10 Penyebab Computer Re-start Sendiri & Cara Memperbaikinya

Computer seperti kita kenali pada umumnya ialah perangkat yang terbagi dalam CPU, monitor, keyboard, mouse dan komponen tambahan lain. Saat memakai computer kadang pernah merasakan computer re-start sendiri secara mendadak. Ini pasti benar-benar mengusik tugas kita. Tugas yang semestinya bisa selesai secara cepat akan terlambat karena harus mengulang awal.

Banyak pemicu computer kerap re-start sendiri saat sedang dipakai untuk bekerja. Berikut beberapa pemicu dan langkah menangani permasalahan komputer Re-Start sendiri:

1. Processor Panas

Prosesor panas ataupun lebih dikenali dengan overheat ialah pemicu computer re-start sendiri. Ini muncul karena kipas prosesor panas disebabkan oleh pasta prosesor yang telah habis. Karena itu perlu di check pada prosesor dengan bertindak berikut, diantaranya:

  1. Check kipas prosesor dengan buka casing dan melepaskan kipas. Kemudian check apa thermal paste telah kering, jika kering selekasnya berikan dengan termal paste yang baru.
  2. Check juga debu pada kipas prosesor, membersihkan debu yang melekat memakai kuas atau alat vacuum cleaner yang dibuat khusus untuk bersihkan computer.
  3. Coba berpindah computer dalam ruangan dingin atau ber- AC supaya temperatur di dalam computer konstan dan cpu jalan normal.

2. Cek Power Supply

Silahkan check power Supply apa kekurangan daya atau mungkin tidak maksimal performanya. Ini dapat muncul karena kipas yang di dalam power Supply mati atau macet hingga terjadi panas di piranti power suplai itu. Power Suplai yang tidak normal atau macet kipasnya akan membuat Computer re-start sendiri. 

Pakailah power Supply yang dapat mengantarkan daya minimum 530 Watt supaya computer bisa bekerja yang baik.

3. Cek VGA Card

Saat computer bekerja memakai vga card kadang ini dapat mengakibatkan terjadi permasalahan saat vga card bermasalah atau kipas di vga tidak bisa berputar-putar dengan normal. Membersihkan kipas vga dengan kuas agar bersih dan berjalan normal.

4. Cek Memori Ram

Memory dapat menjadi penyebab computer re-start sendiri. Saat sebuah computer memakai 2 memory kadang kemungkinan ada satu dari ke-2 nya mati atau error . Maka check sisi memory dengan bersihkan dan menguji apa ke-2 nya masih berperan secara prima atau ada yang mati.

5. Cek Hardisk

Hardisk yang normal pasti membuat computer dapat berjalan dengan normal. Tetapi saat ada permasalahan pada hardisk contoh badsector ini dapat mengakibatkan computer re-start-restart sendiri. Bila computer dapat hidup kinerjanya akan lamban saat lakukan pekerjaan yang diberi.Hardisk yang telah memiliki masalah atau error seharusnya ditukar dengan hardisk baru atau di defrag memakai program dalam computer.

6. Cek Kabel Hardisk

Kadang permasalahan re-start pada computer disebabkan karena permasalahan yang enteng, seperti kabel data hardisk tidak dapat dibaca hingga computer tidak dapat membooting windows sampai terjadi re-start sendiri. Yakinkan kabel masih tetap berperan secara baik, jika mati atau mungkin tidak bisa dibaca ganti dengan kabel baru.

7. Sering Mati Listrik Secara tiba-tiba

Listrik yang tidak normal juga bisa mengakibatkan computer re-start sendiri. Kadang listrik di dusun, atau di semi kota belum konstan 100%. Ini benar-benar rawan pada perangkat computer, apa lagi computer tidak diperlengkapi dengan UPS. Karena itu saat computer mendadak mati dalam pada saaat digunakan untuk bekerja, akan memunculkan error loading mekanisme.Jika erros mekanisme umumnya computer tidak dapat startup windows lalu terjadi re-start berulang-ulang. Ini muncul karena computer akan membooting windows berdasar mekanisme yang normal. Computer mati secara tiba-tiba akan menimbulkan sistem computer bermasalah.

8. Cek Computer Dari komponen Tambahan Saat Akan Dihidupkan

Tujuannya ialah yakinkan saat hidupkan computer tidak ada komponen lain seperti flashdisk atau memory atau cd yang masuk tercolok atau dipasang di computer.Flashdisk yang tercolok terkadang akan membuat booting computer jadi tidak dapat jalan. 

9. Hapus Temporary system

Saat computer terjadi permasalahan dengan kerap re-start sendiri. Kadang tidak dari hardware yang memiliki masalah. Juga bisa muncul karena mekanisme yang error, ini karena kemungkinan ada program jahat atau virus yang menginfeksi sistem windows. Dapat juga ada temporary pada mekanisme yang membuat computer tidak dapat booting secara normal. Karena itu saat permasalahan ini terjadi, masuk pada keadaan Safe Mode, kemudian cari File Temporary dalam mekanisme dengan membuka explorer, mencari pengguna, lalu Aktifkan folder options supaya semua file hidden kelihatan.

Kemudian mencari dokumen and seting pada windows Xp, tentukan Local Setting>Temp, block semua file temp dan hapus.Pada Windows 7 keatas ialah dengan masuk explorer, temukan pengguna, aktifkan folder options, contreng show hidden files, lalu temukands User> App data>Local>Temp. Block semua file di dalam Temp lalu hapus. Sesudah hapus file, lalu re-start computer. Computer akan jalan dengan normal.

10. Komputer Terserang Virus

Virus yang menginfeksi system pada computer dapat mengakibatkan error hinga tidak berhasil booting. Computer yang terkena virus umumnya tidak booting system windows secara baik. Umumnya computer cuman re-start berkali-kali. Meskipun telah dihapus file temporary tetap error. Ini karena system windows telah bermasalah karena virus.Karena itu untuk menanganinya ialah dengan Instal ulangi Windows. Lakukan instal windows dan scan secara keseluruhan virus dengan gunakan antivirus yang baik. 

Demikian 10 Sebab dan langkah menangani computer re-start sendiri yang dijelaskan selengkapnya, mudah-mudahan dapat berguna dan bermanfaat.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.