Mengenal Apa Itu VPS KVM dan Kelebihannya

Teknologi Kernel-based Virtual Machine (KVM) telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna cloud server yang ingin melakukan virtualisasi dengan menggunakan VPS murah. Meskipun ada berbagai jenis VPS, termasuk Open VZ, HVM, dan lain sebagainya, VPS berbasis KVM telah menjadi pilihan yang lebih populer dan menjadi pertimbangan utama bagi para developer website dan aplikasi.

Konsep virtualisasi yang ada pada teknologi ini adalah suatu metode untuk mengaburkan karakteristik fisik sumber daya komputer, contohnya seperti aplikasi atau perangkat lunak. Sebagai contoh, Anda dapat memiliki satu komputer dengan OS utama (seperti Windows 10) yang menjalankan beberapa mesin virtual yang berbeda, masing-masing dengan sistem operasi berbeda seperti Ubuntu Linux, Windows 8, dan lainnya. 

Virtualisasi pada teknologi KVM memungkinkan penggunaan yang efisien dari sumber daya komputer dan isolasi antara berbagai lingkungan komputasi. Konsep inilah yang juga menciptakan sistem yang beroperasi seperti komputer dalam mesin virtual, termasuk Virtual Private Server atau VPS.

Lalu, apa saja berbagai kelebihan dari VPS dengan teknologi KVM? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kenali terlebih dulu apa itu VPS KVM.

Mengenal Apa Itu VPS KVM

 KVM telah digunakan sebagai teknologi untuk mempartisi server fisik menjadi beberapa sumber daya virtual yang didedikasikan. Sumber daya virtual yang telah dipartisi ini dikenal sebagai VPS (Virtual Private Server). VPS berbasis KVM memiliki kernel independen, artinya setiap VPS memiliki sumber daya dan RAM yang didedikasikan secara eksklusif untuknya. 

Melalui VPS KVM, pengguna dapat mengubah kernel dan sistem operasinya sesuai kebutuhan. Ini merupakan perbedaan utama dengan virtualisasi lain yang populer, seperti OpenVZ, yang menggunakan kernel bersamaan dengan VPS. Kualitasnya pun sangat tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis server fisik yang digunakan, infrastruktur server, RAM, dan kapasitas penyimpanan. 

Kelebihan VPS KVM

Sebagai teknologi berbasis kernel independen, VPS KVM memiliki berbagai kelebihan yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berikut beberapa kelebihan dari VPS KVM:

Penggunaan yang Fleksibel

Pengguna vps kvm memiliki kebebasan penuh untuk menginstal dan menjalankan sistem operasi sesuai dengan preferensi mereka, termasuk Linux dan Windows. Kemampuan ini memudahkan pengguna karena mereka tidak terikat pada satu sistem operasi tertentu, memberikan keleluasaan dalam pengembangan aplikasi.

VPS KVM juga memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi apapun sesuai kebutuhan, mirip dengan pengalaman menggunakan Linux pada komputer pribadi atau alat virtualisasi seperti VMWare/Vbox yang menciptakan lingkungan yang sangat fleksibel. Selain itu, penggunaanya dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan individu, menjadikan VPS KVM pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang menginginkan tingkat kendali yang tinggi atas lingkungan komputasi mereka.

Aman untuk Menampung Beban Kerja Tinggi

VPS KVM sangat disarankan bagi mereka yang menghadapi beban kerja tinggi, seperti situs web atau aplikasi dengan jumlah data pengguna yang besar. Berbeda dengan hosting bersama, VPS KVM memiliki sumber daya komputasi yang didedikasikan, termasuk kapasitas penyimpanan, prosesor, dan RAM.

Karena alasan ini, baik situs web maupun layanan yang membutuhkan sumber daya tinggi sebaiknya memilih VPS KVM. Penting juga untuk mempertimbangkan penyedia layanan yang memungkinkan peningkatan sumber daya dengan mudah saat diperlukan. 

Selain itu, VPS KVM juga menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena memungkinkan pengguna untuk mengelola firewall sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, VPS KVM merupakan pilihan yang solid untuk mengatasi beban kerja berat dan memastikan ketersediaan sumber daya yang cukup dan keamanan yang baik.

Stabil dan Efisien Secara Performa

Hingga saat ini, VPS KVM diakui memiliki performa dan kinerja yang lebih efisien dan konsisten. Ini disebabkan oleh fakta bahwa KVM beroperasi di atas kernel Linux yang sudah terintegrasi dengan fitur dan layanan yang penting untuk server utama atau hypervisor.

Lebih dari itu, KVM juga mendukung isolasi sumber daya dan sumber daya yang terdedikasi untuk setiap pengguna, menghindari adanya interferensi di antara mereka. Hasilnya, performa VPS menjadi lebih stabil dan dapat diandalkan.

Kesimpulan

Semakin baik layanan KVM yang disediakan, semakin tinggi kualitas VPS yang dapat diandalkan. Ini menjadikan KVM sebagai pilihan yang menarik bagi mereka yang menghargai performa, fleksibilitas, dan kualitas dalam sebuah layanan virtual, seperti yang dimiliki DomaiNesia. Manfaatkan layanan Cloud VPS DomaiNesia untuk memaksimalkan potensi Anda secara online dengan akses yang terjamin keamanannya.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.