Cara Membuat Google Form di Laptop KesayanganMu

Apakah kamu masih kesusahan dalam mengumpulkan data? Seperti survey, formulir untuk registrasi, dan lainnya? Atau masih melakukan dengan manual, misalkan melalui kertas? Bila iya, pada kesempatan ini kita memberikan jalan keluar atas persoalan tersebut yaitu dengan memanfaatkan formulir digital. Oleh karenanya, berikut langkah membuat formulir digital memanfaatkan Google Form.

Cara Mudah Membuat Google Form di Laptop

1. Buka Gmail lalu Klick Icon Google Apps

Langkah awal yang perlu kamu kerjakan yaitu buka halaman Gmail dan mengkilik icon Google apps atau aplikasi Google yang berada di sudut atas kanan. Disamping itu, kamu bisa juga buka halaman form melalui menu yang serupa pada Google Drive.

2. Pilih Google Form

Setelah itu, dari beberapa aplikasi Google yang ada, cari dan pilih icon google form, seperti gambar di bawah.

Disamping itu, kamu bisa juga menggunakan langkah lain dengan melakukan penelusuran dengan kata kunci Google Form pada Google Search.

3. Membuat Google Form Baru

Setelah kamu pilih Google Form, akan ada halaman untuk membuat formulir baru yang kamu perlukan. Selanjutnya click pilihan blank/kosong.

4. Buat Nama Dokumen, Nama Form dan Deskripsinya

Tahap selanjutnya, supaya kamu nanti mudah mendapatkan formulir yang sudah dibuat, beri nama document form yang berada di sudut atas kanan. Selanjutnya kamu dapat memberikan nama/judul formulir dan deskripsinya pada kolom pertama sama seperti yang ada di gambar di bawah.

5. Buat Pernyataan di Google Form

Selanjutnya di bawah judul dan deskripsi, kamu akan melihat kolom pertanyaan. Pada kolom itu kamu dapat membuat pertanyaan yang dikehendaki.

6. Tentukan Bentuk Jawaban dari Pertanyaan di Google Form

Selesai membuat pertanyaan, cara selanjutnya adalah menentukan bentuk jawaban yang diinginkan. Bentuk jawaban tersebut, bisa kamu tentukan pada kolom yang terdapat di sisi kanan kolom pertanyaan. Pada gambar di bawah dapat kamu lihat, ada banyak pilihan jawaban. Dimulai dari jawaban singkat, panjang, opsi ganda/pilihan, sampai pilihan kotak cheklist.

7. Menambah Daftar Pernyataan di Google Form

Untuk menambahkan pertanyaan, kamu bisa pilih icon (+) yang berada di samping kolom pertanyaan pertama. Disamping itu, untuk bentuk jawaban seperti pilihan ganda/pilihan, kamu mendapat menambah dengan pilih tambah opsi.

Selain itu, kamu dapat  memasukkan beragam jenis media, seperti gambar dan video, dengan pilih icon yang berada di bawah tanda (+).

8. Tentukan Pernyataan yang Wajib Dijawab

Disamping itu, bila inginkan pertanyaanmu wajib dijawab, kamu dapat mengaktifkan tombol Wajib diisi/Required pada sudut kanan bawah setiap pertanyaan. Sehingga orang yang mengisi formulir tidak dapat lanjut ke halaman selanjutnya bila tidak menjawab pertanyaan tersebut.

9. Lakukan Preview Google Form yang Telah Dibuat

Selesai memasukkan semua point pertanyaan, kamu dapat melakukan pratinjau pada formulir yang sudah dibuat. Adapun langkahnya yaitu dengan mengeklik icon 'mata' yang berada di sisi sudut atas kanan. Nanti akan ada halaman seperti formulir yang sudah dibuat, tetapi dari sisi tampilan orang lain. Disamping itu, kamu bisa juga mengganti topik atau warna dari tampilan formulir dengan pilih icon palet cat seperti gambar di bawah.

Cara Share Google Form

1. Klick Tombol Send

Setelah form selesai, kamu bisa membagikan dengan mengeklik tombol kirim pada sudut kanan atas.

2. Bagikan Google Form Dengan Email

Langkah sesudah itu tentukan cara kamu membagikan form tersebut. Setelah kamu mengeklik tombol kirim akan ada halaman pop-up seperti gambar di bawah. Bila kamu pilih e-mail, kamu perlu memasukkan alamat e-mail orang yang ingin kamu kirimkan form tersebut.

3. Bagikan Melalui Link

Selain melalui e-mail, kamu bisa juga membagikan formulir melalui link. Adapun caranya kamu tinggal pilih icon rantai yang berada di samping icon surat (e-mail). Nanti secara otomatis akan ada link dari formulir yang sudah kamu buat. Selanjutnya kamu tinggal meng-copy dan membagikan link tersebut ke orang-orang yang dikehendaki.

Itulah pembahasan singkat cara membuat Google Form dan sekaligus cara membagikannya di Laptop kesayanganmu yang bisa kamu coba praktikkan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.