Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Tidak Berfungsi

Keyboard Laptop sebagai salah satu komponen laptop yang cukup rawan mengalami kerusakan. Misalnya, tombol yang keliru memasukkan karakter, tidak berfungsi sebagian, sampai tidak berfungsi semuanya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tak perlu tergesa-gesa membeli keyboard baru seperti keyboard USB. Kita perlu mencoba melakukan perbaikan terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Umumnya untuk memperbaiki keyboard yang Tidak Berfungsi, kita harus ketahui lebih dulu penyebabnya, seperti tersiram air, terkena debu, atau yang lain. Tetapi sayangnya kadang keyboard laptop terkadang error secara tiba-tiba tanpa diketahui secara pasti penyebabnya. 

Apabila sudah demikian, secara otomatis kita harus mencoba langkah-langkah perbaikan darurat sembari memprediksi penyebab Keyboard yang Tidak Berfungsi.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak berfungsi yang dapat kita lakukan di rumah sebelum memutuskan untuk membawa ke tempat service.

1. Restart Laptop

Me-restart laptop sebagai sakag saty cara pertama kali yang harus dicoba dilakukan saat sebelum melakukan tindakan lain. Me-restart laptop dapat memperbaiki  permasalahan pada sistem operasi secara langsung. Bila tidak dapat di-restart, kita bisa menekan tombol power selama beberapa detik sampai laptop itu mati. Bila setelah di-restrat permasalahan tidak teratasi, silahkan coba langkah-langkah selanjutnya.

2. Periksa Num Lock

Keyboard yang tidak berfungsi khususnya untuk huruf abjad terkadang secara tidak tersengaja disebabkan oleh kita sendiri. Salah satunya yang paling biasa terjadi yaitu aktifnya Num Lock karena kita tekan kombinasi tombol tertentu. Saat Num Lock aktif, karakter yang keluar biasanya berbeda dengan tombol yang ditekan. Untuk mematikan Num Lock, tekan tombol Fn dan NumLk di keyboard secara bersamaan. Untuk beberapa model laptop, tekan Caps Lock dan NumLk juga dapat mematikannya. 

3. Permasalahan Driver

Permasalahan pada driver dapat mengakibatkan keyboard tidak berfungsi dengan baik. hal tersebut umumnya terjadi saat kita memasang software pihak ke-3 , terserang virus, dan lainnya. Untuk memeriksanya, silahkan buka Device Manager selanjutnya lihatlah bagian keyboard. Bila di situ ada tanda segitiga warna kuning, dipastikan driver keyboard mengalami permasalahan. Silahkan download driver terbaru di website produsen laptop. Langkah ini dapat kita lakukan bila keyboard tidak terdeteksi oleh laptop.

 4. Lakukan System Restore

Bila yakin jika keyboard tidak berfungsi dengan baik setelah memasang suatu program, coba untuk lakukan sistem restore. Caranya untuk Windows 8 dan Windows 7, buka Start Menu selanjutnya search Recovery. Dan untuk Windows XP click Start lalu All Programs lalu Accessories lalu Sistem Tools lalu Sistem Restore. Dengan melakukan sistem restore, laptop akan kembali pada kondisi saat sebelum menginstal program bermasalah tersebut. Beragam program yang diinstall setelah menginstal program memiliki masalah itu akan secara automatis hilang. Oleh karenanya, back up lebih dulu berbagai data yang perlu saat sebelum melakukannya.

5. Membersihkan Debu dan Kotoran

Salah satunya penyebab yang tersering mengakibatkan keyboard tidak berfungsi pada laptop adalah kotoran dan debu. Kotoran dan debu biasanya terselip di antara tombol keyboard hingga bisa menutupi elemen didalamnya. Makin tua laptop umumnya makin banyak juga kotorannya. Langkah paling mudah untuk membersihkan yaitu dengan memiringkan atau mengubah laptop sampai 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. Kita dapat memakai pembersih khusus untuk keyboard yang umumnya berbentuk vakum kecil untuk menyingkirkan debu.

Bila keyboard laptop tidak berfungsi karena tersiram air, kita harus bersihkan bagian dalamnya. Copotlah tombol-tombolnya dan bersihkan papan sirkuitnya dengan memakai kain lembut atau cotton buds yang sudah diberi sedikit alkohol. Melepas beberapa tombol pada keyboard memang lumayan susah dan memerlukan ketrampilan tertentu. Bila belum menguasainya, lebih baik untuk tidak melakukannya sebab bisa jadi justru akan menambah kerusakan pada keyboard laptop.

6. Lepas Battery Laptop

Jika ada banyak tombol di keyboard laptop yang tidak berfungsi, coba  lakukan reset. Dengan langkah ini biasanya keyboard yang tidak berfungsi akan kembali normal seperti sedia kala. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Shut down laptop.
  2. Lepaskan battery dan kabel adapter, lalu biarkan selama 1 menit.
  3. Tekan dan tahan tombol power selama 60 detik.
  4. Masukkan kembali battery.
  5. Nyalakan kembali laptop.

7. Konektor Lepas

Permasalahan keyboard yang tidak terdeteksi umumnya bisa ditangani dengan menginstal driver. Tetapi bila keyboard belum juga terdeteksi, kemungkinan ada permasalahan pada konektornya, seperti rusak, tertekuk, renggang, atau bahkan juga dapat sampai lepas. Untuk memperbaikinya, kita perlu membuka keyboard untuk menyambungkan kembali konektornya. Silahkan buka video panduan yang banyak tersebar di YouTube untuk ketahui cara melepas keyboard laptop. Tetapi bila tidak berani, jangan melakukannya supaya tidak ada kerusakan yang lebih parah.

8. Mengganti Keyboard Bawaan

Bila konektor keyboard di netbook tersambung namun tetap bermasalah, cara memperbaikinya adalah mengganti keyboard bawaan laptop. Langkah ini dapat menjadi jalan keluar terbaik untuk persoalan beberapa tuts keyboard yang tidak berjalan dengan baik. Untuk mengganti keyboard bawaan, kita dapat mencari keyboard di online shop dengan menuliskan type laptop itu. Misalkan, punya laptop ASUS X411MA dan beberapa tuts keyboard di laptop tidak berfungsi, kita cukup cari di online shop dengan keyword Keyboard ASUS X411MA.

Kemudian, kita tinggal membeli dan jika sudah silahkan pasang sendiri dengan buka laptop Bila tidak berani dan tidak ingin mengambil risiko, kita dapat mencari jasa penggantian keyboard laptop ke tempat servis tertentu. Apabila masih dalam periode garansi, sebenarnya dapat mengklaim garansi penggantian keyboard laptop ke toko tempat membelinya.

9. Gunakan Keyboard USB atau Wireless

Bila semua cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi di atas telah diupayakan tetapi tidak berhasil, kita harus membawa ke tempat service. Bila masih dalam periode garansi, biasanya kita tidak dikenakan biaya perbaikan. Tetapi bila garansinya telah hangus, kita harus bayar biaya service atau biaya pergantian unit keyboard baru.

Bila berasa harga service laptop terasa mahal, bisa menggunakan keyboard USB untuk sementara waktu. Keyboard external USB ini bisa digunakan langsung cukup dengan menghubungkannya ke port USB. Harganya lumayan murah pada kisaran Rp50.000. Bila kurang sreg dengan keyboard USB, kita dapat menggunakan keyboard wireless. Keyboard wireless berfungsi dengan menggunakan jaringan Bluetooth hingga lebih praktis dan tidak memakan tempat. 

10. Gunakan On-Screen Keyboard

Jika tidak sempat membeli keyboard USB, tapi benar-benar sangat membutuhkan keyboard untuk mengetik, coba untuk gunakan on-screen keyboard. Untuk menggunakannya bukalah Start > Program > Accessories > Accessibility, selanjutnya pilih On-Screen Keyboard. On-Screen Keyboard berfungsi seperti keyboard biasa.

Namun, kita harus mengoperasikannya dengan menggunakan mouse atau touchpad. Cukup menyulitkan memang, tapi sangat bermanfaat bila memerlukannya pada keadaan terdesak.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Metode memperbaiki keyboard laptop di atas hanya sebagian dari banyak cara yang dapat dicoba yang biasanya dapat diandalkan untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang tiba-tiba tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian

Ada banyak penyebab keyboard Laptop tidak berfungsi sebagian diantaranya yang umum adalah

  1. Driver tertentu tidak berjalan dengan normal
  2. Keyboard terkunci
  3. Keyboard error karena ketumpahan air
  4. Ada kotoran melekat di sela-sela keyboard
  5. Karet tuts (tombol) yang sudah agak rusak
  6. Komponen keyboard mengalami kerusakan
  7. Usia Laptop yang telah tua

Langkah Mengatasi Keyboard Laptop Tidak berfungsi Sebagian untuk menanganinya, di sini saya ingin mengulas cara memperbaiki keyboard Laptop tidak berfungsi sebagian tombonya.

1. Restart Laptop Anda

Dengan merestart Laptop dapat Anda lakukan untuk memperbaiki permasalahan Keyboard Laptop tidak berfungsi sebagian. Karena beberapa masalah keyboard Laptop tidak berfungsi, dapat terjadi karena efek tidak sengaja ter-disable atau dari aplikasi tertentu.

Selain dengan merestart Laptop, dapat juga dengan mematikan Laptop sementara, lepas baterainya selama beberapa saat, pasang kembali selanjutnya hidupkan.

2. Pastikan Keyboard Laptop Tidak Terkunci

Pastikan Keyboard Laptop Tidak Terkunci sangat penting. Kurang Lebih sama dengan sebelumnya, tetapi ini bukan karena terdisable (nonaktif) tetapi terlock (terkunci). Dampak atau efek terkunci di sini dapat ditemui di semua tombol keyboard, atau beberapa tombol saja. Hingga keyboard menjadi tidak berfungsi.

3. Periksa Tombol Numlock

Apa hubungannya tombol numlock dengan permasalahan ini? Sebenarnya sangatlah berkaitan. Saya dulu pernah, saat mengetik mendadak beberapa huruf keyboard Laptop, menjadi tidak berfungsi.

Pusing cari penyebabnya, beberapa saat selanjutnya, saya tidak menyengaja menonaktifkan tombol numlock, hasilnya jadi jalan kembali. Silahkan dicoba terdahulu.

4. Cek Aplikasi atau Driver yang Awal mulanya Terinstall

Sudah pernahkah Anda menginstal driver tertentu? Atau keyboard Anda punyai feature khusus, yang perlu diinstal driver dahulu?

Nach ini perlu di cek. Karena bisa menjadi salah satunya penyebab tombol keyboard Laptop tidak berfungsi sebagian. Caranya sederhana berikut ini:

Pertama, coba ingat apa ada driver yang sebelumnya diinstall?

Ke-2 , jika ada, silahkan hapus dahulu driver keyboard Laptop Anda.

Untuk cara hapusnya:

  1. Click Start
  2. Selanjutnya buka Control Panel
  3. Control Panel di Windows
  4. Masuk pada menu Uninstall Program
  5. Silahkan hapus programnya
  6. Check Aplikasi atau Driver Yang Sebelumnya Terinstall

Catatan: Coba menggunakan aplikasi seperti CCleaner untuk membersihkan sisa-sisa registry yang ada (Agar bersih).

5. Reinstall Driver Keyboard Laptop

Terdengar sama dengan sebelumnya, tetapi ulasan di sini adalah driver pada Device Manager, bukan driver aplikasi yang diinstal. Jadi, semua perangkat pada Laptop itu akan otomatis terdeteksi di Device Manager, dan disitu akan terinstall driver (bawaan) tertentu.

Dianjurkan untuk melakukan refresh pada driver tersebut. Caranya buka Device Manager (Melalui kolom search)

Buka pada pilihan keyboard >> Tentukan salah satunya (yang mana saja)

Lalu click up-date driver software.  Selanjutnya turuti saja beberapa langkah yang ada.

Catatan: prosesnya selesai, janganlah lupa untuk restart Laptop.

6. Pastikan Keyboard Laptop Tidak Tertukar

Tombol keyboard Laptop tertukar bisa juga membuat seakan-akan keyboard tidak dapat ditekan sebagian. Misalnya, saat huruf WASD terganti dengan tanda panah, apa yang terjadi? Yap, sepintas memang kelihatan tidak berfungsi. 

7. Bersihkan Keyboard Laptop Anda

Keyboard Laptop kotor, dapat mengganggu fungsi keyboard, dan dapat membuat beberapa (bahkan juga semua) tombol jadi sulit ditekan, atau mungkin tidak dapat ditekan sama sekali.

Coba dahulu bersihkan tombol Keyboard Laptop Anda menggunakan Kuas. Minimal supaya debu yang melekatnya hilang. Jika Anda telah menggunakan aplikasi Keyboard Tester, Anda dapat fokus ke tombol yang tidak jalan saja.

Sebetulnya di sini lebih direkomendasikan untuk melepas tombol yang errornya, selanjutnya membersihkan papan dibawah rubber (karet) keyboardnya. Akan Tetapi langkah ini kurang dianjurkan untuk Anda yang belum pernah melakukannya, karena jika salah, pengaitnya dapat terlepas dan tidak dapat terpasang kembali.

8. Cek Connector Keyboard Laptop

Di Laptop, ada satu konektor yang berfungsi untuk menghubungkan keyboard agar dapat berfungsi. Tidak jarang, jika konektor tersebut kotor, terlepas atau tidak pas. Dampaknya dapat membuat permasalahan keyboard Laptop jadi tidak berfungsi sebagian. Untuk memperbaikinya, kita harus memeriksa konektor itu, melepaskannya selanjutnya memasangnya kembali sampai betul-betul pas.

9. Servis Ganti Keyboard Laptop

Bila masalahnya berada di komponen dan Anda tidak dapat memperbaikinya sendiri, saya lebih merekomendasikan untuk membawa ke ahlinya. Misalnya seperti masalah pada konektor tadi, ini sebetulnya permasalahan sederhana (Bagi teknisi). Akan Tetapi tetap saja, jika belum berpengalaman, justru nanti dapat membuat keyboard jadi tidak dapat digunakan lagi.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error

Cara memperbaiki keyboard laptop error ini dapat muncul karena beberapa penyebab, bisa jadi karena keyboard laptop kotor dan hal yang lain. Karena itu, disini saya akan membagian tutorial cara untuk memperbaiki keyboard error untuk beberapa permasalahan yang sering terjadi.

1. Matikan dan Hidupkan Ulang Laptop

Hal yang harus kamu lakukan bila terjadi satu permasalahan pada laptop. Bila restart laptop tidak dapat dilakukan, kamu dapat menekan tombol power beberapa detik sampai laptop mati, selanjutnya hidupkan kembali laptopnya.

2. Bersihkan Keyboard

Terkadang tombol pada keyboard tidak dapat ditekan, penyebab  adalah keyboard laptop tidak dapat ditekan kemungkinan ada debu / kotoran pada sela-sela tombol keyboard. Cara mengatasinya cukup bersihkan celah - celah keyboard atau memakai keyboard vaccum cleaner.

3. Periksa NumLock

Untuk kasus yang ini terjadi saat kita tekan huruf tetapi keluar karakter yang berbeda. Saat kombinasi tombol NumLock dengan tombol lain ditekan, mengakibatkan karakter yang tampil jadi berlainan dengan yang ditekan.

Untuk mengatasi keyboard error yang disebabkan oleh kombinasi tombol NumLock, kamu dapat menekan tombol Fn dan NumLk secara bersamaan.Untuk beberapa laptop lain, gabungan tombol Caps Lock dengan NumLk dapat juga digunakan.

4. Periksa Driver Keyboard

Permasalahan pada driver juga bisa mengakibatkan keyboard tidak berfungi secara baik. Silahkan cek driver keyboardnya dengan membuat Device Manager. Untuk masuk ke Device Manager dapat masuk melalui menu search atau click kanan pada simbol computer di menu File Manager.

Bila pada driver keyboard ada simbol segitiga warna kuning, dapat dipastikan bahwa driver keyboard mengalami masalah. Silahkan download driver keyboard laptop yang sesuai perangkatnya di website resminya.

5. Periksa Setelan Input dan Bahasa

Bila dengan Fn + NumLk tidak sukses, lakukan ini bila karakter yang kamu tulis tidak sesuai dengan outputnya. Masuk ke Control Panel dan pilih Regional and Language Options. Selanjutnya pilih Keyboard and Languages -> Change Keyboards -> Advanced Key Settings.

Lalu pilih Between Input Languages, click Dalam menu Change Key Sequence. Nanti akan ada jendela baru, di bagian Switch Input Language dan Switch Keyboard Layout, centang menu Not Assigned.

Click OK untuk melanjutkan prosesnya. Bila semua langkahnya telah dilakukan, semestinya keyboard pada laptop dapat jalan seperti semula.

6. Terlepas Battery Laptop

Bila keyboard laptop masih mengalami error, coba Matikan laptop,  battery laptop dan biarkan beberapa saat, tekan tombol power selama 1 menit, pasang kembali battery laptopnya, lalu Nyalakan Kembali

7. Menggati Keyboard Laptop Bawaan

Jalan keluar paling ampuh untuk memperbaiki keyboard error adalah menggati keyboard bawaan. Untuk mengganti keyboard bawaan pastikanlah kamu harus mencari keyboard laptop yang serupa atau compitable dengan type laptopnya. 

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Mengetik Sendiri

Beberapa permasalahan keyboard error yang mengetik sendiri umumnya ditandai dengan permasalah sebagai berikut:

  • Tombol "/" mendadak mencet sendiri sehabis menekan tombol lain sebelumnya
  • Tombol "Backspace" terus menekan sendiri hingga keyboard menghapus teks yang ada secara otomatis
  • Huruf pada keyboard mengetik sendiri tanpa menekan tombol apapun

Nach, lantas bagaimanakah cara memperbaiki beragam permasalahan keyboard menekan tombol sendiri?

Cara #1: Jalankan Troubleshoot Keyboard

Windows, menyediakan fitur Troubleshoot untuk menangani berbagai permasalahan yang terjadi pada windows. Fitur troubleshoot berperan mengetahui permasalahan apa yang terjadi pada laptop atau komputer dan jalan keluarnya. Jika permasalahan itu muncul karena software yang bug atau glitch, fitur Troubleshoot bisa mengatasinya.

Tetapi bila permasalahan yang terjadi adalah kerusakan pada hardware, fitur ini tidak dapat mengatasinya secara langsung. Metode perbaikannya yaitu:

  1. Buka menu "Settings" melalui pencarian windows
  2. Scroll ke bawah, pilih menu "Update dan Security"
  3. Masuk ke tab "Troubleshoot", geser bawah dan mencari opsi "Keyboard"
  4. Pilih "Run the troubleshooter".
  5. Tunggu prosesnya, selanjutnya ikuti beberapa langkah yang diberikan sampai selesai.

Cara #2: Update Driver Keyboard

Apabila keyboard di laptop anda masih mengetik sendiri dengan menggunakan fitur Troubleshoot langkah pertama, bisa saja kesalahan itu memang disebabkan oleh driver yang bug atau memang belum optimal.

Dengan langkah awal di atas, umumnya kita direkomendasikan Windows 10 untuk meng-update driver keyboard. Bila anda belum coba langkah pertama atau disitu tidak diberi perintah untuk melakukan ini, Anda dapat meng-update driver keyboard dengan cara berikut :

  1. Pastikan Anda telah terhubung dengan internet
  2. Buka menu Device Manager melalui pencarian windows.
  3. Di sini Anda akan mendapati Driver yang terinstal pada Hardware laptop Anda. Pilih  "Keyboard".
  4. Click panah ke samping lalu click kanan pada "Standard PS/2 Keyboard", pilih "Update Driver".
  5. Pilih "Search automatically for updated driver software"

Secara otomatis, windows akan cari up-date driver keyboard laptop Anda. Namun, kadang dengan fitur ini windows tidak menemukan driver terbarunya, oleh karenanya Anda dapat coba memperbaharuinya secara manual. Bagaimana metodenya?

  1. Download driver terbaru dari keyboard anda. Caranya tuliskan kata kunci penelusuran "driver keyboard laptop asus seri...."
  2. Lakukan seperti cara ke 2-4 di atas.
  3. Pilih "Browse my computer for driver software"
  4. Pilih lokasi di mana driver yang telah Anda download tadi dengan tombol browse.
  5. Click "Next", tunggu proses instal sampai selesai.
  6. Restart Laptop

Cara #3 : Matikan Fitur Sticky Keys

Anda menggunakan laptop orang lain, atau Anda baru saja membeli laptop dari orang lain bisa jadi pengguna saat sebelum Anda mengaktifkan fitur Sticky Keys. Fitur sticky keys berperan untuk mengganti kegunaan dari sebuah tombol.

Hingga bila Anda menekan tombol itu, kemungkinan hasilnya tidak sesuai. Metode atau cara mengatasinya :

  1. Buka "Control Panel"
  2. Ganti tampilannya lebih dulu ke "Small icons" di sudut atas kanan
  3. Pilih "Ease of Access Center"
  4. Pilih "Make the keyboard easier to use"
  5. Hilangkan tanda cheklist pada "Turn on Sticky Keys" selanjutnya pilih "Setting Sticky Keys " dibawahnya.
  6. Hilangkan semua pertanda cheklist yang ada lalu click Apply dan OK

Cara #4 : Bersihkan Debu/Kotoran di Bawah Keyboard

Bagian bawah tombol keyboard sebagai bagian yang susah untuk dibersihkan. Hingga saat telah lama dipakai, kotoran berbentuk debu makin banyak terkumpul didalamnya. Debu-debu itu tanpa anda ketahui bisa memenuhi bagian bawah tombol, hingga tombol di keyboard seolah tertekan tanpa sepengetahuan kita.

Langkah ini harus anda kerjakan secara sangat hati-hati. Bila Anda masih pemula atau takut jika kerusakan semakin parah, saya tidak merekomendasikan Anda untuk melakukannya sendiri. Berikut langkah membersihkan bagian bawah keyboard yang benar :

  1. Gunakan obeng gepeng memiliki ukuran kecil untuk memudahkan dalam melepas tombol yang rusak.
  2. Angkat tombol itu dengan obeng gepeng secara perlahan-lahan
  3. Bersihkan sisi bawah tombol  menggunakan cotton bud, atau bila anda mempunyai vacum cleaner khusus keyboard gunakan saja.
  4. Bila sudah bersih, tutup / pasang lagi tombol itu sampai mengeluarkan bunyi click.

Untuk langkah lebih detail, silakan membuka di Youtube mengenai langkah membersihkan keyboard laptop. Tipe keyboard pada laptop berbeda, samakan dengan laptop Anda sendiri.

Cara #5 : Pakai Keyboard Eksternal

Jika semua cara di atas belum berhasil menangani permasalahan keyboard yang mencet sendiri, Cara paling akhir yang bisa dilakukan adalah menukar keyboard laptop dengan keyboard external yang umum dipakai pada komputer atau personal komputer.

Banyak sekali produk-produk keyboard external dengan harga terjangkau, Anda dapat mendapatkannya di online shop atau offline.

Untuk menggunakan keyboard eksternal, Anda harus menonaktifkan keyboard internal lebih dulu supaya tidak tampil kembali tombol-tombol yang menekan sendirinya. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka "Device Manager"
  2. Pilih menu "Keyboard", tekan panah kesamping
  3. Click kanan pada keyboard bawaan laptop Anda "Standard PS/2 Keyboard" pilih "Uninstall device"
  4. Matikan laptop Anda lalu hubungkan keyboard external, nyalakan laptop seperti biasanya.

Setelah Anda meng-uninstall keyboard bawaan laptop, karena itu keyboard bawaan itu tidak berfungsi lagi, Anda hanya dapat menggunakan keyboard external.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak Dengan Software

Untuk memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak sebenarnya tidak cara memperbaikinya menggunakan software sepanjang pengetahuan saya pribadi. Software ataupun program aplikasi hanyalah dapat digunakan untuk mengidentifikasi atau mengecek bagian mana saja dari komponen keyboard yang mengalami kendala atau kerusakan. 

Dimana pada umumnya kerusakan keyboard adalah diakibatkan karena adanya salau satu atau beberapa komponen keyboard yang bermasalah, bisa karena adanya komponen yang sudah aus karena usia pemakaian yang sudah mendekati batas maksimal penggunaan (umur) suatu komponen atau karena adanya kerusakan yang diakibatkan oleh hal lain diluar batas maksimum penggunaan (umur) komponen itu sendiri sepertinya contohnya terjadinya sort pada komponen akibat adanya tegangan atau arus yang masuk tidak sesuai standar (arus turun drasti/kelebihan daya) atau rusak karena ganggungan benda asing seperti terkena air atau benturan benda keras. 

Ada kemungkinan Keyboard Laptop yang rusak dapat diperbaiki dengan software yang dalam pembahasan banyak dikaitkan dengan Driver. Namun menurut saya sebenarnya kurang tepat apabila dikatakan Driver itu dapat memperbaiki kerusakan, karena sebenarnya secara fisik mungkin komponen keyboard tersebut tidak ada kendala atau masalah hanyalah karena tidak adanya driver sehingga menggunggu koneksi antara keyboard dengan hardware lain. Jadi bisa disimpulkan bahwa Keyboard bisa saja dikatakan tidak rusak, namun hanya terkendala atau terjadi ganggungan software. 

Namun apabila ternyata argument saya ini tidak tepat atau bahkan cenderung salah, silahkan tuliskan argumen atau tanggapan kalian di kolom komentar. Agar kita dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan kita bersama melalui postingan ini. 

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop rusak dan atau tidak berfungsi sebagiamana mestinya. Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat, apabila postingan ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke media sosial agar teman-teman kita yang mungkin membutuhkan penjelasan mengenai cara memperbaiki keyboard mendapatkan solusi yang mereka butuhkan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.