Pengertian, Syarat dan Cara Membuat NPWP Online

Salah satu dokumen yang sering dipersyaratkan dalam kelengkapan berkas persyaratan melamar pekerjaan, pengajuan pinjaman kredit, pembayaran/pencairan dana, dan keperluan pemberkasan lainnya adalah NPWP baik itu berupa soft copy ataupun hardcopy-nya. Lalu Apa itu NPWP?

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Syarat Pembuatan NPWP Online

Untuk dapat memperoleh Tanda Pengenal Diri atau Indentitas Wajib Pajak ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan NPWP baik secara offine dengan datang langsung ke kantor Cabang NPWP terdekat atau pendaftaran NPWP secara online yaitu:

  1. Berusia 18 Tahun
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Nomor Handphone Aktif
  4. Email Aktif
  5. Surat Pernyataan Menghendaki Menjalankan Kewajiban Perpajakan Terpisah (Bagi Istri yang ingin membuat NPWP)
  6. Buku Nikah (Bagi Istri yang ingin membuat NPWP)
  7. NPWP Suami (Bagi Istri yang ingin membuat NPWP)

Cara Membuat NPWP Secara Online

Untuk proses pembuatan NPWP dapat dilakukan secara offline dengan datang langsung ke Kantor Cabang NPWP terdekat atau dapat juga secara online dari rumah. Dengan adanya fitur pendaftaran NPWP online tentunya sangat memudahkan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil yang umumnya jauh dari jangkauan Kantor Cabang NPWP dan berikut ini langkah-langkahnya: 

  1. Siapkan email aktif, apabila Anda belum memiliki email, buatlah email terlebih dahulu
  2. Siapkan Kartu Keluarga
  3. Siapkan Nomor Handphone yang Aktif
  4. Buka Halaman Website Pendaftaran NPWP Online
  5. Masukkan Email dan kode Chaptcha Lalu Klick Daftar
  6. Buka Link Verifikasi Langkah ke-2 di Inbox Email
  7. Pilih Jenis WP : Orang Pribadi atau Istri yang Hendak Menjalankan Kewajiban Terpisah dari Suami
  8. Buat Password, Masukkan Nomor HP dan Request Kode OTP, masukkan Kode OTP yang diterima, Klick Validasi OTP
  9. Buat Pernyataan Pengamanan dengan memilih salah satu pertanyaan dan isi jawabannya
  10. Masukkan Kode Chaptcha, Klick Daftar
  11. Buka Link Verifikasi Langkah ke-3 di Inbox Email
  12. Lakukan Konfirmasi Pembuatan Akun NPWP
  13. Buka Link Verifikasi Langkah ke-4 di Inbox Email
  14. Login menggunakan email dan pasword yang telah dibuat sebelumnya
  15. Pilih Opsi Orang Pribadi atau Istri Memilih Menjalankan Hak dan Kewajiban Perpajakan Terpisah (MT)
  16. Pilih Opsi Kantor Pusat, Lalu Klick Selanjutnya
  17. Isi Gelar depan atau belakang bila ada
  18. Isi Tempat Lahir dan Tanggal Lahir
  19. Pilih Status Pernikahan dan Kebangsaan
  20. Masukkan NIK dan Nomor KK Klick Verifikasi
  21. Masukkan Nomor Handphone lalu Klick Selanjutnya
  22. Pilih Besaran Penghasilan, disarankan untuk memilih penghasilan paling Rendah agar tidak terkena pajak yang tinggi, Lalu Klick Selanjutnya
  23. Lengkapi Form Alamat Domisili, lalu Klick Selanjutnya
  24. Lengkapi Form Alamat KTP, lalu Klick Selanjutnya
  25. Lengaki Form Alamat Usaha, lalu Klick Selanjutnya
  26. Lengkapi Form Persyaratan, lalu Klick Selanjutnya
  27. Lengkapi Form Pernyataan, dengan memberikan Cheklist, lalu Klick Selanjutnya
  28. Konfirmasi Form PP23 dengan memberikan Cheklist lalu Klick Simpan
  29. Pilih Opsi Minta Token, Masukkan kode Chaptcha Lalu Klick Submite
  30. Cek Inbox Email, Copas Kode Token
  31. Klick Opsi Kirim Permohonan, Cheklist semua Opsi lalu masukkan Kode Token lalu Klick Kirim
  32. Selesai
Cek Inbox Email akan ada notifikasi status pendaftaran NPWP berhasil disertai dengan lampiran kartu NPWP dalam extensi PDF, silahkan di download dan dicetak di kertas biasa atau menggunakan Kertas PVC agar mirip dengan Kartu NPWP aslinya. 

Kartu Fisik NPWP Asli akan dikirim ke alamat terdaftar melalui Kantor POS atau Expedisi lain yang dipilih oleh Kantor NPWP Pusat. Biasanya dikirim dengan jangka waktu 7 - 14 hari terhitung dari tanggal pendaftaran. 

Cara Cek Nomor NPWP Online 

Bagi Anda yang kehilangan kartu NPWP atau Kartu NPWP tidak dikirim, untuk mengecek Nomor NPWP secara online caranya sangatlah mudah yaitu sebagai berikut: 
  1. Kunjungi Halaman Webiste Cek NPWP Online
  2. Masukkan NIK dan Nomor KK
  3. Masukkan Kode Chaptcha kalu Klick Cari
  4. Selesai

Cara Cetak Ulang Kartu NPWP

Untuk mencetak ulang Kartu NPWP yang hilang atau tidak dikirim Anda dapat langsung datang ke Kantor Cabang Perjajakan terdekat dengan membawa Kartu Keluar dan KTP. Sampaikan kepada Petugas bahwa Anda hendak mencetak ulang Kartu NPWP. 

Biasanya Petugas Kantor akan bertanya perihal Data Indentitas Anda dan perkiraan penghasilan Anda dalam kurun waktu hitungan bulan atau tahun. Jawab sesuai keadaan sebenarnya jangan di lebih-lebihkan atau buatlah perkiraan penghasilan yang standar saja agar tidak terkena biaya pajak yang besar. Karena untuk cetak ulang Kartu NPWP biasanya harus membayar pajak dihitung 1 tahun, misalnya satu bulannya terkena pajak sebesar Rp. 20.000,- maka dikalikan 12 bulan. 

Tag: npwp online,daftar npwp online,npwp adalah,cek npwp,cek npwp online,cara membuat npwp online,buat npwp online,apa itu npwp,cara daftar npwp online,daftar npwp online 2021,bikin npwp online,cara buat npwp online,cara bikin npwp online,daftar npwp,cara membuat npwp,pendaftaran npwp online,login npwp,ereg.pajak.go.id cek npwp,kartu npwp,membuat npwp online,syarat membuat npwp,nomor npwp,ereg npwp,npwp pusat,daftar npwp online 2022,pajak.go.id npwp,login npwp online,cara buat npwp,daftar online npwp,cara bikin npwp,syarat bikin npwp,cara daftar npwp online lewat hp,cetak npwp online,pembuatan npwp online,npwp online login,no npwp,npwp login,npwp pribadi,cara cek npwp,npwp online daftar,persyaratan bikin npwp,kepanjangan npwp,contoh npwp,cek nomor npwp,syarat buat npwp,cara mendaftar npwp online,fungsi npwp,arti npwp,cek npwp aktif,fax npwp diisi apa,buat npwp,cek no npwp dengan nama,cara daftar npwp,persyaratan npwp,cetak kartu npwp online,cara mengurus npwp,bikin npwp,cara cek npwp online,cetak kartu npwp,cara bikin npwp online lewat hp,cek no npwp,persyaratan membuat npwp,npwp itu apa,pendaftaran npwp,npwp adalah singkatan dari,syarat npwp,kantor npwp,link npwp online,syarat pembuatan npwp,dashboard npwp,kartu npwp online,pajak.go.id daftar npwp,fax npwp,contoh fax npwp,cara membuat npwp pribadi,cara cetak npwp online,kartu npwp terbaru,status pusat cabang npwp,nomor npwp pusat,cek npwp dengan nik,kartu npwp terbaru 2021,status npwp ne,npwp singkatan dari,bikin npwp dimana,kegunaan npwp,cek npwp pribadi,singkatan npwp,contoh npwp pribadi,membuat npwp,cara mengurus npwp online,status ne pada npwp,login npwp online 2021,pajak npwp,cek nomor npwp online,npwp pusat diisi apa,efin npwp,cara mengisi fax npwp,fax npwp adalah,daftar npwp online 2020,

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Apa Itu NPWP, Apa Saja Syarat Pembuatan NPWP, dan Bagaimana Cara Mendaftar NPWP Secara Online yang bisa Anda Coba Praktikkan Sendiri di Rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.