Cara Mengganti ID Fedburner Widget Subcribe Postingan

Bagi blogger pemula proses pemasangan fitur Widget Subcribe atau Langganan Postingan Via Email bagi pengunjung blog adalah hal yang tidak mudah, terutama dalam hal mengganti ID Feds Burner agar ketika widget langganan via email diisi pengunjung langsung diarahkan untuk langganan via email sesuai dengan account pemilik blog. Jika tidak mengganti ID FeedBurner nama secara otomatis yang aktif adalah subcribe blog milik pembuat template atau widget. Sehingga bagi Anda yang menambahkan wiedget langganan via email atau baru saja ganti template baru dan ada fitur langganan via email harus menerapkan metode ini untuk mengganti ID FeddBurner agar ketika pengunjung ingin berlangganan via email langsung diarahkan ke Account Fedburner milik Anda sendiri. 


Langkah pertama buatlah account FedBurber, kalian dapat membuatnya dengan langsung melakukan proses pendaftran pada website FeedBurner.Google.com. 

Setelah itu buka meni EDIT HTML pada Dasboard Blogger yang terletak di menu Tema. Gunakan fitur pencarian dengan menekan tombol ctrl + f masukkan kata kunci feedburner.google.com atau feedburner saja, hasil dan lokasi tempat mengganti ID FedBurner seperti tampak pada gambar di bawah ini: 


Lokasi ID yang harus Anda ganti adalah yang bertanda kotak merah dengan tanda panah, ganti ID fedburner sesuai dengan account ID Anda. Untuk mendapatkan ID silahkan masuk ke halaman website FeedBurner. 

Contohnya disini Admin akan mengaktifkan fitur langganan via email blog Berbagi Tutorial, Pilih nama blog Anda, kemudian akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini, pilih Edit Feed Details. 

Copy ID Feed Burner poisisnya seperti pada gambar di bawah ini yang Admin beri kolom tanda kotak merah. 


Kemudian kembali ke Dasboard Edit HTMl Tema, ganti/replace id bawaan source code Widget dengan kode ID kalian kemudian klick Simpan Tema. 

Buka salah satu postingan blog Anda kemudian pada menu Widget Subcribe Langganan Postingan Via Email masukkan alamat email sebagai test, kemudian Klick Subribe. 
Jika benar penerapannya maka Anda akan diarahkan pada halaman tab browser baru langganan via email, checlist I'm not a robot kemudian klick Complate Subcribtion Request.

Proses test widget langgana widget via email sukses, namun apabila muncul errror notifikasi gambar seperti di bawah ini artinya Anda perlu mengaktfikan izin subcribe.

Masuk ke dasboard Account FeedBurner Anda kemudian pilih salah satu Blog Anda dan Pilih Tab Menu Publicize.

Klick Active untuk memulai pengaturan pengaktivan.

Lakukan Setting seperti pada gambar di bawah ini, jangan lupa untuk Checklist Send me whenever people unsubcribe.

Klick Save untuk menerapkan pengaturan dan joba test fitur Widget Subscribe Langganan Postingan Via Email sekali lagi. Jika prosedurnya benar maka secara otomatis layanan subcribe via email dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kesimpulan: 

Add fitur Widget Subcribe atau Langganan Konten Postingan Blog Via Email adalah salah satu cara untuk meningkatkan trafik pengunjung blog dengan cara mendatangkan kembali pengunjung lama untuk sekedar membaca-baca update postingan blog terbaru. Semakin banyak pengunjung yang subcribe atau langganan konten via email, maka semakin besar kemungkinan naiknya trafik pengunjung blog dari waktu ke waktu. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.