Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Kisah Pilu Klaim Garansi Seumur Hidup RAM Produk Corsair

    Pada kesempatan ini Admin tidak akan membahas tutorial sebagaimana biasanya, kali ini Admin ingin berbagia pengalaman mengenai penggunaan componen computer dari produk Corsair. Admin yakin semua sudah tahu siapa corsair? bagi yang belum tahu Admin berikan sedikit cuplikan saja ya!

    Corsair adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang tekhnologi khususnya perangkat komputer. Produk-produk Corsair sudah sangat terkenal dan mendunia baik dari segi kwalitas dan performanya. Bagi kalian yang suka gaming tentunya sudah tidak lagi asing, bahkan sebaliknya sangat mengenal tentang produk corsair. Hampir semua komponen komputer yang berbau gaming Corsairlah Empunya dimana produk-produk corsair berlabel garansi. Tidak tanggung-tanggung rata-rata masa garansi Corsair lebih dari satu tahun, seperti contohnya produk Power Suply Corsair masa garansinya rata-rata 3 tahun dan yang lebih wow... produk RAM garansinya adalah seumur hidup. Jadi selama perusahaan Corsair berdiri produk garansi RAM masih berlaku meski pemilik produk (konsumen) sudah turun-temurun. Gimana menurut kalian? sangat-sangat mantap jiwa kan jaminan garansi produknya! Lalu pertanyaannya bagaimana realita atau kenyataannya apakah seperti itu?

    Nah...disini Admin akan berbagi pengalaman menggunakan Produk Corsair dan pengalaman Klaim Garansi Produk Corsair yaitu sebuah Corsair RAM Vengeance DDR3 8 GB PC1600. Berikut ini penampakannya: 



    RAM Vengeance DDR3 8 GB untuk Personal Computer (PC) Admin dibeli pada tahun 2018, Admin sudah lupa bulan berapa belinya dan terjadi problem pada bulan Februari 2019 yang lalu. Sayangnya baru terfikirkan untuk berbagi pengalaman dan mempostingnya di Blog Berbagi Tutorial padahal kejadiannya sudah 4 bulan yang lalu. 



    Waktu itu di pagi hari entah kenapa seperti biasanya rutinitas sehari-hari sebelum jam buka usaha pukul 06:30 WIB admin menghidupkan komputer agar ketika pelanggan siap sudah dalam kondisi hidup stanby sehinga lebih cepat dalam pelayanan. Namun entah kenapa Komputer Admin yang pada malam harinya dipakai untuk lembur biasa-biasanya sehat wal afiat tahu-tahu begitu dinyalakan mati hidup, menyala sebentar sampai logo Mainboard lalu mati lagi, begitulah seterusnya. 

    Setelah melakukan beberapa test perbaikan barulah ditemukan penyebabnya yaitu RAM bermasalah. Langsung saja tanpa berpikir panjang Admin langsung menghubungi Toko dimana Admin membelinya dahulu untuk menanyakan soal klaim garansinya. Berikut ini percakapan Admin dengan Pihak Toko sayangnya untuk gambar kerusakan RAM sudah Admin hapus di memory internal handphone.



    Karena ini adalah pertama kalinya mengalami masalah penggunaan produk RAM Corsair dan melakukan Klaim Garansi setiap pertanyaan admin jelaskan secara jujur sesuai dengan keadaan sebenarnya. Bahkan dalam chat tersebut di atas tanpa ditanya admin menjelaskan kerusakan komponen pada RAM dan menanyakan apakah harus menyertakan Kwitansi Bukti Pembelian. 


    Ternyata syarat dan ketentuan klaim garansi diganti unit baru adalah produk tidak mengalami cacat fisik dan dalam kondisi baik. Dengan kejadian ini Admin terus terang sangat kecewa dan dalam hati tidak bisa terima. Logikanya saja suatu barang rusak karena pemakaian rata-rata pasti mengalami yang namanya penurunan fisik, entah itu karena terjadi konslet lalu ada komponen yang terbakar, komponen yang rapuh akibat termakan usia, dan lain sebagainya. 

    Garansi Seumur Hidup macam apa ini? jika suatu barang rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya tidak mengalami cacat fisik sepertinya itu akan sulit untuk ditemui dan kemungkinannya ada 1 banding 1.000 bisa juga karena gagal produk. Selama itu bukan kesalahan atau kelalain konsumen dalam pemakain seperti jatuh, atau pemasangan yang tidak sesuai prosedur sehingga mengakibatkan kerusakan layak untuk Garansi dan diganti dengan unit Baru. 

    Kalau seperti ini ketentuannya gak usahlah pasang label garansi seumur hidup, iya gak temen-temen? satu lagi nie kebetulan ketika Admin mengalami kejadian ini, Admin sempat curhat dengan salah satu rekan kerja Admin yang juga membuka Toko Penjualan Perangkat Komputer. Justru teman Admin ternyata juga mengalami hal yang sama dan lebih parah. Bayangkan saja Power Suply Corsair AX 1500 W yang harganya di atas 4 jutaan mendadak mati karena terjadi Low Voltage dan lonjakan Arus PLN (Tegangan Anjlok tidak Stabil) ketika di claim garansi dan barang sudah di kirim ke Jakarta di tolak melalui Telephon karena ada salah satu Pengait Pin Plastik yang patah. Padahal pengait pin tersebut meskipun patah tidak ada masalah, power suply tetap bisa digunakan dan beroprasi dengan baik.


    Teman Admin juga sangat-sangat kecewa dan sedih tentunya, kemudian mengajukan untuk diservice saja biaya ditanggung sendiri asal tidak lebih dari Rp. 3.000.000,- mengingat harga belinya itu yang cukup mahal. Sakit sekali jika diingat-ingat harga belinya kata teman Admin "Sakitnya tuh Disini!.... Apa coba hasilnya? ditolak lagi pihak Corsair Jakarta tidak mau melakukan service dan tetap akan mengembalikan barang. Aneh sekali kan? mereka yang produksi kenapa tidak mau service? padahal konsumen mau bayar biaya service, langsung saja ditolak tanpa alasan. Diposisi seperti ini rasanya pengen banget kawan pergi ke Kantor Distributor Corsair Jakarta lalu sambil terik Garansi banting-banting produk yang ditolak Klaim Gransi karena cacat produk di depan mata mereka.




    Dari kejadian ini dan kedepannya Admin bertekad tidak akan membeli produk Corsair, yang sudah terlanjut dibeli ya dipakai sampai rusak saja tidak perlu lagi beli produknya lebih baik beli produk yang lain meski garansinya pendek. Toh kwalitasnya juga sama dari pada beli produk corsair yang sudah dipastikan harganya paling tinggi dari produk lain namun ternyata label garansi hanyalah sebuah tulisan dan pada kenyataannya zonk bikin sakit hati. 

    Disini Admin tidak berniat memprovokasi atau menjelek-jelekkan Pihak Corsair kepada Publik, hanya berbagi pengalaman dan kenyataan mengenai claim garansi korsair. Tulisan ini hanyalah bentuk dari luapan kekecewaan. Jadi bagi siapa saja yang membaca postingan ini baik pendukung Corsair atau pihak corsair sendiri Admin mohon maaf, seperti kalian memohon maaf kepada konsumen karena tidak bisa melayani claim mereka karena cacat fisik pada produk. 
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: