Salah satu fitur yang berfungsi untuk meningkatkan kemudahan, kenyaman dan memanjakan pengunjung blog yang berasal dari luar negeri adalah dengan menerapkan fitur penerjemah baahasa berupa Widget Google Translate. Dengan Adanya fitur penerjemah bahasa ini secara otomatis pengunjung warga asing luar negeri dapat dengan mudah memahami isi dari konten postingan dan dapat mengambil manfaatnya dengan bantuan Widget Google Translate.

Untuk memasang Widget Google Translate pada Template Blogger Non AMP caranya sangatlah mudah, hanya melalui menu tata letak dan sesulit metode pemasangan source kode Google Translate pada Template AMP yang sudah Admin bahas sebelumnya.

Silahkan bagi Anda pengguna Template Blogger Non AMP yang merasa tertarik dan ingin menambah Widget Google Translate pada blog kesayangan Anda ikuti tutorial berikut ini:

Pertama-tama salin source Kode Widget Google Translate berikut ini:

 
  <div id="google_translate_element"></div><script>
function googleTranslateElementInit() {
  new google.translate.TranslateElement({
    pageLanguage: 'id',
    multilanguagePage: true,
    layout: google.translate.TranslateElement.InlineLayout.HORIZONTAL
  }, 'google_translate_element');
}
</script><script src="//translate.google.com/translate_a/element.js?cb=googleTranslateElementInit"></script>

Buka halaman Dasboard Blogger, Pilih menu Tata Letak kemudian Pilih Add New Widget kemudian pilih type Widget HTML/Java Script.

Letakkan source kode Widget Google Translate pada area Konten, untuk judul kosongkan saja

Klick Simpan Untuk Menerapkan, dan Klick Simpan Setelan untuk menyimpan penerapan Widget.

Sebagai Contoh penerapan pada Blog WikiChibi dengan bahasa default Bahasa Indonesia seperti tampak pada screenshot berikut ini:

Ketika Pengujung warga asing misalnya Inggris menerapkan pengaturan penerjemahan bahasa ke bahasa Ingris maka secara otomatis semua konten pada halaman home page akan ditranslate menjadi bahasa inggris.

Begitupun pada halaman Konten Postingan Blog yang secara default WikiChibi menggunakan Bahsa Indonesia, ketika diterapkan penerjemahan ke Bahasa Inggris melalaui Widget Google Translate maka seluruh isi teks konten postingan akan berubah menjadi bahasa inggris.



Demikianlah Tutorial Cara Menambah Widget Google Translate pada Blog Non AMP, semoga Tutorial ini bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments