Cara Menggunakan OBS Studio untuk Live Streaming

OBS Studio adalah program atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengalirkan dan merekam pada laptop atau PC. Selama periode pandemi ini, banyak organisasi atau sendiri mereka yang menggunakan program ini untuk menyiarkan langsung atau streaming langsung di SOSMED. Baik itu untuk kebutuhan organisasi atau pribadi yang tidak dapat dilakukan secara tegas atau peristiwa yang dihadiri oleh banyak orang sangat berpengaruh dengan situasi saat ini. Antara lain, seperti peristiwa keagamaan yang menggunakan Studio OBS untuk menyiarkan khotbah langsung terhubung dari output kamera atau pertemuan virtual yang kemudian terhubung ke Studio OBS.

Ada juga kalangan yang live streaming untuk mengadakan penggalangan dana dengan menyajikan permainan musik atau membuat konten menarik dengan fasilitas OBS Studio untuk membantu mereka menghasilkan kualitas streaming yang baik dan kesan mereka menjadi tidak biasa dengan fitur-fitur menarik seperti penyiar di televisi. 

Cara Menggunakan OBS Studio untuk Live Streaming di Youtube

  1. Buka OBS Studio. Di sini, penulis telah menetapkan tata letak ke streaming langsung.
  2. Masukkan file - pengaturan - output
  3. Kemudian pilih bagian bitrate video, atur sesuai dengan kecepatan internet di rumah Anda. Misalnya kecepatan Internet adalah 10Mbps, menggunakan 1400 kbps. Bagian ini sangat penting untuk menjaga kelancaran dan kualitas streaming yang akan ditayangkan.
  4. Setelah itu, buka browser Anda dan masukkan situs web YouTube.
  5. Masukkan bagian yang ada di samping untuk streaming langsung yang segera beralih ke studio YouTube
  6. Setelah memasuki menu streaming langsung Studio YouTube, salin tombol streaming yang akan dimasukkan ke OBS
  7. Kemudian, kembali ke Studio OBS dan masukkan menu File - Pengaturan - Streaming
  8. Tempel kode kunci Streaming di bagian tombol Stream, lalu terapkan untuk menyimpan perubahan.
  9. Setelah itu, kami mulai streaming langsung dengan mengklik bagian Mulai Streaming pada program OBS Studio.

Anda telah berhasil melakukan streaming dengan menggunakan OBS Studio. Jika Anda ingin menghentikan streaming langsung, jangan lupa untuk berakhir dari situs studio dan situs web YouTube Studio, karena jika itu tidak streaming itu akan berlanjut.

Jika ada hambatan dalam streaming, cobalah untuk menurunkan bitrate video sehingga video yang diterima oleh YouTube Studio halus. Namun sayangnya hasil yang disebabkan oleh kualitas video blurry.

Cara Menggunakan OBS Studio untuk Live Streaming di Facebook

1. Siapkan halaman Facebook

Sayangnya, Facebook hanya memungkinkan Anda untuk melakukan streaming melalui halaman, bukan dari teras akun pribadi Anda karena dapat dilakukan melalui ponsel. Buat halaman di Facebook sangat mudah, cukup kunjungi halaman manufaktur dan ikuti instruksi.

2. Unduh dan install OBS Studio

OBS atau Open Broadcaster Software adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan untuk hidup streaming pada PC. Selain Facebook, Studio OBS juga mendukung layanan streaming lain seperti YouTube dan Twitch.

3. Dapatkan kunci stream

Setelah Studio OBS diinstal, langkah selanjutnya adalah mendapatkan kunci aliran dari Facebook. Tombol Stream dapat diperoleh dari pengaturan halaman di Facebook. Di bagian atas halaman Facebook ada bagian dari alat penerbitan, setelah itu klik menu video di sebelah kiri. Setelah memilih menu + Live, Anda akan mendapatkan kunci aliran. Di bagian ini Anda juga dapat mengatur judul streaming langsung dan informasi lainnya.

4. Hubungkan OBS Studio dengan Facebook

Setelah Anda memasukkan informasi streaming langsung yang akan Anda lakukan di Facebook, sekarang Anda harus mengatur di Studio OBS. Pilih menu Pengaturan lalu pilih menu Streaming di OBS Studio. Selanjutnya, pilih Facebook Live di bagian Layanan dan masukkan tombol Stream yang telah Anda dapatkan sebelumnya.

5. Mulai streaming langsung

Jika pengaturan telah dilakukan, Anda dapat menambahkan sumber video untuk ditampilkan di Facebook Live. Sumber video dapat disajikan melalui bagian sumber video di Studio OBS. Sumber video dapat berasal dari webcam, hingga tampilan desktop.

Setelah gambar video muncul, Anda dapat hidup streaming langsung dengan menekan tombol Start Stream. Tunggu beberapa detik dan hasil streaming Anda akan muncul di Facebook. Setelah itu, tekan tombol Go Live di Facebook.

6. Hal-hal yang perlu diperhatikan

Sama seperti streaming melalui ponsel, streaming menggunakan facebook langsung melalui PC desktop juga membutuhkan internet berkecepatan tinggi. Setidaknya, Anda harus memiliki koneksi kecepatan 2Mbps sehingga sesi streaming langsung Anda tidak mudah terputus. Selain itu, perhatikan juga siapa saja yang dapat melihat streaming langsung Anda.

Demikianlah Panduan Tutorial Cara Menggunakan OBS Studio untuk Lve Streaming di Youtube dan Facebook yang bisa Anda Coba Praktikkan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.