Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Tutorial Cara Mengatasi Printer Epson L120 Error Code 21000068

    Hay...Apa Kabar Sobat Blogger? Setelah sekian lama Admin tidak  share tips service Printer. Pada kesempatan malam ini Admin ingin berbagi Tips Jitu mengatasi Printer Epson L120 yang tidak bisa direset Eror Code : 21000068 seperti gambar berikut ini: Udah pada tau belum apa itu reset? dan kenapa printer perlu direset dan apa penyebabnya? 

    Yup.... Admin coba jelaskan barang kali Sobat Blogger ada yang belum faham dan tidak mengerti soal Resett Printer. Perlu diketahui bahwa hampir semua merk printer yang beredar di pasaran setelah pemakaian cukup lama akan mengalami yang namanya Eror Tidak Bisa dipakai untuk Print Dokumen dengan ditandi Blink Indikator Lampu Printer secara bergantian yaitu warna Hijau dan Merah. Hal tersebut disebabkan karena telah penuhnya memori IC Eeprom sehingga diperlukan penyegaran yaitu resset atau bisa dibilang dikembalikan ke titik 0 agar printer bisa normal dan dipakai kembali. 

    Terkadang tidak selamanya printer terutama merk Canon dan Epson bisa dilakukan resset ketika mengalami Blink sebagaimana admin jelaskan di atas. Ada yang memang bawaan pabrikan ketika telah mencapai masa Resset harus diganti IC Eepromnya langsung dan tidak bisa dilakukan Resset melalui Software Resetter. Adapula yang tadinya bisa diresset dan setelah beberapka kali terjadi kendala tidak bisanya resset melalui sofware dan ada pula terjadi karena kesalahan kombinasi resset manual seperti pada printer canon. 

    Jika hal tersebut terjadi, mau tidak mau kita harus melakukan penggantian IC Eeprom, IC Eeprom sendiri bisa kita ganti secara mandiri tanpa harus ke tempat service dengan syarat kita sudah memiliki alat yang dibutuhkan untuk pengerjaannya dan tentunya sudah membeli IC Eeprom sesuai tipe printer melalui situs Jual Beli Online.

    Sekarang setelah admin jelaskan sedikit pengetahuan tentang Resset Printer, yuk kita simak step by step replace IC Eeeprom Printer Epson L120 tested dijamin Work: 

    Langkah pertama bongkar printer dan ambil Mainboard Printer, buat yang belum bisa cara bongkarnya bisa searching google atau bisa langsung praktek dengan catatan harus hati2 ketika membuka box printer jangan sampai ada yang patah atau rusak komponennya.  Setelah Mainboard target berhasil kita ambil seperti gambar berikut ini: 

    Langkah selanjutnya adalah tentukan dimana lokasi IC Eepromnya, bisa dilihat disini IC Eeprom Epson L 120 ditandai dengan titik Hijau pada sudut Kanan atas. 

    Siapkan IC Eeprom yang sudah dibeli sesuai dengan tipe dan merk seperti gambar berikut ini:

    Siapkan Blower/Soder UAP, nyalakan dan atur suhu Blower 350 derajat, jangan kurang dari 350 derajat karena akan mempersulit pengangkatan disebabkan kurang panasnya suhu sehingga akan membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengangkatannya (beresiko rusaknya komponen karena tekanan pinset)  dan jangan pula lebih dari 350 derajat karena bisa membahayakan (terbakarnya) PCB dan Komponen dari Mainboard Target.

    Setelah Blower dalam posisi suhu MANTAP JIWA MEMPESONA langkah selanjutnya siapkan Solder Manual, Pinset dan jangan lupa flux. Solder manual akan kita gunakan dalam proses pemasangan IC Eeprom yang baru. Pertanyaannya kenapa harus pake solder manual, kan udah ada Blower Mas Bro? 

    Mau Tau Jawabannya? Yup... jawabannya adalah bagi Teknisi Amatiran atau bisa dibilang belum ahli mengoprasikan Blower akan kesulitan ketika memasang IC Eeprom dengan Blower karna adanya tekanan hembusan angin dari blower itu sendiri, ujung-ujungnya IC yang akan dipasang akan lari-lari atau sedikit bergeser dari posisinya. So admin sarankan gunakan solder manual aja yang lebih gampang dan simple.



    Sebelum proses pengangkatan IC dengan Blower, lindungi komponen yang mudah terbakar dengan kertas Alumunium Voild. Jika tidak silahkan tanggung resiko melelehnya komponen mainboard yang terbuat dari plastik. Tambahkan juga Flux agar proses pengangkatan menjadi mudah.


    Sekarang IC sudah terangkat, langkah selanjutnya rapikan jalur timah kaki-kaki IC Eeprom dengan solder manual.

    Jika jalur kaki-kali timah tempat menempelnya Kaki-kali IC Eeprom sudah rapi saatnya ke setep inti yaitu pemasangan IC Eeprom, tambahkan sedikit flux lalu posisikan kaki-kaki IC pada tempatnya kemudian tempelkan mata solder ke jalur kaki timah, maka dengan sendirinya timah yang sudah dilapisi flux meleleh dan menempel dengan ke Kaki-Kaki IC tanpa adanya short (menyatunya timah antar kaki)

    Setelah IC Eeprom berhasil kita ganti, bersihkan dengan kuas yang telah dibasahi Tinner dan tunggu sampai kering atau bisa juga diusap dengan tisu kering agar cepat bersih. Kemudian pasang kembali Mainboard pada box printer.

    Saatnya melakukan Test, Tara...aaa....... printer yang tadinya blink tidak bisa diresset bisa beroprasi normal kembali dan siap digunakan





    Sampai disini Tips mengatasi Printer Epson L120 Blink tidak bisa Diresset, semoga bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman yang mungkin membutuhkan. Sampai jupa ditutorial berikutnya.

    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: