Cara Ganti Nomor HP Akun BPJS Kesehatan

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh Peserta BPJS Kesehatan yang diperoleh dari bantuan pemerintah adalah tidak dicantumkannya Nomor HP pada akun kepesertaan BPJS Kesehatan. Dimana ketika kita sebagai peserta BPJS Kesehatan bantuan dari pemerintah tidak bisa mendownload Kartu BPJS Digital di Aplikasi JKN saat Kartu BPJS hilang atau ingin mencetak ulang Kartu BPJS melalui Download Kartu BPJS di Aplikasi JKN akan muncul notifikasi seperti tampak pada Screenshot di bawah ini:

No. Handphone yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data di BPJS Kesehatan. No Handphone Anda terdaftar di BPJS kesehatabn adalah:

Kendala ini juga berlaku bagi Anda yang mendaftarkan BPJS tidak menggunakan Nomor Handphone Pribadi dan menggunakan Nomor Handphone lain atau Nomor Handphone yang Anda gunakan sudah tidak Aktif maka secara otomatis Anda akan dihadapkan pada kendala tersebut di atas.

Untuk mengatasi masalah Nomor Handphone Kosong atau sudah tidak Aktif dan ingin mengganti Nomor Handphone pada Akun BPJS Kesehatan berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama-tama silahkan Hubungi Pandawa BPJS Online via WhatsApp di Nomor: 0811-8165-165. Ketikkan saja kata "DAFTAR" maka secara otomatis akan muncul Link Form Pendaftaran. Klick Link tersebut maka kita akan diarahkan pada halaman seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:

Silahkan Pilih OPSI MENU PERUBAHAN/PERBAIKAN DATA lalu Pilih NOMOR HANDPHONE. Maka akan muncul Form seperti tampak pada sreenshot berikut ini:


Silahkan isi Data Nomor BPJS, NIK, Nomor KK, Nama Lengkap, dan Nomor Handphone Baru kemudian Upload foto Selfie memegang KTP.

Konfirmasi Pengajuan Perubahan Nomor Handphone Akun BPJS dengan Ceklist Persetujuan dan Klick Submit

Kemudian secara otomatis kita akan mendapatkan pesan whatsapp berisikan informasi Nomor Tiket Pelayanan.

Silahkan tunggu proses perubahan Nomor Handphone Akun BPJS Kesehatan, apabila prosesnya sudah selesai maka kita akan mendapatkan pesan seperti tampak pada screenshot di bawah ini:

Sampai disini kita sudah berhasil mengajukan perubahan nomor handphone Akun BPJS Kesehatan, langkah selanjutnya adalah menggunakan nomor handphone baru yang didaftarkan untuk pembuatan Akun di Aplikasi JKN BPJS kesehatan.

Itulah tadi langkah-langkah mengganti Nomor Handphone Akun BPJS Kesehatan bagi Anda yang terdaftar sebagai peserta BPKS Kesehatan bantuan pemerintah, atau Anda yang ingin mengganti Nomor Handphone di Akun BPJS karena tidak menggunakan Nomor Handphone Pribadi atau Nomor Handphone sudah tidak Aktif.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.