Cara Membuat Blog Gratis di Laptop Untuk Pemula

Melalui artikel ini, saya akan berbagi tutorial bagaimana cara membuat blog gratis di Komputer dan Laptop untuk pemula. Bagi saya, blog merupakan sebuah gubuk kecil saya di jagat maya.

Dengan adanya blog, saya dapat berbagi pengalaman atau beberapa hal yang bermanfaat untuk pembaca. Walau pembaca blog saya sedikit tapi tidak papalah, yang penting ada yang membaca meskipun tidak begitu banyak pengunjungnya, hehehe.

Disamping sebagai wahana untuk berbagi pengalaman, banyak yang menggunakan blog untuk memperoleh penghasilan tambahan, fasilitas jualan online, dan lain-lain. Bila anda membaca artikel ini ini, kemungkinan anda sebagai salah satunya orang yang mencari panduan tutorial cara membuat blog secara mudah dan tidak pakek repot.

Tutorial Cara Membuat Blog di Laptop untuk Pemula

Ada banyak platform tempat membuat blog. Oleh karena itu, lebih dulu anda harus memutuskan platform mana yang mana ingin anda pakai, entah itu wordpress, blogger, tumblr, jimdo, webs, squidoo, atau lain-lain.

Menurut saya Pribadi, platform yang terpopuler, mudah, dan pas sekali untuk pemula yaitu blogger. Lantas bagaimana langkah-langkah untuk membuat blog di blogger? Yuuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

A. Login ke Blogger.com

  1. Login ke blogger.com untuk membuat blog baru.
  2. Masukan alamat gmail anda. Bila anda belum mempunyai Akun gmail, silahkan buat akun Gmail terlebih dahulu. Kemudian, pilih Next.
  3. Selanjutnya masukkan sandi account gmail anda secara benar, lalu pilih Next.
  4. Bila anda diarahkan pada halaman Persetujuan Kebijakan Blogger, silahkan pilih Saya Setuju.
  5. Selanjutnya anda harus mengisi nama tampilan yang dipakai sebagai profile blogger. Gunakan nama lengkap atau nama lain anda, contoh Zakaria. Setelah itu pilih Lanjutkan ke Blogger.
  6. Untuk membuat blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU yang berada di sisi kanan. Lebih lengkapnya, anda dapat melihat gambar di bawah ini.
  7. Isi Data sesuai Opsi : Judul : Isikan dengan judul blog baru anda, contoh Blog Seputar Tehnologi Terbaru. Alamat : Isikan dengan alamat url pada blog anda, contoh berbagitutorial.blogspot.com atau cukup menuliskan berbgaitutorial saja, nanti secara automatis alamat blognya menjadi berbagitutorial.blogspot.com. Bila ada tanda contreng disebelahnya berarti alamat blog itu ada. Tema : Tentukan topik yang anda sukai untuk blog baru anda.
  8. Kemudian, pilih Buat blog!
  9. Contoh anda memperoleh penawaran pembelian nama domain seperti gambar di bawah, pilih Lain waktu. 
  10. Selamat blog baru anda selesai dibuat. 

B. Mengenal Beberapa menu pada Blogger

Ada banyak menu dan tombol pada blogger yang penting anda ketahui. Salah satunya seperti berikut :

  • Pos: menampilkan semua pos yang ada pada blog anda, pos yang telah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Pada menu berikut, anda bisa juga menghapus beberapa pos sekaligus secara cepat.
  • Statistik: menampilkan info statiska pada blog anda, seperti jumlah penayangan ini hari, kemarin, dan bulan kemarin. Disamping itu, dalam menu ini menampilkan info tentang bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain-lain.
  • Komentar: menampilkan komentar yang sudah diterbitkan, komentar yang menunggu moderasi, dan komentar yang termasuk spamming.
  • Kampanye: menampilkan menu tentang Adwords. Anda dapat mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tapi sudah pasti ini tidak gratis.
  • Situs: menampilkan jumlah halaman yang ada pada blog anda, situs yang masih tetap berbentuk draft, dan halaman yang telah diterbitkan.
  • Tata Letak: di sini anda dapat personalisasi tampilan atau menambah widget (handphone) pada blog anda.
  • Tema: menampilkan penataan pada template atau tema blog anda. Untuk mengubah, ganti template blog anda, dan lain-lain dapat dilakukan di sini.
  • Setelan: menampilkan setting lanjutan pada blog anda, seperti setting dasar, pos dan komentar dan lain-lain dapat dilakukan di sini.
  • Daftar Bacaan: menampilkan posting terkini dari beberapa blog yang anda ikuti.
  • Bantuan: menampilkan artikel-artikel bantuan berkenaan bagaimanakah cara menggunakan blog di Blogger.

C. Cara Menulis Content di Blogger

Untuk menulis content atau yang kerap disebut dengan posting cukup mudah. Silahkan Simak beberapa langkahnya berikut ini :

  1. Click tombol Entri baru.
  2. Nomor 1 : Judul content anda.
  3. Nomor 2 : Jejeran tombol yang bermanfaat untuk menerbitkan, menyimpan, atau mempratinjau (preview) content anda saat sebelum di-publish.
  4. Nomor 3 : Ada 2 model penulisan content yang ada pada blogger, salah satunya model Compose dan model HTML. Secara standar, model penulisan content memakai model Compose. Bila anda pemula dalam HTML, saya anjurkan menggunakan model Compose saja.
  5. Nomor 4 : Menu formatting toolbar yang dipakai untuk pemrosesan text pada content anda. Fungsi tool-tool ini hampir sama dengan ada pada Microsoft Word.
  6. Nomor 5 : Beberapa menu pengaturan pada content anda. Seperti memberi label/ kategori, link permanen pada content anda dan lain-lain.
  7. Nomor 6 : Isi content anda.
  8. Bila content anda siap dipublikasi, silahkan click tombol Publikasikan. Oh iya pastikan content yang anda catat tidak memiliki muatan negatif, ajaran kedengkian dan lain-lain. Secara lengkap dapat anda baca di halaman Kebijakan Content Blogger.

D. Mengubah Template Bawaan Blogger

Memang sich template atau tema standar blogger kurang menarik. Untuk mengganti template blog anda supaya semakin menarik, silahkan baca beberapa langkahnya berikut ini :

  1. Silahkan download dahulu template yang ingin dipakai pada blog anda. Anda dapat menelusurinya di Google, akan ada banyak website penyedia template Blog dari yang geratis sampai dengan yang premium berbayar.
  2. Kemudian, masuk pada menu dashboard blog anda dan pilih Tema.
  3. Pilih Backup / Pulihkan.
  4. Click tombol Choose File untuk mengunggah template yang anda kehendaki.
  5. Terakhir, click tombol Unggah. Harus diingat yah jika templatenya wajib memakai format.xml

E. Manfaat Blog yang Perlu Diketahui

Ada banyak manfaat yang dapat anda peroleh bila memiliki blog sendiri, salah satunya seperti berikut:

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Menulis Manfaat pertama kali yang didapatkan saat menulis di blog adalah menambahkan dan mengasah kemampuan saat menulis. Seorang bila ingin menjadi penulis terbaik harus diawali rajin menulis tentunya. Anda bisa menulis apa saja di dalam blog, misalkan seperti artikel informasi, atau mengusung satu topik secara rutin, atau mungkin saja Anda hanya menulis pengalaman traveling Anda dan lain-lain.

Blog membebaskan Anda untuk berbagi tulisan atau narasi. Hal seperti inilah yang selalu dikerjakan oleh beberapa blogger, mereka selalu meluangkan atau bahkan juga menghabiskan waktunya untuk menulis. Sebetulnya menulis dapat dimanapun. Tetapi, sekarang ini blog menjadi satu diantara platform untuk beberapa penulis.

Makin sering Anda menulis, karena itu hasil tulisan Anda akan makin baik. Sebagai contoh penulis buku yang memulai karier menulisnya menggunakan blog yaitu Raditya Dika. Hingga kini dia telah mengeluarkan lebih dari 5 buku, yang mana semua bermula dengan menulis di blog.

2. Berbagi Pengetahuan

Manfaat selanjutnya dari menulis di blog yaitu bisa berbagi pengetahuan dan wawasan. Sekarang ini tidak seluruhnya pengetahuan atau ketrampilan yang Anda punyai bisa dibagikan secara mudah ke orang sekitar. Kenapa? Karena orang - orang di sekeliling Anda belum tentu tertarik sepenuhnya dengan pengetahuan atau ketrampilan yang Anda punyai. Sebetulnya ini terkait dengan terbatasnya jangkauan yang Anda miliki.

Nach, website berikut sebagai platform yang pas untuk Anda agar pengetahuan atau ketrampilan yang Anda miliki tepat target ke beberapa pembaca yang tertarik dengan yang Anda bagikan. Menariknya, blog dapat menjadi platform yang mendapatkan uang, baik hasil dari berjualan produk atau memasang iklan.

Misalnya yaitu seorang bekas wartawan yang namanya "Duto Sri Chayono" yang berasal dari Solo. Dia sukses membuat dan mengurus blog yang namanya Omkicau.com, yang didalamnya dibagikan khusus untuk beberapa pencinta burung. Pengunjung blog-nya dapat capai 200 ribu setiap hari. Content blog-nya berisi mengenai burung, seperti panduan cara perawatan burung, dan lain-lain.

Bila Anda suka berbagi pengetahuan atau ketrampilan yang Anda punyai dalam bentuk tulisan, ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk Anda. Pertama, tentukan topik apakah yang Anda sukai atau kuasai, mulai catat di blog, dan Anda akan memperoleh pundi - pundi uang dari sana.

3. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online

Manfaat selanjutnya dari menulis di blog ialah bisa mendapatkan uang. Sama seperti yang telah disinggung dari manfaat sebelumnya, Anda dapat menghasilkan uang banyak dari menulis di blog. Bila saat ini Anda ingin mencari tambahan uang penghasilan, menulis di blog adalah jalan yang pas untuk Anda. Hal pertama kali yang harus Anda kerjakan saat sebelum menulis di blog ialah tentukan topik yang pas dengan apa yang anda kuasai.

Perlu Anda ingat, menghasilkan uang dengan menulis di blog tidak secara langsung kelihatan hasilnya. Saat mengurus blog memerlukan kesabaran saat menulis dan menerbitkan tulisan atau artikel secara rutin. Anda dapat menulisnya satu hari 2x atau 2 hari sekali atau minimal 1 minggu sekali.

Makin rajin Anda menulis, makin cepat Anda mememperoleh peluang menghasilkan uang. Saat menulis di blog yang Anda mencari pertama adalah pengunjung. Buatlah content yang bisa menarik pengunjung yang banyak. Bila Anda telah memperoleh pengunjung yang banyak, Anda dapat memasangkan iklan seperti Google AdSense atau Audience Network.

4. Membangun Jaringan

Manfaat selanjutnya yang didapatkan dari menulis di blog yaitu Anda dapat membuat relasi atau jaringan. Bila Anda orang yang mempunyai sedikit waktu untuk bergaul, membuat relasi secara off-line tentu tidak mudah. Blog berikut yang bisa membantu Anda dengan begitu mudah.

Anda dapat menulis content mengenai hal - hal yang menarik dan berguna sesuai ketrampilan dan hoby Anda. Bila beberapa pembaca tertarik dengan tulisan Anda, karena itu mereka akan meninggalkan komentar atau pesan terkait tulisan Anda.

Anda dapat memutuskan syarat untuk pembaca yang ingin memberi komentar dengan menuliskan alamat e-mail atau nomor telephone. Hingga Anda akan memperoleh contact mereka, yang nanti dapat Anda pakai untuk mempromosikan produk Anda.

5. Jual Produk

Manfaat paling akhir yang dapat Anda rasa dari menulis di blog yaitu Anda dapat menjual produk secara mudah. Sama seperti yang telah diterangkan dalam beberapa manfaat sebelumnya, blog dapat dijadikan tempat untuk jualan online.

Bila Anda memiliki sebuah usaha off-line, Anda bisa manfaatkan blog untuk memperoleh semakin banyak pelanggan dari berbagai belahan dunia. Langkah ini bisa memberi jalan keluar untuk Anda yang mempunyai toko atau ruang usaha yang kurang strategis.

Anda bisa menjualkan produk Anda secara online melalui blog tanpa buka toko. Banyak toko off-line yang mulai jualan dengan online melalui blog, dan hasilnya omset yang mereka punyai lebih dari omset yang mereka peroleh awalnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai bagaimana cara membuat Blog Gratis yang bisa Anda coba untuk Anda yang memiliki hoby menulis dan berbagi pengetahuan dan bagi Anda yang ingin mencoba memperoleh penghasilan dari blog.