Penangguhan Pembayaran BPJS, Berikut Solusinya!

Singkat cerita sudah lama saya tidak mendapatkan Job Jasa Pendaftaran BPJS, nah beberapa hari yang lalu ada salah satu user yang datang dan meminta tolong untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS. Terakhir kali saya mendaftarkan pelanggan yang ingin menjadi peserta BPJS melalui WhatsApp Pandawa.

Namun ternyata setelah saya coba pendaftaran BPJS melalui WhatsApp pandawa sepertinya sudah tidak berlaku lagi. Berulang kali saya coba reques pendaftaftaran tidak ada respon, maka dari itu saya coba beralih melakukan pendaftaran BPJS melalui Aplikasi JKN Kis.

Setelah selesai melakukan pendaftaran muncul masalah baru yaitu ada notifikasi Penangguhan Pembayaran, disini saya mulai bingung kenapa bisa terjadi Penangguhan Pembayaran padahal saya belum melakukan pembayaran?



Setelah saya coba berulang kali melakukan pembayaran melalui Alfa Mart dan gagal. Akhirnya saya mulai berfikir panjang dan ingat bahwasannya sebelumnya setiap selesai melakukan pendaftaran pembayaran tagihan BPJS dibayarkan 14 hari kemudian terhitung sejak tanggal pendaftaran.

Alhamdulillah ternyata benar, setelah menunggu 14 hari kemudian saya coba melakukan pembayaran di Alfa Mart langsung berhasil tanpa ada kendala apapun. Jadi disini dapat disimpulkan bahwa masalah Penangguhan Pembayaran BPJS terjadi karena memang belum saatnya untuk melalukan pembayaran bagi peserta yang baru saja terdaftar.

Pembayaran tagihan BPJS bagi peserta baru dapat dilakukan setelah 14 hari terhitung sejak tanggal pendaftaran dan setelah dilakukan pembayaran tagihan untuk pertama kalinya status kepesertaan BPJS akan langsung aktif dan bisa digunakan.

Untuk melihat Kartu BPJS melalui Aplikasi JKN Kis, silahkan lakukan pendaftaran dengan membuat akun Pendaftaran Pengguna Mobile. Setelah berhasil membuat akun dan masuk ke dashboard akun Pengguna Mobile Aplikasi JKN Kis pilih menu icon kartu di area bawah maka akan ditampilkan Kartu BPJS seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:

Untuk mendownloadnya silahkan klick Opsi Kirim Email, namun nantinya file yang dikirim tidaklah sama dengan tampilan kartu di atas, melainkan hanya informasi nomor rekening tagihan pembayaran.

Untuk mendapatkan Kartu BPJS silahkan tunggu kurang lebih 2 - 4 minggu kemudian. Biasanya kartu BPJS akan dikirim via POS. Namun apabila setelah menunggu kurang lebih 1 bulan kartu BPJS tidak kunjung datang anda bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat dengan tempat tinggal Anda atau bisa juga mencetak sendiri di percetakan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.