Kuliah Jurusan Akuntansi Nanti Kerja Apa? Berikut Ulasannya

Sampai saat ini Jurusan Akuntansi masih menjadi salah satu jurusan kuliah yang masih banyak diminati oleh para Siswa lulusan Sekolah Menengah Atas yang berencana untuk lanjut Pendidikan Kuliah. Untuk peminatnya sendiri kebanyakan di dominasi oleh kaum wanita, untuk kaum pria kebanyak memilih Jurusan lain dikarenakan seperti kita ketahui Ilmu Akuntansi merupakah salah satu Ilmu yang cukup sulit dipelajari alias rumit.

Jurusan Akuntansi secara khusus mempelajari metode-metode pencatatan keuangan dan juga penyusunan laporan keuangan secara sistematis. Akan tetapi Kuliah Jurusan Akuntansi tidak hanya mempelajari 2 hal tersebut, namun  Mahasiswa  juga diwajibkan mempelajari Manajemen Keuangan, Perpajakan, System Informasi dan Pengauditan.

Apa itu Akuntansi?

Akuntansi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari metode  pencatatan, pengukuran, pengklasifikasian, dan pelaporan transaksi keuangan secara sistematis suatu perusahaan atau organisasi. Sebagaimana telah disinggun sebelumnya Jurusan Akuntansi masih menjadi salah satu Jurusan Perkuliahan yang banyak diminati oleh pacara Calon Mahasiswa karena Jurusan Akuntansi memiliki banyak peluang lowongan kerja dan karir yang cukup menjanjikan. Pada Artikel ini kami akan membahas uraian singkat mengenai esensi akuntasi, materi yang dipelajari Kuliah Jurusan Akuntansi dan Peluang Kerja dan Karir yang bisa diharapkan kedepannya setelah lulus kuliah.

Apa itu Jurusan Akuntansi dan Apa yang Dipelajari?

Jurusan Akuntansi adalah Bidang Studi Perkuliahan yang mempelajari Ilmu terkait metode penatatan dan penyusunan Laporan keuangan suatu perusahaan atau organisasi yang nantinya berguna untuk mencatatat laporan keuangan sebagai bahan pertimbangan kepala perusahaan atau organisasi dalam proses pengambilan keputusan.

Jurusan Akuntansi merupakan alternatif pilihan bagi siapa saja yang memiliki ketertarikan pada dunia bisnis dan berecana untuk berwirausaha di kemudian hari. Karena untuk menjadi Wirausahawan yang sukses kita dituntut untuk mampu mengelola keuangan secara baik yang akan dipelajari pada perkuliahan dengan jurusan akuntansi. 

Pada awal masa perkuliahan bisanya mahasiswa akan diarahkan dan dimbimbung untuk mempelajari pengantar Akuntansi atau lebih dikenal dengan bahasa Financial Accounting yang mempelajari berbagai dasar ilmu Akuntansi  secara lebih spesifik.

Selanjutnya, mahasiswa akan diarahkan untuk mempelajari cara membuat dan menganalisa Laporan keuangan perusahaan atau organisasi, dimulai dari mempelajari dasar-dasar akuntansi, akuntansi keuangan, audit, perpajakan, sistem informasi akuntansi, analisis laporan keuangan, dan lain sebagainya. 

Mahasiswa jurusan akuntansi juga akan mempelajari etika bisnis dan profesional dalam akuntansi, serta keterampilan presentasi dan komunikasi yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan klien, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.

Peluang Karir di Bidang Akuntansi

Sampai saat ini masih banyak orang yang bertanya Jika Nanti Kuliah Jurusan Akuntansi Kerja Apa setelah lulus Kuliah?

Perlu diketahui bahwa Lulusan Kuliah Jurusan Akuntansi memiliki peluang lowongan kerja dan karir yang cukup baik. Beberapa karir yang dapat dikejar setelah lulus kuliah Jurusan Akuntansi antara lain:

  1. Akuntan Publik: Seorang Akuntan Publik bekerja untuk membantu organisasi dan individu dalam menjalankan kegiatan keuangan mereka dengan memastikan kepatuhan terhadap peraturan, menyediakan informasi keuangan yang akurat, dan memberikan saran yang berharga untuk pengambilan keputusan bisnis.
  2. Akuntan Manajemen: Seorang Akuntan Manajemen bekerja untuk menyediakan informasi keuangan yang relevan dan akurat kepada pihak manajemen dalam suatu organisasi.
  3. Analis Keuangan: Seorang Analis Keuangan memiliki tugas utama dalam menganalisis informasi keuangan untuk memberikan wawasan dan rekomendasi kepada manajemen atau investor..
  4. Staf Akuntansi: Seorang Staf Akuntansi memiliki tanggung jawab yang berfokus pada pemeliharaan dan pengolahan catatan keuangan perusahaan..
  5. Konsultan Pajak: Seorang Konsultan Pajak memiliki tugas utama dalam memberikan saran dan layanan terkait dengan perpajakan kepada klien-klien mereka. Membantu klien untuk mengelola kewajiban pajak mereka dengan efektif, mengoptimalkan posisi perpajakan, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan yang berlaku

Kesimpulan:

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa Jurusan Akuntansi masih tetap diminati oleh para siswa lulusan Sekolah Menengah Atas yang berencana melanjutkan pendidikan ke tingkat kuliah. Meskipun banyak diminati, dominasi peminatnya masih diisi oleh kaum wanita, sementara kaum pria lebih cenderung memilih jurusan lain karena dianggap Ilmu Akuntansi cukup sulit dipelajari.

Jurusan Akuntansi tidak hanya mempelajari metode pencatatan keuangan dan penyusunan laporan keuangan, tetapi juga memerlukan pemahaman dalam Manajemen Keuangan, Perpajakan, Sistem Informasi, dan Pengauditan. Artikel ini memberikan gambaran singkat tentang apa yang dipelajari dalam jurusan ini dan mencatat bahwa lulusan Jurusan Akuntansi memiliki banyak peluang kerja dan karir yang menjanjikan.

Materi yang dipelajari mencakup dasar-dasar akuntansi, akuntansi keuangan, audit, perpajakan, sistem informasi akuntansi, dan analisis laporan keuangan. Jurusan Akuntansi juga dianggap sebagai alternatif yang baik bagi mereka yang berminat pada dunia bisnis dan bermimpi menjadi wirausahawan, karena kemampuan mengelola keuangan dengan baik sangat penting dalam berwirausaha.

Lulusan Jurusan Akuntansi memiliki peluang karir yang luas, seperti menjadi Akuntan Publik, Akuntan Manajemen, Analis Keuangan, Staf Akuntansi, atau Konsultan Pajak. Artikel ini memberikan pemahaman bahwa pemahaman dalam bidang akuntansi dapat membuka peluang karir yang beragam di berbagai sektor bisnis..


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.