Tutorial Cara Backup dan Restore Konten Postingan Blogger

Melanjutkan  Postingan Sebelumnya Tutorial Cara Menambahkan Tombol Witget WhatApp Blogger, pada postingan ini Admin akan berbagi tutorial cara backup dan restore postingan blog. Dengan adanya filture Backup dan Restore Postingan blog tentunya ini sangat bermanfaat dimana kita bisa membackup semua postingan blog yang sudah kita buat dan kita publikasikan untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu dengan blog kita. Bayangkan saja bagaimana jika terjadi peretasan pada blog kita atau tau-tau blog kita tidak bisa lagi diakses betapa sedihnya kehilangan postingan blog yang sudah kita buat dengan susah payah hilang begitu saja. 

Filture backup ini juga berguna bagi Blogger yang ingin duplikat content tanpa harus copy paste postingan satu persatu, cukup dengan merestore postingan pada blog baru secara otomatis postingan blog yang telah dibackup akan dipublikasikan sama persis tanpa ada kekurangan sedikitpun. 

Selain itu filture ini juga dimanfaatkan bagi seller blogger, seperti kita ketahui banyak sekali sekarang para blogger yang sengaja membangun suatu blog kemudian setelah blog tersebut jadi akhirnya dijual belikan. Jelas-jelas hal ini seller blogger tidak akan begitu saja melepas semua postingannya, tentunya dia akan membackup postingan blog yang telah dibuatnya dan akan merestorenya kembali ke blog baru yang nantinya juga akan dijual. Dalam hal ini menurut pendapat Admin Buyyer blog sejatinya dirugikan, bagaimana tidak? Kok bisa? 

Begini sobat blogger, ketika seorang blogger menjual blogg miliknya yang notabene sudah siap AdSense Program tentnya konten-konten blog yang berkualitas akan dibackupnya, tidak mungkin dia akan begitu saja melepas semua konten begitu saja, tentu akan membuatnya susah karena setiap kali blog dijual dia harus membuat konten yang berkualitas sementara kerjaannya jual blog. Satu lagi sobag blogger postingan yang dibackup dan kemudian direstore akan secara otomatis terpublikasi di blog sama persis dengan aslinya mulai dari isi postingan sampai data penulis dan data dibuat postingan tersebut. Nah ketika sang seller blog merestor postingannya dari blog yang telah dijual tentunya hasil postingan tersebut pada bagian Penulis (postinger) akan sama atau sesuai dengan acount google miliknya tentunya blog yang tadinya dibeli oleh buyer yang memili acount google berbeda akan terindikasi bahwa postingan tersebut milik orang lain bukan miliknya, ujung-ujung si buyer kena efekpostingan plagiat sobat blogger. Kecuali si buyer membeli Blog sekaligus acount Google yang terkait blog tersebut baru aman menurut pandangan Admin. 

Atau untuk mengatasinya buyer bloger bisa secara manual mencopy paste postingan satu persatu ke Blog yang dibeli sebelumnya dengan cara membackup ulang postingan, merestore pada blog baru sebagai media publish sementara kemudian menyalinnya kembali satu persatu perhalaman postingan. Dengan cara ini maka postingan tersebut hasil copy paste akan berlebel acount google milik kita. 

Sekarang mari kita mulai tutorial cara membackup postingan blog, pertam-tama masuk ke Blogger kemudian pilih menu setelan, pada sub menu setelan pilih Lainnya kemudian pilih Backup Konten




Akan ada notifikasi backup konten silahkan klick Simpan ke Komputer




Kemudian untuk merestore Konten Blog yang sudah kita backup, masuk ke Blogger pilih menu Setelan, pada submenu setelan pilih lainnya kemudian pilih menu Impor Konten. Akan muncul dialog awal proses restore silahkan diconteng Saya Bukan Robot kemudian Klick Impor dari Komputer




Cari dimana lokasi file Backup konten yang akan direstore/diimpor setelah ketemu klik Open, secara otomatis proses restore konten blog akan berjalan dan tunggu sampai selesai.




Demikian Tutorial Cara backup dan resore Konten Postingan Blog, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di Tutorial Selanjutnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.