. Buka situs web dan unduh. Ada 2 opsi unduhan, yaitu gratis atau dibayar. Cukup pilih Gratis dan pilih unduhan mudah, yang menggunakan FileHippo, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Karena jika Anda menggunakan pilihan pirorm, Anda disuruh memasuki alamat email terlebih dahulu dan itu akan menjadi proses yang panjang.
  3.  Anda akan ditransfer di situs web FileHippo, klik Unduh seperti yang ditunjukkan pada gambar
  4.  Instal aplikasi yang diunduh lalu buka, tunggu proses analisis
  5.  Sebuah jendela akan muncul yang memberikan informasi dari laptop / komputer yang Anda gunakan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

 Speccy sangat detail dalam menampilkan spesifikasi laptop yang Anda gunakan

Periksa spesifikasi laptop dengan CPU Z

Selain metode di atas, yang memanfaatkan fitur Windows, Anda juga dapat melihat spesifikasi pada komputer atau lapto dengan aplikasi pihak ketiga seperti speecy dan CPU Z. Inilah langkah-langkahnya

  • Pertama kali, Anda harus mengunduh kemudian menginstal perangkat lunak CPU Z terlebih dahulu di laptop.
  • Setelah instalasi, Anda hanya perlu membukanya dan Anda dapat melihat spesifikasi detail di laptop Anda
  • Anda dapat melihat secara detail tentang CPU seperti prosesor nama, kecepatan inti, RAM, nama Windows, kapasitas HADD
  • Untuk dapat melihat jenis mainboar di laptop, Anda dapat membuka pada kolom papan utama yang sudah pada CPU Z
  • Dalam jenis kolom memori, Anda juga dapat melihat jenis memori yang diinstal, sedangkan di kolom SPD Anda, Anda dapat melihat slot RAM Anda dan juga berbagai informasi tentang RAM Anda.

Begitulah cara untuk melihat spesifikasi laptop. Harapannya adalah Anda tahu lebih banyak tentang spesifikasi laptop yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.