Tutorial Cara Memasang Tag HRFLang Blog

Sebelum membahas  cara memasang tag HREFlang pada  template blog, perlu anda ketahui apa itu HRFLang? dan apa Funginya?

Menurut Wikipedia

Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Atribut tautan rel = "alternate" hreflang = "x" adalah elemen meta HTML yang dijelaskan dalam RFC 5988. Hreflang menentukan bahasa dan batasan geografis opsional untuk dokumen. Hreflang ditafsirkan oleh mesin pencari dan dapat digunakan oleh webmaster untuk memperjelas penargetan bahasa dan geografis suatu situs web. Wikipedia (Inggris)

HRFLang adalah sebuah tag yang isinya menegaskan bahasa yang digunakan pada sebuah halaman blog. Fungsinya untuk memberitahukan kepada Googlebot bahwa blog menggunakan bahasa tertentu dan diarahkan ke pengunjung yang berada di negara tertentu. Jika penulisan Tab benar dan sesuai dengan bahasa yang digunakan pada blog, maka efeknya Google akan memaksimalkan performa blog dalam SERP sesuai wilayah dimana blog diakses oleh pengunjung. Namun apabila penulisannya tidak benar, atau tidak cocok dengan bahasa yang digunakan, misalnya blog menggunakan bahasa indonesia tapi tag HFEFLang yang dipasang ke blog adalah kode bahasa negera Inggris maka blog anda akan tertuduh mengada-ada alias hoax dan akan muncul notifikasi peringatan pada dasboard google serach consule

Tag HREFLang termasuk hal yang pada saat ini kebanyakan diabaikan oleh blogger, sehingga banyak yang tidak tahu pentingnya tag ini dalam hal SEO dan Optimasi Pengjung. Setiap hari ketika anda mengakses jaringan internet dan berselancar di dunia maya menggunakan browser, baik itu google crome, mozila, atau opera browser saat anda membuka mesin pencari google yang terbuka nyaris selalu Google.com dan google.co.id. Padahal domain google itu banyak sekali, hampir sebanyak jumlah negara yang ada di dunia. Tapi mengapa yang terbuka bagi anda hanya google.com atau sesekali google.co.id?

Disinilah letak fungsi dari adanya tag HREFLang, setiap daerah atau negara ada prioritas bahasa yang digunakan, sehingga masyarakat pengguna internet jelas akan lebih familiar dengan bahasa daerah atau bahasa negaranya masing-masing. Maka Google secara otomatis mendeteksi keberadaan pengguna dan menyesuaikan konten hasil penelusuran yang paling relevan sesuai dengan bahasa yang digunakan pada zona wilayah pengguna.

Untuk melakukan pengecekan apakah website atau blog yang anda kelola sudah menggunakan tag HREFLang, dapat melalui halaman Dasboard Google Search Consule, silahkan anda pilih properti domain blog anda kemudian pada menu sebelah kiri pilih menu Lalu Lintas Penelusuran kemudian pilih sub menu Penargetan Internasional, klic tab Bahasa.

Sedangkan untuk memasang tag HREFLang silahkan copy paste kode berikut ini pada area kode HTML template, tepatnya diantara kode <head> dan </head>.

 
  <link expr:href='data:blog.url' hreflang='id-id' rel='alternate'/>
  <link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Perhatikan Kode id-id, kode id pertama adalah kode bahasa yang digunakan dalam penulisan postingan blog, dan kode id kedua ada kode negara. Selengkapnya jika ingin melihat kode bahasa dan negara bisa melalui KodeSingkatan.Com

Anda juga dapat menggunakan metode pertama namun hanya menggunakan satu kode saya misal untuk negara indonesia id dan tidak menggunakan kode kedua sebagai kode negara. Secara otomatis tetap akan terdeteksi negara Indonesia.

Kode Tag HREFLang pertama adalah kode dengan penargetan bahasa indonesia dan negara target Indonesia, sementara kode Tag HREFLang kedua x-default adalah kode HRFLang otomatis jadi dengan menggunakan kode ini berarti anda tidak menggunakan penargetan bahasa dan wilayah untuk blog anda (Universal Global).

Silahkan dipilih salah satu kode tersebut dengan pernargetan atau Universal Global Internasional, Klick Simpan Tema untuk menerapkan.

Kesimpulan: Untuk lebih meningkatkan Kwalitas SEO Sebuah blog salah satu adalah dengan memasang tag HREFLang sesuai dengan bahasa yang digunaka dalam penulisan postingan blog dan negara target visitor blog.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.