Cara Membuat File PDF Multi Page Size Kb Kecil Tanpa Convert

File extensi PDF dengan multi page atau halaman baik dari hasil scand multi page langsung atau dari hasil convert file PDF menggunakan sofware PDF Converter atau Websiste PDF Onlin Converter biasanya untuk ukuran size filenya memiliki satuan MB dan apabila satuannya Kb jarang sekali yang bisa dibawah 500kb, apabila dipaksanakan biasanya hasil preview file pecah atau buram tidak begitu jelas.

Melalui postingan ini Admin akan berbagi tutorial bagaimana cara membuat file PDF multi page dengan size yang dapat di atur sesuai dengan kebutuhan tentunya hasilnya bersatuan Kb dan bisa dibawah 500 Kb, hasil preview dokumen pun tidak akan buram atau pecah, hanya sedikit buram saja.

Siapkan file dokumen yang akan dijadikan PDF multi page dalam bentuk gambar JPG, bisa melalui hasil scand menggunakan sofware bawaan scanner atau printer, melalui foto dari HP, atau melalui scan dokumen menggunakan  aplikasi photoshop.

Untuk cara scan dokumen menggunakan Aplikasi Photoshop, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Masukkan file dokumen yang akan discand dalam Box Scanner. Buka Aplikasi Photoshop, kemudian klick File pilih menu Impor kemudian pilih submenu WIA Support.

Akan muncul jendela WIA Support Scanner, pilih Start

Muncul kembali Jendela baru untuk memilih device scanner, Klick OK untuk melanjutkan

Klick Scan untuk memulai scan dokumen, apabila ingin menentukan resolusi gambar klick Adjust the quality the scanned picture.

Proses Scan akan berlangsung beberapa detik, silahkan tunggu hingga selesai

Setelah proses scan selesai, crop tampilan dokumen dengan hanya mengambil area dokumen yang penting saja dengan menghilangkan nominal height dan widht, hal ini dilakukan untuk mengurangi lebar tampilan dokumen sehingga dapat meminimalisir ukuran file.

Untuk membuat file PDF multi page kita akan menggunakan Aplikasi  Miscrosoft Word, buka Aplikasi Miscrosoft Word kemudian buat New Dokumen gunakan paper size 5 x 7 in.



Kurangi jarak batas dokumen tex atas bawah, kiri dan samping menjadi seperti berikut ini:

Pastekan file JPG yang akan dijadikan PDF multi page satu persatu, untuk memudahkan dalam penempatan posisi gambar pada setiap gambar terapkan pengaturan in front of text melalui menu format pilih Wrap Text kemudian pilih In Front of Text

File gambar dalam Misrosoft Word sudah siap untuk dijadikan PDF Multi Page, klick menu Save atau Save As kemudian pada pilihan Save As Type pilih PDF klick Save untuk membuat File PDF.

Secara otomatis ketika file PDF berhasil dibuat akan ditampilkan pada aplikasi Adobe Reader

Mari kita lihat dari File PDF Multi Page 5 halaman berukuran 1.03 MB lumayan kecil bila dibandingkan dengan file PDF Multi Page dengan metode scan secara langsung.

Apabila ukuran dari File PDF Multi Page ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan, kurang kecil misalnya harus dibawah 1 MB maka kita dapat mengecilkan file PDF Multi Page dengan cara mengecilkan paper size.

Hasilnya setelah paper size diubah menjadi 8 x 11,5 cm ukuran file PDF Multi Page dari 5 halaman bisa menjadi 439 Kb.

Kesimpulan: 

Untuk membuat file PDF Multi Page selain secara langsung menggunakan software bawan scanner dapat juga dengan menggunakan Aplikasi Miscrosoft Word, keuntungannya kita dapat secara manual mengubah ukuran file PDF Multi Page yang dibuat dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi PDF Converter, PDF Comprezer, PDF Minimizer, dan PDF Reduce.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.