Solusi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Apa Anda kerap merasakan WiFi terhubung tetapi tidak dapat internet? Masalah ini kerap kali terjadi saat searching di netbook atau handphone, apa lagi jika Anda sedang repot bekerja. Pesan no internet akses yang tiba-tiba ada memaksakan Anda hentikan kegiatan untuk cari jalan keluar pecahkan permasalahan secepat-cepatnya.

Apa factor yang memengaruhi jaringan WiFi?

Makin terjangkaunya WiFi membuat warga gampang terhubung akses internet dengan kecepatan tinggi. Beberapa provider bahkan juga tawarkan biaya murah yang membuat customer cenderung pilih pemakaian WiFi daripada data paket internet. Ini disongsong barisan karyawan yang tergantung pada akses internet untuk menyelesaikan pekerjaan-tugasnya on time.

Tetapi, WiFi tidak lepas dari kekurangan, satu diantaranya internet yang tidak ada walaupun jaringan telah terhubung. Saat sebelum ambil perlakuan, Anda perlu mengenal dahulu faktor-faktor yang memengaruhi masalah itu, diantaranya:

  • Signal atau jaringan kurang kuat. Factor ini dapat karena tempat yang belum dapat dijangkau jaringan terkini atau ada rintangan seperti tembok besar. Cuaca berlebihan seperti hujan lebat dibarengi petir juga seringkali lemahkan jaringan WiFi.
  • Permasalahan pada router. Umur router yang telah tua dan kerusakan pada elemen ialah salah dua factor yang memunculkan permasalahan pada piranti. Mengakibatkan, jaringan WiFi yang diamankan netbook atau handphone turut bermasalah;
  • Pemeliharaan dari provider WiFi. Pemeliharaan atau periode perawatan yang sudah dilakukan provider terkadang mewajibkan mereka turunkan kualitas jaringan bahkan juga sampai mematahkannya untuk beberapa waktu sampai pembaruan usai dilaksanakan.

Bagaimanakah cara menangani WiFi terhubung tanpa internet?

Mengimplementasikan jalan keluar berdasar factor pemicu semakin lebih gampang. Kesempatan Anda untuk memperoleh hasil yang diharap juga  lebih besar. Tetapi, jika Anda kurang percaya dengan pemicunya atau tidak juga mendapatinya, aplikasikan beberapa langkah berikut agar akses internet kembali saat WiFi tersambung dengan piranti.

Re-start netbook atau handphone

Cara ini sering disarankan provider, karena piranti terkadang tidak dapat berperan optimal ketika telah kelamaan digunakan. Terhitung saat Anda menyambungkannya dengan jaringan WiFi. Anda dapat re-start netbook atau handphone, lalu biarkan beberapa saat. Untuk handphone, Anda dapat cabut dahulu kartu SIM-nya saat sebelum terpasangkan kembali.

Dengan mematikan piranti, beberapa data yang diolah akan termuat ulangi dan membuat mekanisme jadi lebih fresh saat dihidupkan. Selanjutnya, sesudah aktifkan netbook atau handphone, Anda dapat sambungkan kembali dengan jaringan WiFi.

Re-start modem atau router

Telah re-start netbook atau handphone, tapi akses internet tidak juga ada? Anda bisa teruskan ke cara seterusnya dengan re-start modem atau router. Masing-masing provider memiliki proses untuk lakukan cara ini . Maka sebaiknya Anda mengecek dahulu langkah re-start modem atau router saat hadapi WiFi terhubung tetapi tidak dapat internet.

Jika modem atau router berasa panas, biarkan dahulu sampai dingin. Masalahnya peningkatan temperatur pada piranti terkadang mengusik perform elemen dalam piranti. Kemudian, hidupkan kembali modem atau router WiFi untuk dipakai kembali.

Aktifkan mode pesawat

Airplane model atau model pesawat tidak cuman bermanfaat untuk memakai netbook dan handphone saat Anda ada dalam pesawat terbang. Aktifkan model itu sebagai salah satunya trick yang telah umum digunakan untuk memancing akses internet agar tersambung kembali ke piranti. Tidak ada kelirunya coba jika Anda memperoleh pesan no internet akses.

Pada langkah ini, Anda dapat re-start dahulu netbook atau handphone. Selanjutnya, hubungkan ke jaringan WiFi dan aktifkan model pesawat sepanjang beberapa menit, lalu matikan. Hubungkan kembali ke WiFi untuk ketahui hasilnya.

Masukan ulangi sandi WiFi

Ada saatnya kekeliruan kecil seperti salah masukkan sandi membuat akses internet lenyap dari piranti. Ini kerap dirasakan beberapa orang yang tidak aktifkan pilihan auto connected. Namun, karena beberapa faktor tertentu, terkadang provider WiFi minta Anda memasukkan ulangi sandi saat sebelum menyambungkan akses internet pada piranti.

Anda bisa juga memutuskan sementara penataan WiFi dengan pilih pilihan Forget WiFi pada netbook atau handphone. Selanjutnya, sambungkan kembali dengan masukkan sandi yang telah dipakai atau yang baru.

Tukar penataan tanggal dan waktu

Salah satunya factor pemicu yang dilalaikan sebagian orang saat sebelum tersambung dengan internet ialah penataan tanggal dan waktu. Anda harus pastikan infonya sama sesuai timezone atau waktu lokal rumah. Jika netbook atau handphone masih memakai tanggal dan saat yang tidak pas dengan timezone, Anda tidak bisa terhubung internet.

Untuk Indonesia, Anda dapat mengganti penataan tanggal dan waktu ke UTC 07:00 atau GMT+7 yang meliputi daerah Jakarta, Bangkok, dan Jakarta. Tetapi, Anda juga dapat menggantinya dengan manual ingat Indonesia punyai tiga timezone berlainan.

Kerjakan reset pada piranti

Bila WiFi tersambung di piranti lain selainnya netbook atau handphone Anda, ada peluang permasalahan berada pada gawai yang dipakai. Netbook atau handphone yang telah kelamaan dipakai tentu alami pengurangan perform pada elemen dalam, khususnya jika jarang-jarang dipiara secara baik.

Anda dapat ambil langkah reset yang hendak kembalikan penataan pabrik pada netbook atau handphone. Awalnya, back up beberapa data penting ke piranti lain jika Anda tidak ingin kehilangan dokumen atau file yang lain.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.