Cara Inbound dan Outbound Paket COD Agen Shopee

Alhamdulillah singkat cerita di bulan September 2022 yang lalu saya mendapatkan penawaran menarik dari Tim Shopee untuk menjadi salah satu Shopee Agen terpilih. Tanpa berfikir panjang saya pun tidak menyianyiakan kesempatan tersebut, saya terima penawarannya dan di Bulan Oktober ini status Shopee Agan saya sudah aktif.

Agen Shopee adalah sebuah tipe layanan pengiriman paket yang dibeli di Aplikasi Shopee dengan metode Pengambilan Paket secara Mandiri, di mana Pembeli dapat mengambil paket secara langsung di Agen Shopee terpilih yang ada di area lokasi tempat tinggalnya. Kita bisa mendapatkan keuntungan tanpa modal sebagai Pemilik Agen Shopee hanya dengan menjadi tempat penerimaan dan pengambilan paket, di mana Kita akan mendapat keuntungan berupa komisi per paket yang diambil oleh Pembeli.

Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara Inbound (Penerimaan) dan Outbound (Penyerahan) Paket COD mulai dari penerimaan paket Reguler dan COD dari Kurir Shopee Express, penyerahan kepada penerima paket, dan penyetoran Dana COD ke Pihak Shopee.

Berikut ini langkah-langkah Inboud dan Outbound paket Shopee Agen:

Langkah Pertama, saat kurir datang dan menyerahkan paket dari user shopee yang menggunakan jasa Shopee Agen kita adalah menandatangani bukti serahterima paket yang dibawa oleh Pihak Kurir.

Langkah Kedua, setelah penyerahan paket dari kurir kepada shopee agen selesai, maka kita sebagai pihak Shopee Agen harus menscan Resi Paket satu-persatu  untuk update status pengiriman paket sudah sampai ke Agen Shopee tujuan. Buka Aplikasi Service Point, kemudian Tekan Opsi menu Pengambilan Mandiri (Icon Gambar Motor), selanjutnya lakukan scan resi paket satu persatu sampai dengan selesai

Langkah Ketiga, Hubungi satu persatu User Shopee pemilik paket melalui Pesan WhatsApp agar segera mengambil paket dan jangan lupa untuk menginfokan bahwa pengambilan paket harus menggunakan PIN, Jadi User Shopee yang hendak mengambil Paketnya harus bisa menunjukkan PIN pengambilan Paket yang bisa dilihat pada Rincian Status Pesanan Aplikasi Shopee di Hanpdhonenya.

Tanpa menunjukkan PIN, Agen Shopee dilarang untuk menyerahkan paket, PIN akan secara otomatis muncul di Rincian Status Pesanan saat Shopee Agen berhasil melakukan Proses Inbound.

Saat User Shopee ingin mengambil paketnya dan menunjukkan PIN, Tekan Opsi menu Outbound (Icon Pengambilan Mandiri). Masukkan PIN dan Scan kembali Nomor Resi Paket, untuk selanjutnya serahkan paket kepada penerimanya.

Khusus untuk paket COD, setalah menginput PIN dan Scan Nomor Resi maka akan muncul Nominal COD, minta uang COD dari penerima paket lalu masukan Nominal Uang yang dibayar dan konfirmasi penyerahan paket.

Langkah Setoran Dana Paket COD Shopee Agen

Berikut ini langkah-langkah setoran Dana Paket COD yang harus dilakukan oleh Shopee Agen setelah paket dibayar dan diambil oleh user shopee dan lewat satu hari dari pengambilan paket. Misalnya seperti ini: Paket diambil pada hari Senin, maka untuk penyetoran dana COD bisa lakukan di Hari Selasa, jangan lakukan penyetoran paket COD dihari yang sama pada saat penyerahan paket ke User Shopee.

Langkah Pertama, Buka Aplikasi Service Point, Tekan Menu Profil di sudut Kiri atas, lalu Pilih Opsi Menu Transaksi Belum dibayar harian

Pilih tanggal hari sebelumnya, contohnya disini saya akan melakukan penyetoran paket COD tertanggal 23 Oktober 2022, Pilih tanggal lalu Konfirmasi.

Muncul Nominal COD yang harus disetorkan sesuai tanggal, Nominal dana yang disetorkan adalah pertanggal bukan pertransaksi. Perhatikan Screenshot di bawah ini, nominal yang harus disetorkan pertanggal 23-10-2022 adalah Rp. 774.103,-

Langkah kedua, Lakukan transfer dana ke Rekening PT. NUSANTRA EXPRESS KILAT sesuai nominal COD pertanggal yang akan dibayar, jangan sampai salah input nominal ya, karena akan memperlambat proses verifikasinya. Untuk transfer dana bisa melalui Aplikasi Mobile Banking atau Dompet Online seperti Dana, OVO, LinkAja atau bisa juga melalui ShopeePay.

Langkah Ketiga, Pada saat transfer dana jangan lupa untuk sreenshot bukti Transfer dana COD, upload Screenshot Bukti Transfer melalui Opsi Proff of Transfer (Tekan area Nominal Transfer pertanggal disebelah kanan tertulis Proff) pada aplikasi Service Point. Konfirmasi setelah berhasil mengupload Bukti Transfer Dana COD.

Langkah Keempat, untuk langkah ini tidak wajib namun sangat saya rekomendasikan, silahkan laporkan penyetoran dana COD Paket melalui Link berikut: Pelaporan Upload Pembayaran COD Agen Shoope.

Langkah Kelima, pantau status penyetoran Dana COD apakah sudah diverikasi atau belum, caranya pada Aplikasi Service Point Pilih Opsi menu Riwayat Transaksi, lalu Pilih Tanggal dana COD yang disetorkan, konfirmasi

Penyetoran dana COD Agen Shopee yang belum dikonfirmasi (dianyatakan sukses) akan bersetatus Pending, dan apabila sudah sukses maka statusnya akan berubah menjadi Diambil Pembeli.

Dibawah ini adalah contoh Screenshot bukti Transfer penyetoran Dana COD melalu ShopeePay yang saya upload/lampirkan.

Itulah langkah-langkah Inbound dan Outboud Paket Reguler dan COD Agen Shopee sekaligus panduan bagaimana cara penyetoran Dana COD Agen Shopee. Semoga dapat membantu teman-teman yang baru menjadi Agen Shopee ya!...


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.