Tips Keamanan Server VPS, Berikut Caranya

Saat membuat sebuah Website Platform WordPress, tentunya kita membutuhkan yang namanya paket Hosting, sementara saat ini sudah banyak penyedia layanan web hosting di Indonesia dengan berbagai pilihan paket hosting. Hal tersebut tentunya akan membuat kita bingung harus memilih paket hosting yang mana.  Dimana setiap hosting memiliki fitur dan keunggulan tersendiri dan salah satu pilihan paket hosting terbaik saat ini adalah Virtual Private Server atau lebih familiar disebut VPS.

Menjaga Keamanan Server VPS merupakan suatu hal yang sangatlah penting bagi Anda yang berkecimpung dan berprofesi sebagai soerang Blogger.  Dimana apabila kita menyepelekan dan menganggap VPS itu tidak penting hal tersebut sangatlah beresiko terhadap keamanan server VPS yang mudah untuk dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Namun sebelum membahas bagaimana cara menjaga keamanan Server VPS, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari Server VPS itu sendiri. 

Apa Itu Server VPS? 

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server yang merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan paket layanan web hosting yang didukung teknologi virtualisasi dimana VPS menyediakan resourse khusus (pribadi) di sebuah server meskipun digunakan oleh multi user sehingga performa dari website tidak terpengaruh oleh user lainnya.

Umumnya pemilik sebuah webiste menggunakan VPS adalah untuk mengcover traffic webistenya yang sudah mencapai jumlah traffic yang tinggi, bahkan sudah mencapai ambang batas penggunaan yang direkomendasikan shared hosting . Maka dari itu VPS dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengcover kebutuhan yang sesuai pada suatu kondisi dimana kamu belum membutuhkan resource dari server dedicated.

Apa Fungsi VPS?

Setelah memahami pengertian apa itu VPS, mari kita bahas mengenai fungsi dari VPS yang wajib untuk kita ketahui. Berikut ini beberapa fugnsi dari VPS berikut penjelasan singkatnya. 

1. Web Hosting

VPS merupakan salah satu tempat untuk menyimpan data dan file webiste secara aman  dengan sumber daya yang tepat bagi webiste dengan lalu lintas traffic pengunjung yang tinggi.

2. Game Server

Selain berfungsi sebagai Web Hosting, VPS juga dapat digunakan sebagai game server. Dengan VPS kita dapat dengan leluasa melakukan beragai hal yang berkaitan dengan kebutuhan akan game online seperti menginstall game, membuat sesia bermain, membuat koleksi game khusus dan lain sebagainya. 

3. Layanan VPN

VPS dapat digunakan sebagai sebagai tempat untuk membuat VPN secara mandiri  yang memungkinkan kita dapat mengelola dan menyimpan data secara aman tanpa campur tangan pihak ketiga. 

4. Mengembangkan dan Menguji Aplikasi

VPS dapat digunakan untuk keperluan dan kebutuhan install tools dalam proses pengembangan aplikasi mulai dari aplikasi desktop, website, dan seluler yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat pengujian aplikasi sebelum dipublikasikan.

5. Backup Data

Salah satu manfaat dari VPS yang tidak kalah penting adalah dapat digunakan sebagai tempat untuk  backup data server untuk meminimalisir kehilangan data karena file corrup, tidak sengaja terhapus, kesalahan konfigurasi atau terjadi pembobolan data. 

Kapan Perlu Menggunakan VPS?

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan VPS adalah ketika webiste yang anda kelola telah mencapai batas yang direkomendasikan dalam penggunaan paket resource sharet hosting. Selain dari pada itu ada faktor lain yang mengharuskan kita menggunakan VPS hosting dari awal memulai membangun sebuah website, contohnya saja Webiste eCommerce yang membutuhkan server VPS agar dalam proses setting metode pembayaran online bisa menjadi lebih aman dan nyaman serta cepat dengan tingkat kemanan yang tinggi dari resiko pencurian data account. 

Server VPS juga cocok untuk digunakan pada website dengan traffic tinggi pada jangka waktu tertentu, seperti webiste penjualan tiket online, webiste server game yang membutuhkan resource besar dengan performa yang lebih baik yang dapat dipenuhi dengan VPS hosting. 

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Kelebihan VPS

Dari penjelasan singkat di atas tentunya kita sudah mulai memahami manfaat dan kelebihan server VPS diantaranya yaitu: 

  1. VPS dapat diandalkan akan kecepatannya bila dibanding server shared hosting, dengan adanya jaminan resource server.
  2. Adanya akses superuser (root) ke server VPS. Ketika terjadi masalah pada website dan traffic website pengguna lain, Website kita tidak akan terganggu dan terpengaruh karena kita dapat menjaga kestabilan dengan baik secara mandiri. 
  3. Tersedianya layanan yang mudah di-scale, yang memungkikan kita untuk dapat mengupgrade resource server (CPU, bandwidth, RAM, disk space dan lainnya. Sehingga mampu memaksimalkan kinerja website menjadi lebih baik dan power full yang memungkinkan mendatangkan banyak pengunjung.

Kekurangan VPS

Meskipun VPS memiliki banyak sekali kelebihan yang menarik bila dibandingkan Server Shared Hosting, ternyata VPS juga memiliki kekurangan yang perlu kita ketahui sebagai berikut:

  1. Harga VPS adalah relatif lebih mahal dibandingkan shared hosting dimana ada harga disitu ada kualitas yang berkaitan dengan fitur dan pelayanan didapatkan. 
  2. Kesalahan dalam konfigurasi server dapat mendatangkan risiko keamanan yang cukup besar. Maka dari itu kita harus teliti dan hati-hati dalam menjaga keamanan server.
  3. Mengharuskan kita memiliki pengetahuan teknis agar server dapat dikelola dengan baik.

Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Berikut ini beberapa Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS untuk pemula yang bisa coba kalian praktikkan: 
  1. Tetapkan Kata Sandi yang Kuat dengan membuat kata sandi yang rumit namun tetap mudah untuk diingat gunakan kombinasi huruf, angka dan symbol apabila memungkinkan. Jangan menggunakan kombinasi kata sandi yang umum digunakan oleh orang lain.
  2. Rutin untuk Cek dan Memperbaharui Sistem Operasi. Salah satu Langkah yang mudah untuk diterapkan untuk meningkatkan kemanan server VPS adalah dengan mengupdate System Operasi secara berkala, dimana pada setiap Update System Operasi baru dilengkapi dengan peningkatan system keamanan terbaru untuk mencegah pembobolan.
  3. Update Software Secara Berkala. Saat tersedia Uptade Software terbaru segera lakukan pembaharuan untuk meminimalisir Bug, meningkatkan performa software dan mendapatkan fitur-fitur tambahan yang menarik.
  4. Kontrol Akses Pengguna Server VPS dengan membatasi akses yang didistribusikan untuk mencegah pengaruh penggunaan resources dan melindungi data yang sensitive.
  5. Non-aktifkan Login Root untuk mencegah peretas menggunakan metode brute force
  6. Pantau Log Server secara Rutin. Untuk memantau server dapat dilakukan dengan mencatat peristiwa tertentu seperti kegagalan autentikasi, gagal unggah, dan beberapa kesalahan teknis lainnya.
  7. Gunakan Anti-Virus untuk melindungi server terserang Malware dan mendeteksi aktivitas yang tidak wajar serta memfilterfile-file yang tidak diinginkan.
  8. Non-aktifkan Port Jaringan yang Tidak Diperlukan. Biasanya para peretas menggunakan celah jaringan port yagn terbuka dan layanan lainnya yang tidak digunakan. Gunakan perintah chconfiq untuk menonaktifkan layanan yang tidak diperlukan dan iptables untuk menutup port terbuka yang tidak digunakan.
  9. Aktifkan Firewall. Dengan mengaktifkan Firewall kita dapat membatasi trafik yang tidak dikehendaki pada sever VPS, memblokir IP tertentu, menutup port yagn tidak digunakan dan melindungi server dari cyber attack.
  10. Prioritaskan Backup. Dengan membuat backup kita dapat menghindari resiko kehilangan data yang dapat merusak reputasi yang sudah dibangun dengan baik.
  11. Gunakan Rootkit Scanner untuk menghindari makware Rootkit menyerang dan mengambil alih kendali server yang tidak dapat dideteksi oleh layanan anti-malware standar
  12. Gunakan SSL (Secure Socket Layers) untuk menjaga kemanan data yang sensitive.
  13. Gunakan Perlindungan Server Imunify360 yang merupakan aplikasi pemindai malware Linux yang dapat digunakan untuk memantau dan menghapus malware serta memantau aktivitas mencurigakan. 
  14. Aktifkan Two-Factor Password Authentication. Dengan mentaktifkan Two Factor Pasowrd Authencitation kemanan server akan lebih terjaga, dimana apabila ada percobaan login dari perangkat yang tidak biasa digunakan maka diharuskan untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke email atau nomor handphone pemilik, atau bisa juga menggunakan Google Autencitator.
  15. Gunakan VPS Hosting yang Tepat dimana tidak semua penyedia hosting mempunyai reputasi yang baik terkait prioritas layanan keamanan server

Kesimpulan

Dari uraian yang cukup panjang di atas dapat disimpulkan bahwa VPS merupakan salah satu pilihan alternatif hosting sebagai tempat menyimpan file besar dan juga menjadi alternatif layanan yang cocok untuk kita yang membutuhkan web sever dengan traffic website yang tinggi. 

Apabila kalian tertarik menggunakan VPS, kalian bisa mendapatkan Cloud VPS Murah dari NiagaHoster. Ada beberapa pilihan layanan VPS yang menarik untuk dicoba: 

  1. VPS KVM Indonesia: Virtualisasi KVM yang mendukung resource terdedikasi untuk performa website lebih optimal direkomendasikan untuk hosting dan testing aplikasi.
  2. CloudVPS Hosting: Untuk berbagai kebutuhan resource besar, kemudahan pengelolaan, dengan harga terjangkau Direkomendasikan untuk website dengan traffic tinggi.
  3. CyberPanel VPS Hosting: layanan VPS dengan panel khusus dengan panel CyberPanel yang simpel dan fitur-fitur yang ramah pengguna
  4. VPS cPanel: layanan VPS dengan panel khusus dari cPanel disertai lisensi WHM untuk mengelola beberapa akun hosting sekaligus

Bagaimana, Apakah kalian tertarik menggunakan VPS dari Niagahoster? Segera kunjungi NiagaHoster, dapatkan kemananan sever dan dukungan fitur-fitur terbaik yang menarik dari Niagahoster!


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.