Cara Mengenali Ciri-ciri WA Disadap Orang Lain

Penyadapan WhatsApp personal oleh seseorang saat ini makin ramai sebagai salah satu bentuk kejahatan siber. Beberapa pemakai perlu mengetahui beberapa ciri WA disadap, supaya bisa langsung mengetahui saat account dibobol sebelum terlalu terlambat untuk menangkalnya.

Dengan mengenali beberapa ciri WA disadap dan langkah menanganinya. Beberapa pengguna WA dapat mencegah beberapa hal yang tidak diinginkan. Dimulai dari pencurian data, stalking, bahkan pemakaian data untuk kegiatan kejahatan yang lain.

Sebetulnya cukup mudah untuk mengetahui apakah WA sedang disadap seseorang atau mungkin tidak. Karena tentu ada pertanda kecil yang muncul di account WA yang digunakan.

Ciri-ciri WA Disadap Orang Lain

Berikut beberapa ciri dan langkah mengenali WA disadap:

1. Check Bila Ada Pesan yang Telah Terbaca

Ciri-ciri pertama kali yang termudah dikenali ialah ada pesan yang telah terbaca walau sebenarnya para pengguna belum membuka. Pesan tidak akan menjadi mode bisa dibaca bila belum dibuka. Bila pengguna merasa belum buka pesan tetapi telah terbaca.

Berarti hanya satu sebabnya, ada orang yang lain membuka pesan itu. Bila pesan tidak dibuka pada perangkat yang dipakai. Karena itu, ada orang yang lain menghubungkan account WhatsApp Anda di perangkat lain.

2. Cek SMS OTP yang Masuk Ke Nomor WhatsApp

Ciri-ciri lain jika nomor WA sedang disadap ialah ada SMS nomor OTP yang masuk ke dalam nomor WhatsApp. OTP atau one time password ialah password yang di set untuk 1x masuk saja dan dikirim melalui nomor asli WhatsApp.

Bila ada sms itu masuk ke nomor pengguna, maka sedang ada orang yang lain berusaha mengakses account WhatsApp. Bahkan juga, sedang berusaha mengubah pengaturan account WA.

3. Pastikan Tidak Kelihatan Online Walau sebenarnya Sedang Tidak Membuka WhatsApp 

Untuk ciri-ciri ini membutuhkan account WA milik orang yang lain menjadi contact WA. Lihat pada contact WA yang lain apakah account kelihatan online atau off-line. Bila account pengguna kelihatan online walau sebenarnya perangkat tidak sedang dibuka.

Berarti ada orang yang lain membuka WA hingga account-nya kelihatan online. Untuk lebih memastikan, matikan koneksi internet yang ada di perangkat. Bila masih tetap kelihatan online, berarti pastinya ada orang yang lain menggunakan account WA.

4. Pastikan Tidak Ada Perangkat Terhubung di WA Website

Akses termudah untuk menyadap WA ialah melalui sambungan WA Web. Melalui sambungan ini, account WA dapat dihubungkan di perangkat lain tanpa login dengan nomor.

Karenanya, beberapa pengguna perlu memeriksa sambungan yang ada pada fitur ini. Perlu ditegaskan, adakah sambungan yang mencurigakan atau mungkin tidak dikenal pada fitur ini.

Langkah Menangani Bila WA Telah Disadap

Setelah diperiksa rupanya account WA sudah disadap, lalu apakah yang perlu para pengguna lakukan? Tak perlu panik apa lagi kuatir, ada beberapa cara pencegahan awalnya yang dapat dilakukan  seperti di bawah ini:

1. Lepaskan Semua Sambungan WA Web

Hal pertama yang penting dilakukan ialah melepaskan semua sambungan WA Web. Baik dari account yang dikenali atau tidak dikenal. Ini untuk melepaskan semua akses perangkat luar ke account WA.

2. Uninstall Program WhatsApp

Untuk mencegah akses selanjutnya, para pengguna dapat langsung log-out dan uninstall aplikasi WhatsApp lebih dulu. Bila account pada kondisi tidak aktif, berarti para penyadap akan mempunyai keterbatasan akses.

3. Login Kembali dengan Code OTP Baru

Setelah beberapa saat uninstall, para pengguna dapat login kembali menggunakan  code OTP baru untuk melakukan login. Pastikan code OTP yang didapat memiliki sifat rahasia dan tidak dikenali oleh orang lain.

Itulah Ulasan beberapa ciri-ciri WA yang sedang disadap oleh orang lain yang perlu kita ketahui dan bagaimana cara menangani WA yang telah disadap oleh orang lain.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.