Pengunjung Sebuah Blog yang sudah memiliki ranking di Google Search tidak selalu berasal dari negara asal pengguna atau berdasarkan penargetan visitor, terkadang blog dengan kontennya yang menarik juga tidak menutup kemungkinan mendapatkan pengunjung dari visitor manca negara. Bagi pengjung blog yang sudah terbiasa mengunjungi konten blog dari negara asing biasanya sudah mengetahui bagaimana metode untuk menerjemahkan bahasa agar konten blog dengan bahasa yang berbeda dapat dipahami dengan baik, misalnya dengan mengintal extensi penerjemah seperti mate translate, atau menyalin dan menerjemahkan teks konten pada halaman website google translate. Namun bagi visitor pemula yang belum terbiasa mengakses konten dari blog luar negeri pasti merasa kebingungan dan tidak mendapatkan suatu apapun dari halaman konten karena tidak mengetahui metode cara penerjemahan konten menggunakan bantuan extensi translator google crome dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita sebagai pengelola sekaligus pemilik Blog haruslah memberikan kenyaman baik bagi pengunjung dalam negeri maupun pengunjung dari luar negeri. Untuk itu kita perlu memasang fasilitas translator agar pengunjung warga asing dapat dengan mudah menerjemahkan isi dari konten blog kita. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah dengan memasang Menu Translator yang mengarahkan pengjung ke halaman penerjemah google. Bisa dipasang pada header menu, atau pada area widget menu blog, dan juga bisa ditempatkan dimana saja sesuai dengan keinginan masing-masing.

Berikut ini tutorial cara memasang Google Translate pada menu Header Blog AMP, untuk blog Non AMP akan Admin bahas pada postingan selanjutnya.

Pertama-tama silahkan salin source kode Google Translate berikut ini:

 
  <li><a expr:href='&quot;https://translate.google.com/translate?hl=en&amp;sl=id&amp;tl=en&amp;u=&quot; + data:blog.url' itemprop='url' rel='nofollow noopener' target='_blank' title='Translate'><span itemprop='name'>Translate This Page</span></a></li>

Kemudian buka Sub menu Edit HTML pada menu Tema Dasboard Blogger. Letakkan source kode google translate diarea kode label menu header seperti tampak pada screenshot berikut ini:

Setelah itu Klick Simpan Tema untuk menerapkan, apabila terjadi error berarti penempatan kode tidak tepat, silahkan lakukan penempatan kode ulang sampai dengan valid dan Simpan Tema.

Untuk tampilan menu header Google Translate kurang lebih seperti screenshot berikut ini:

Kata TRANSLATE THIS PAGE bisa anda ganti sesuai dengan keinginan masing-masing. Berikut ini tampilan halaman home page Blog Berbagi Tutorial Online default dalam bahasa Indonesia.

Dan berikut ini tampilan halaman home page Blog Berbagi Tutorial Online ketika diakses pada halaman Google Translate, secara otomatis bahasa dalam halaman blog akan berubah sesuai dengan pengaturan translate bahasa.

Begitupun halaman postingan blog ketika diakses menggunakan menu Google Translate akan berubah mengikuti bahasa yang dikehendaki oleh pengunjung.

Dengan menerapkan metode ini diharapkan dapat meningkatkan Ranking Blog di Google Search dan dapat meningkatkan visitor Blog ke depannya. Bagi Blog yang sudah menerapkan Google AdSense tentunya semakin banyak pengunjung dari luar negeri maka penghasilan klick iklan pun akan meningkat.

Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments