Cara Refil Tonner Printer HP LaserJet Profesional P1102

Salah satu tanda bahwa tonner dalam ketrid Printer HP LaserJet Profesional P1102 yang sudah mendekati waktunya mengisi ulang refil tonner adalah munculnya notifikasi peringatan dekstop Black Catridge Low dan pemberitahuan bawah halaman yang dapat dicetak selanjutnya diperkiran kurang dari 50 lembar. Untuk itu sebaiknya juga sudah muncul notifikasi seperti ini segera lakukan isi ulang tonner dari pada nantinya ketika printer digunakan untuk mencetak banyak bermasalah karena kehabisan tonner.

Buka cover bagian atas HP LaserJet Profesional P1102 kemudian ambil ketrid

Lepaskan 2 buah baut yang ada di sebelah kanan dan kiri ketrid

Pada area ujung sebelah kanan terdapat pengunci drum, untuk melepaskannya congkel ke luar dengan obeng pipih atau plat pipih.

Lepas Drum kemudian angkat juga karet roller panjang di bawahnya.

Lepaskan 2 buah pengunci yang ada di ujung kanan dan kiri untuk membuka catrid



Proses membuka catrid selesai, langkah selanjutnya adalah mengisi ulang serbuk tonner catridge HP LaserJet Profesional P1102.

Namun sebelumnya bongkar box penampung tonner buangan, kemudian bersihkan menggunakan blower angin, gunakan masker ketika membersihkan tonner untuk menjaga kesehatan anda.

Untuk mengisi tonner lepaskan Rol Magnit panjang yang menutupi celah pengisian tonner, khusus untuk bagian ini harap berhati-hati ketika melepasnya jangan sampai terbentur, terjatuh atau pir yang ada di ujung Rol Magnit bengkok atau rusak karena akan berakibat fatal, ketrid bermasalah tidak akan bisa berfungsi dengan baik ketika nantinya dipasang ke printer.

Setelah tonner diisi ulang sampai dengan penuh, bersihkan komponen ketrid yang telah dilepas dari tumpahan tonner menggunakan blower angin dan tissue kiring apabila diperlukan. Pasang kembali satu persatu part sesuai dengan tempatnya, dan bersihkan kembali unit ketrid setelah semuanya terpasang dengan baik lalu pasang kembali ke printer dan lalukan test cetak dokumen.

Jika prosedur melepas komponen ketrid dan memasangnya kembali benar sesuai prosedur, maka tidak akan terjadi masalah, namun sebaliknya jika anda tidak berhati-hati dalam melepas komponen ketrid dan memasangnya, atau pemasangan yang kurang tepat sudah dapat dipastikan akan terjadi problem setelah pengisian. Solusinya jenis problem dan perkirakan penyebabnya, kemudian bongkar kembali ketrid dan perbaiki kesalahan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.