Inilah Cara Upgrade Domain Blogspot ke Domain TLD

Apakah Anda memiliki blog di platform Blogspot dan ingin meningkatkan kredibilitas dan visibilitas blog Anda? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan meng-upgrade domain Blogspot Anda menjadi domain TLD (Top-Level Domain) yang lebih profesional. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara melakukan upgrade domain Blogspot ke domain TLD.

Apa itu Domain TLD?

Domain TLD adalah bentuk domain yang paling atas dalam sistem penamaan domain. Contoh domain TLD yang umum dikenal adalah .com, .org, .net, dan lainnya. Dibandingkan dengan alamat domain Blogspot yang tergolong subdomain, memiliki domain TLD memberikan kesan lebih profesional dan mendukung branding Anda.

Langkah pertama: Pilih dan daftarkan domain TLD

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih domain TLD yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Misalnya, jika blog Anda berfokus pada bisnis, Anda dapat memilih domain .com. Namun, jika Anda mencari domain TLD yang lebih spesifik, ada domain TLD seperti .design, .tech, dan lainnya.

Setelah memilih domain TLD yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan domain tersebut melalui penyedia layanan registrar domain tersedia di Indonesia. Pastikan untuk memeriksa ketersediaan domain yang Anda inginkan dan lakukan proses pendaftaran dengan mengikuti panduan dari penyedia domain tersebut.

Langkah kedua: Kelola domain dan konfigurasi DNS

Setelah berhasil mendaftarkan domain TLD Anda, langkah selanjutnya adalah mengelola domain tersebut dan mengkonfigurasi DNS (Domain Name System). Anda akan memerlukan akses ke akun Blogspot Anda dan akun domain yang Anda daftarkan.

Buka akun Blogspot Anda dan pergi ke pengaturan. Di bawah opsional, pilih "Basic" dan cari bagian "Publishing". Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengubah domainBlogspot.

Pilih opsi "Set up a third-party URL for your blog" dan masukkan domain TLD yang Anda daftarkan. Ikuti panduan yang diberikan untuk mengonfigurasi DNS. Anda akan diminta untuk menambahkan beberapa informasi DNS seperti CNAME, A, dan lainnya yang diberikan


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.