Apakah Perlu Membeli SSD Mahal? | Tips Memilih SSD

Dalam Artikel ini, Penulis membahas perbedaan antara SSD murah dan mahal.  SSD adalah drive penyimpanan yang menggunakan sistem flash dan berbeda dengan hardisk yang masih menggunakan piringan magnetis. Namun, SSD memiliki dua kekurangan yaitu usia sel yang terbatas dan kapasitas penyimpanan sel yang juga terbatas.

Penulis kemudian menjelaskan bahwa SSD memiliki beberapa jenis sel yaitu SLC, MLC, TLC, dan QLC. SLC adalah yang paling mahal dan memiliki performa terbaik serta usia sel yang paling panjang. Sementara itu, QLC adalah yang paling murah dan performa serta usia selnya paling rendah.

Faktor kedua yang menentukan harga SSD adalah direct cache. Direct cache adalah memori sementara yang biasanya digunakan untuk menyimpan data yang sering diakses agar lebih cepat diakses. Beberapa SSD memiliki direct cache dan kapasitasnya bervariasi.

Penulis menyarankan untuk membeli SSD sesuai dengan kebutuhan dan budget, karena perbedaan harga SSD biasanya ditentukan oleh performa dan usia selnya. Dia juga menyarankan untuk memeriksa apakah SSD yang akan dibeli memiliki direct cache atau tidak, tergantung pada kebutuhan pengguna.

Selain itu, faktor kedua yang mempengaruhi harga SSD adalah cache. Cache adalah memori sementara yang digunakan untuk menyimpan data yang sering diakses agar bisa diakses dengan lebih cepat. SSD yang tidak menggunakan cache langsung membaca data dari flash memory mereka, namun dalam beberapa kasus, program yang bergantung pada read dan write cache dapat mengalami delay karena ada beberapa data yang terlambat dibaca. SSD dengan cache juga menentukan data apa saja yang harus dimasukkan ke dalam cache agar lebih cepat diakses. Tidak semua SSD memiliki cache dan kapasitas cache pun tidak selalu sama.

Jadi, apakah perlu membeli SSD yang mahal? Itu tergantung pada kebutuhan dan budget kamu. Jika kamu membutuhkan performa yang sangat kencang dan usia SSD yang panjang, maka SLC adalah pilihan terbaik, namun harganya paling mahal. Untuk penggunaan sehari-hari, SSD dengan MLC atau TLC cukup baik, namun pastikan untuk membeli SSD dengan cache yang memadai. Dalam memilih SSD, pertimbangkan juga kapasitas penyimpanan dan merk yang terpercaya. Semoga informasi ini membantu kamu memilih SSD yang tepat sesuai kebutuhan dan budget kamu.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.