Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Mengatasi Masalah Duplicate Meta Description Blogger

    Sebelum Admin membahas cara mengatasi masalah error duplicate meta description, alangkah baiknya anda pahami terlebih dahulu apa itu meta description? dan apa fungsinya?

    Meta description adalah atribut HTML template blog yang memberikan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman atau konten postingan blog. Meta deskripsi biasa digunakan di hasil pencarian mesin pencari (SERP) untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman atau konten postingan blog yang dipublikasikan ke publik.

    Tag Meta deskripsi, walaupun tidak penting dalam peringkat mesin pencari, sangat penting untuk meningkatkan jumlah klik dari HPMP. Paragraf singkat ini adalah kesempatan dari pemilik web untuk memasarkan konten kepada pencari dan memungkinkan mereka untuk mengetahui halaman tersebut berisi informasi yang sedang mereka cari.

    Fungsi dari meta description adalah sangat penting dalam menentukan posisi sebuah blog dalam kancah persangingan konten sebagaimana disinggung di atas yaitu menjabarkan secara singkat mengenai informasi atau isi konten dengan keyword yang mewakili inti dari pembahasan sebuah konten.

    Adapun masalah yang sering terjadi dan jarang sekali diperhatikan oleh para blogger pemula adalah adanya duplicate meta description pada konten postingan blog ketika dirayapi oleh search engine google. Anda dapat melakukan pengecekan kesehatan blog anda berkaitan dengan hal ini melalui aplikasi seo checker yaitu app.neilpatel.com Anda hanya cukup mengunjungi website tersebut kemudian melakukan audit website, secara otomatis akan ditampikan halaman mana saja dari postingan blog anda yang memiliki masalah termasuk disini yang paling banyak terjadi adalah duplicate meta description.

    Duplicate meta description ini terjadi karena bot spider google saat merayapi halaman blog anda menemukan deskripsi halaman yang sama, yaitu antara deksripsi yang dicantumkan pada pengaturan deksripsi tag meta preferensi penelusuran dengan deskripsi yang dibuat pada kolom deskripsi postingan. Tentunya hal ini akan berdampak negatif pada hasil pencarian yang tidak relevan,yang dapat mempengaruhi ranking atau serp blog di hasil pencarian google dan mesin pencari lainnya seperti yahoo, bing dan yandex.

    Meskipun template yang anda gunakan sudah menanamkan meta description tidak menutup kemungkinan terjadi duplicat meta description karena meta tag deskripsi dalam template anda gunakan tidak menggunakan tag kondisional atau tag pembungkus atau duplicate lainnya, dengan adanya masalah duplicate tersebut maka bot search engine akan menganggap semua konten menjadi duplikat deskripsi.

     
      <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
      <meta content=' Deskripsi ' name='description'/>
      <meta content=' Keyword ' name='keywords'/>
      </b:if>
    

    Menggunakan meta tag deskripsi di bagian setting preferensi penelusuran juga dapat menyebabkan duplikat deskripsi, untuk menghapusnya silahkan  buka Dasboard Blogger masuk ke menu Setelan pilih sub menu Preferensi penelusuran  dan hapus deskripsi yang telah dibuat sebelumnya.

    Duplicate meta description juga terjadi pada saat penambahan halaman arsip di blog sehingga muncul notifikasi duplikat tersebut, untuk mengatasinya dapat dengan menambahkan meta tag robot noindex pada halaman arsip, pemasangan ini bertujuan agar halaman arsip blog tidak di index oleh spider sehingga mencegah terjadinya duplikat konten. Silahkan letakan kode di bawah ini tepat di bawah kode </style>

     
      <b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
      <meta content='noindex' name='robots'/>
      </b:if>
    

    Atau dapat juga mencekal duplikat archive melalui setting tag tajuk robot : buka dasboard akun blogger pilih menu Setelan Pilih Sub Menu Preferensi Penelusuran lalu aktifkan robot.txt khusus kemudian centang pada bagian halaman archive, seperti tampak pada gambar berikut ini:

    Selain itu Duplicate description juga terjadi pada halaman mobile dan PC (M=0 dan M=1) yang sering di tampilkan paling banyak di webmaster, duplicate M=1 adalah duplicate pada tampilan mobile yang terdeteksi di halaman pc, dan M=0 adalah tampilan PC. Untuk mengatasinya dapat dengan menambahkan kode berikut ini pada Edit HTMl Template.

    Letakkan kode berikut ini diarea bawah  <head> (Untuk Blog dengan template AMP)

     
      <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
    

    Atau dapat juga menggunakan kode berikut ini dan letakkan di atas kode (Untuk Blog dengan template Non AMP)

    Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial berikut ini: Tutorial Cara Menghilangkan ?m=1dan ?m=0 pada url blog ketika diakses handphone android. 

    Setelah menerapkan metode di atas silahkan tunggu selama beberapa minggu kemudian atau bisa juga sampai dengan satu bulanan untuk hasil penghapusan duplicat meta description.

    Kesimpulan: 

    Untuk meningkatkan kwalitas SEO blog dimata saarch engine google dan lainnya salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya duplicate meta description pada halaman konten postingan. Dengan metode ini diharapkan konten postingan akan lebih berkwalitas dan tidak dikecualikan oleh google pada hasil pencarian sehingga mampu bersaing dengan konten blog dengan nice dan pembahasan yang sama.


    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait:
    • liliek - Pengunjung - 8 September 2020 19.00

      Terima kasih atas penjelasan ini. Di blog saya banyak duplikat meta description dan sy mencoba memperbaikinya melalui dashboard sesuai penjelasan dlm artikel ini.

    • Berbagi Tutorial Online - Admin - 9 September 2020 19.49

      Terima kasih kembali agan Liliek atas kunjungannya, semoga berhasil