13 TIPS MEMBELI HP SECOND MURAH & BERKUALITAS

Dalam memenuhi kebutuhan akan HP Android tidak ada salahnya membeli HP Second untuk kalian yang memiliki bajet terbatas namun menginkan HP dengan spefisifikasi dan performa yang gahar. HP Second merupakan alternatif terbaik, dimana kita bisa mendapatkan HP dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang relatif murah. Karena sudah bukan rahasia umum HP dengan Spesifikasi dan dan performa gahar sudah pasti harganya tidak murah. 

Sementara apalah daya kita yang tergolong masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah tentunya membeli HP spesifikasi tinggi dengan harga yang mahal menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan antara kebutuhan dan gaya hidup mewah. Utamakan membeli barang sesuai kebutuhan dan jangan mengedepankan gaya hidup mewah yang tidak disesuaikan dengan penghasilan karena akan berujung petaka. Mengapa membeli HP second jauh lebih menguntungkan?

1. Tentukan HP Second yang Ingin Kamu Beli

Tips membeli HP second murah yang pertama adalah tentukan merk dan type HP yang  kamu inginkan sesuai dengan spefisikasi yang diinginkan dan sesuai yang kamu butuhkan. Hal ini untuk menghindari pembelian HP second yang salah tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Misalnya kamu seorang yang suka main game, maka HP second yang kamu butuhkan adalah HP dengan spesifikasi kelas menegah ke atas minimal RAM 4 GB dan Internal HP 64 GB. Hal ini untuk memenuhi kebutuhanmu main Game, dimana game-game saat ini mebutuhkan kapasitas RAM dan Internal HP yang cukup besar agar game dapat berjalan dengan lancar. Contoh HP gaming yaitu Xiaomi, Asuz ROG, Red Magic, Realme, dan merk HP gaming lainnya yang bisa kamu temukan melalui searching google.

Atau kamu type orang yang suka foto-foto selfie dan membuat video-video dokumentasi pekerjaan atau kegiatan keseharian kamu. Maka kamu membutuhkan HP Second dengan camera yang bagus ditandai dengan besarnya Mega Pixel Camera dan fitur camera yang mumpuni. Untuk Merk HP dengan camera yang bagus sepanjang sepengetahuan saya saat ini adalah Merk OPPO, Realme, Huawei dan merk-merk lain dengan harga beli baru di atas 2 jutaan. 

2. Tentukan Merk dan Type HP second  yang ingin Kamu Beli

Saat ini ada banyak merk dan Type HP yang ada di pasaran Indonesia, mulai dari Merk OPPO, VIVO, Xiaomi, ASUS, dan Realme. Dari banyaknya pilihan merk HP tersebut masing-masing menawarkan spesifikasi yang beragam dengan fitur-fitur unggulan masing-masing yang berbeda antar merk HP satu dengan HP merk lainnya. 

Kamu perlu menentukan merk dan Type HP second yang sesuai dengan ketubuhanmu, kira-kira HP yang kamu inginkan itu spesifikasinya seperti apa dan mau kamu gunakan untuk apa saja? 

Untuk kamu yang hoby main game, tentunya HP Second yang kamu butuhkan adalah HP dengan performa yang gahar, kapasitas batrai yang besar dan tidak perlu Camera yang bagus. Untuk HP sepesifikasi ini saya rekomendasikan merk Xiaomi dengan harga yang relatif lebih terjangkau bila dibandingkan dengan merk lain, dengan catatan jangan membeli HP dengan Merk yang belum familiar apalagi harganya lebih murah dari harga HP merk terkenal dengan spesifikasi yang sama. Karena bisa jadi meskipun spesifikasinya sama bisa saja performanya beda, selalu ingat harga menentukan kualitas suatu barang.

Untuk kamu yang hoby mendokumentasikan kegiatan sehari-hari dalam bentuk Foto atau Video, HP second yang kamu butuhkan adalah HP dengan camera beresolusi tinggi dan tidak begitu perlu mempertimbangkan chipset yang lebih cenderung mengarah ke performa untuk main game. Merk HP dengan camera bagus dan beresilusi tinggi yang saat ini umumnya menjadi pilihan masyarakat indonesia adalah Merk Oppo dan Realme kemudian disusul merk VIVO. Kata kunci HP dengan camera bagus yaitu harga barunya lumayan mahal minimal 2 jutaan ke atas.

3. Bandingkan Harga HP Second di Pasar Online dan Offline

Agar kamu tidak salah beli HP Second harga mahal, maka kamu perlu membandingkan harga HP second yang kamu ingin beli di Market Place Online dan Offine. Kamu bisa cek harga HP second yang kamu ingin beli melaui marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, BukaLapak, Olx dan lain sebagainya. Cari dan temukan harga termurah dari HP second idamanmu, bandingkan harga antar penjual di beberapa marketplace yang saya sebutkan sebelumnya. 

Setelah mendapatkan target HP second incaran dengan harga murah di market place online bandingkan dengan harga offline yaitu harga HP sencond di area tempat kamu tinggal, kamu bisa bertanya kepada teman-temanmu atau mencari info harga HP tersebut melalui counter-conter HP yang melayani Jual Beli HP Second. 

Apabila selisih harganya tipis, misalnya hanya selisih puluhan ribu, maka saya sangat sarankan dan rekomendasikan untuk membeli HP Second yang kamu inginkan secara offline, entah kamu beli sama teman, saudara, atau di konter. Karena dengan membeli secara offline di area tempat tinggal, kamu bisa terhindar dari membeli HP second rekondisi (HP second bekas servisan) yang tentunya ya namanya HP servisan tentunya kualitasnya tidak akan sebaik HP yang original belum pernah di service.

5. Cek Kondisi Fisik HP Second yang Ingin Kamu Beli

Salah satu point penting yang perlu kamu perhatikan dalam membeli HP second adalah melakukan pengecekan kondisi fisik HP second yang hendak kamu beli. Cek mulai dari case HP pakah masih mulus, camera masih berfungsi dengan baik dan hasil jepretannya masih bagus tidak buram, cek ketahanan batrai, cek kondisi fisik mesin HP apabila memungkin dan kamu bisa membuka barckdoor case belakang, tanyakan LCD masih Original atau sudah gantian.

Apabila diperlukan dan penjual HP second berkenan mintalah garansi test pemakaian HP tersebut minimal 1 hari saja, jadi setelah HP second benar-benar sudah kamu bayar kamu bisa lakukan test penggunaan HP selama 1 hari penuh, bagaimana tingkat daya tahan batrai apakah masih normal atau gampang drop, apakah HP aman-aman saya digunakan seharian tidak ada kendala mati sendiri atau restart, apakah lcdnya aman dan nyaman sentuhan dan tampilannya.

6. Cari Referensi Spesifikasi HP Second Yang Bagus

Sebelum membeli HP baik itu HP Baru dan terlebih HP Second ada baiknya kamu cari referensi HP dengan Merk dan Type apa yang sesuai dengan yang kamu butuhkan seperti yang telah saya singgung pada pembahasan di atas. Kamu bisa bertanya kepada teman atau saudara yang sudah terbiasa ganti-ganti HP terutama teman atau saudara yang hoby beli HP dengan spefisikasi tinggi atau kamu juga bisa searching google untuk menemukan artikel yang membahas perbandingan spesifikasi HP satu dengan HP lain dengan rentang harga beli yang sepadan. Kamu bisa juga searching Youtube untuk memenukan refensi atau pembahasan perbandingan spesifikasi HP secara lebih real di Youtube.

8. Cari dan Temukan Penjual yang Terpercaya

Hati-hati dalam membeli HP Second terutama dengan harga yang murah, karena salah pilih penjual atau asal beli yang penting murah bisa beresiko kamu ditipu oleh penjual, bukannya dapat HP yang bagus justru bisa-bisa kamu dapat HP dengan kondisi yang kurang layak dan bahkan rusak. Cari dan temukan penjual yang terpercaya dan amanah, hindari membeli HP kepada orang-orang yang baru dikenal terutama hanya kenal melalui sosial media. 

Untuk pembelian HP secara Offline di lingkungan sekitar tempat tinggal kamu, utamakan beli HP second dari penjual yang kamu sudah kenal atau minimal jelas dan kamu tau alamat rumahnya. Hal ini untuk menghindari membeli HP second tidak layak beli yang sengaja dijual oleh para penjual yang tidak bertanggungjawab kepada para target pembeli tanpa saling mengenal. Sehingga mereka akan dengan mudahnya menipu pembelinya, berhati-hatilah membeli HP dari orang yang tidak kamu kenal apalagi HP tersebut kondisi batangan tanpa kelengkapan kotak dan asesoriesnya.

Untuk Pembelian HP  Second Murah | HP Bekas secara online melalui marketplace seperti BukaLapak, TokoPedia, Shopee, dan lainnya, cari dan temukan penjual HP Second yang terpercaya, memiliki reputasi penjualan HP Second yang baik. Baca dengan teliti setiap ulasan pembeli, terutama ulasan dengan kriteria Bintang Satu. Perhatikan juga bagaimana para pembeli menyampaikan ulasannya, jangan sampai tertipu dengan ulasan fiktif alias palsu. Kebanyakan orang tertipu karena tergiur harga murah, tidak membaca Ulasan Pembeli, hanya membaca ulasan pembeli dengan ranting bintang 3, 4, dan 5 dan tidak memperhatikan ulasan dengan rating bintang 1 meskipun hanya sedikit.

10. Tanyakan dan Cek Kelengkapan HP Sencond yang Ingin Dibeli

Sebelum membeli HP Second tanyakan dan cek terlebih dahulu apa saja kelengkapan dari HP mulai dari Chargernya ada atau tidak, kotak HP ada atau tidak, dan kelengkapan asesories lain yang mungkin ada. Berhati-hatilah membeli HP Batangan tanpa Kotak Box untuk menghindari membeli HP hasil curian atau HP servisan. Karena pada umumnya HP batangan itu ada beberapa kemungkinan: kemungkinan pertama sang pemilik memang tidak menyimpan kotak dan menganggp kotak HP tidak penting, HP tersebut merupakan HP Curian, atau HP tersebut hasil jual beli dari tempat service.

11. Negosiasi Harga dengan Penjual

Lakukan negosiasi tawar menawar harga agar kamu bisa mendapatkan HP Second dengan harga paling rendah. Jangan malu-malu dan pandailah dalam bernegosiasi agar kamu bisa mendapatkan HP Second dengan harga yang tidak terlalu mahal dan terhindari dari membeli HP Second dengan harga yang tidak wajar atau terlalu tinggi. 

12. Tentukan Cara Pembayaran yang Aman dan Nyaman

Lakukan pembayaran HP Second secara aman dan nyaman bisa dengan uang cash apabila kamu bertemu langsung dengan penjualnya atau bisa juga melalui transfer dana melalui aplikasi dompet online seperti DANA, OVO, LinkAja dan lain sebagainya, atau bisa juga dengan pembayaran transfer antar bank. Point penting yang harus kamu kedepankan adalah jangan membayar sebelum barang diterima dan pastikan kamu sudah cek kondisi fisik barang dan jangan lupa mintalah garansi pemakaian minimal 1 hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

13. Hindari Membeli HP dari Luar Negeri

Akhir-akhir ini banyak terjadi kasus pengguna HP Android terutama merk Samsung dan Juga iPhone yang mengelukan tidak adanya sinyal atau ada sinyal akan tetapi HPnya tidak bisa digunakan untuk Telepon dan SMS rata-rata setelah 3 bulan pemakaian terhitung dari bulan pembelian. Hal ini kebanyakan kasus diakibatkan oleh di Blokirnya IMEI HP hasil ByPass yang berasal dari luar negeri. Jadi berhati-hatilah membeli HP Second merk Samsung dan iPhone dengan harga murah, karena biasa jadi HP tersebut merupakan HP dari luar negeri dengan IMEI yang tidak terdaftar, kemudian oleh penjual dimodifikasi sedemikian rupa sehingga IMEI terdaftar namun dengan batas waktu tertentu.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika kamu memutuskan dan hendak membeli HP Second baik itu secara langsungsung (Offline) atau membeli HP Second secara online di MarketPlace seperti TokoPedia, Shopee, Lazada dan lain sebagainya. Ingat selalu harga menentukan kualitas barang, jangan mudah tergiur harga murah, hindari membeli HP luar negeri, hindari membeli HP dengan harga yang tidak masuk akal, dan jangan lupa minta garansi Test agar kamu bisa mendapatkan HP second murah dan berkualitas.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.