Langkah Penting Sebelum Memodifikasi Template Blogger

Mempunyai hoby menjadi seorang blogger adalah suatu hal yang saat ini booming dan viral dan bernilai positif. Dimana saat ini jumlah blogger baru atau biasa dibilang blogger pemula makin hari makin meningkat seperti meningkatnya jumlah youtuber saat ini. Tentunya sebagai seorang blogger pemula banyak sekali hal-hal mengenai kepengelolaan blog yang perlu dipelajari.

Salah satu skil yang paling utama harus dikuasai oleh seorang blogger pemula adalah kemampuan untuk melalukan penerapan atau editing ringan pada template yang digunakan, seperti kemampuan mengubah link-link url menu header dan footer bawaan template yang biasanya masih diwakili tanda #, kemampuan menambah fitur widget baru dan sebaliknya menghapus widget yang tidak penting atau kurang disukai, kemampuan memasang unit iklan baik google AdSense atau iklan-iklan dari publisher alternatif selain adsense seperti AdNow dan MGID serta kemampuan pengelolaan lainnya yang masih banyak lagi yang tidak mungkin disebutkan dalam postingan ini secara keseluruhan.

Hal ini penting dan harus dipelajari agar Anda blogger pemula bisa sedikit-sedikit memperbaiki dan atau memodifikasi tampilan template yang kalian gunakan, karena pada kenyataannya banyak blogger pemula yang mengambil jalan pintas dengan minta bantuan kepada teman sesama blogger untuk melakukan beberapa perubahan penerapan pada template dengan memberikan imbalan. Jika hal ini dibiasakan maka akan berdampak negatif dimana mereka tidak akan pernah bisa mengasah kemampuan ilmu pengetahuan seputar pengelolaan blog dan akan terus dalam ketergantungan bantuan orang lain bahkan merugi secara materi karena pada umumnya tujuan menjadi blogger karena merasa tertarik dengan pendapatan iklan Google AdSense. Sementara untuk bisa mendapatkan dan bisa menikmati hasil dari pendapatan penayangan atau klick iklan Google AdSense pada blog yang sudah Aproved butuh proses yang sangat panjang, banyak hal yang perlu dipelajari dan butuh waktu yang tidak singkat, pengalaman demi pengalaman akan mengalir dengan sendirinya seiring waktu dengan bertemu aneka masalah dan solusinya.

Adapun langkah awal yang penting kalian terapkan sebelum mencoba untuk melakukan editing template (belajar edit template sendiri) adalah melakukan backup kode HTML template. Hal ini untuk berjaga-jaga ketika nanti menemui kendala eror atau tampilan yang tidak sesuai setelah dilakukannya beberapa perubahan kode edit HTML template seperti tampilan template yang berantakan.

Untuk cara backup silahkan salin semua kode HTMl template yang ada pada menu edit HTML kemudian simpan kode dengan menggunakan Aplikasi NotePad, beri nama identitas file hasil backup sesui dengan yang kalian inginkan.



Ketika kalian sudah memiliki file backup template, kemudian mengalami kendala eror code yang tidak dapat diselesaikan atau diteruskan serta tampilan template justru berantakan setelah dilakukannya editing. Kalian bisa dengan mudah mengembalikannya seperti semula dengan menggunakan kode pada file backup template, copy kode dari master backup template NotePad kemudian blog dengan CTRL + A pastekan (timpah) kode template yang eror dengan kombinasi printah keyboard CTRL + V lalu Klick menu Simpan Tema.

Hal ini juga untuk berjaga-jaga jika ternyata setelah dilakukannya editing template suatu hari merasa kurang puas dan ingin kembali ke tampilan awal sebelum diedit. Atau kalian mencoba menggunakan template baru kemudian setelah beberapa lama merasa template tersebut tidak cocok maka dengan file backup kalian bisa mengembalikan tampilan blog seperti sebelumnya.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.