Salah satu masalah yang umumnya dihadapi oleh blogger pemula berkaitan dengan pengelolaan sebuah blog adalah kecepatan load halaman blog yang buruk. Dimana waktu yang dibutuhkan untuk meload keseluruhan konten sebuah halaman secara keseluruhan melebihi batas maksimum kecepatan load page kategori Fast Loading Mobile SEO Friendly yaitu 2.5 detik. Anda bisa melakukan check seberapat cepat load halaman blog anda menggunakan feature test kecepatan load halaman website dari Google seperti thinkwithgoogle.com, pagespeedinsight atau Mobile SEO Friendly Test.


Anda dapat juga menggunakan Website GTmetrix untuk melakukan test kecepatan load hamalan website, jika nilai yang ditunjukkan dengan lambang huruf D atau F itu berarti kecepatan load halaman blog anda cukup berat dan buruk untuk SEO


Penyebab Loading Blog Lambat

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh dan berperan besar memberikan beban load halaman blog adalah ada dan banyaknya kode JavaScript. Baik itu kode JavaScript yang berasal dari penyusun kode template atau kode JavaScript yang berasal dari kode iklan seperti kode JavaScript Iklan AdSense, AdNow, MGid dan lain sebagainya. Semakin banyak kode JavaScript penyusun template di tambah dengan kode JavaSript Banner Iklan beban load halaman akan menjadi semakin berat dan efeknya blog anda semakin jauh dari kata SEO.

Selain itu faktor kedua yang sangat berpengaruh dan berperan besar menyumbang beban load halaman blog adalah banyak konten dengan gambar pendukung di dalamnya. Rata-rata konten blog dengan Nice Tutorial serta nice Parwisata banyak menyelipkan gambar pendukung di dalam konten, tujuannya agar konten lebih menarik, akurat dan berkwalitas serta untuk mempertegas dan memperjelas deskripsi agar mudah dipahami oleh pengjung. Namun ternyata ada resiko yang harus ditanggung apabila konten blog banyak mengandung lampiran gambar yaitu loading blog yang lambat dan jelas tidak Mobile SEO Friendly.

Lalu bagaimana solusi atas masalah tersbut di atas, bagaimana cara agar loading halaman blog tetap cepat meski banyak mengandung iklan dan konten berupa gambar?

Masalah dan Resiko yang Menjadi Kendala

Pertama sebagai seorang blogger khususnya pemilik blog dengan nice tutorial dan pariwisata tentunya ingin memiliki blog dengan konten yang berkwalitas serta memberikan iformasi yang jelas kepada pembaca. Sementara untuk mencapai tujuan tersebut mau tidak mau kita harus banyak menggunakan media gambar untuk memperjelas deskripsi dan mempertegas isi konten. Jika tutorial atau konten objek wisata yang disuguhkan kepada pembaca hanya mengandung sedikit gambar tentunya konten tidak akan menarik serta kurang informatif. Jalan satu-satunya yaitu tetap mempertahankan konten dengan banyak gambar pendukung di dalamnya. ini merupakan masalah dan resiko yang menjadi kendala dan perlu solusi pemecahannya.

Kedua sebagai seorang blogger rata-rata ingin mendapatkan penghasilan dari mengelola blog dengan memasang iklan. Semakin sedikit iklan yang dipasang tentu peluang klick iklan dan pendapatan akan kecil. Sementara dengan memasang banyak banner iklan dengan penempatan yang tepat membuka peluang meningkatkan pendapatan klick dari Iklan. ini juga merupakan masalah dan resiko yang menjadi kendala dan perlu solusi pemecahannya.

Cara Mempercepat Loading Blog

Untuk mempercepat loading halaman blog tentunya cara yang paling ampuh dan praktis adalah dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan loading blog menjadi lambat seperti terlalu banyak memasang banner iklan dengan kode javascript dan banyak menyertakan gambar pendukung dalam konten postingan. Tentunya cara ini tidak semua blogger bisa menerima dan menerapkannya begitu saja mengingat nice blog dengan kebutuhan media gambar yang berbeda.

Sebagai alternatif bagi yang ingin tetap mempertahankan konten dengan banyak gambar pendukung serta pemasangan banner iklan yang cukup banyak pada halaman blog adalah dengan meminimalisir ukuran gambar serta memasang scrip lazy load gambar dan Iklan. Meskipun cara ini tidak 100% dapat mengatasi masalah loading halaman blog yang berat dan lambat. Setidaknya dapat mengurangi beban load halaman, sehingga halaman blog dapat sedikit lebih cepat untuk ditampilkan secara keseluruhan alih-alih dapat memenuhi waktu batas maksimal kecepatan halaman load website berdasarkan alat ukur kecepatan load halaman blog milik Google.

Hal yang dapat Dilakukan untuk Mempercepat Loading Halaman Blog.

Pertama: mengurangi size atau ukuran gambar dengan cara mengkompres/minimize gambar dengan tujuan memperkecil size gambar namun tetap mempertahankan kwalitas tampilan gambar. Sehingga di hasilkan gambar dengan size kecil yang lebih ringan tidak menyumbang beban load serta tampilan atau resolusi gambar yang tetap baik. Anda dapat mengkompres atau minimize gambar menggunakan software kompres gambar atau dapat juga melalui situs kompres gambar online seperti; compressjpg.com, iloveimg.com, imagecompressor.com dan lain sebagainya.

Sedikit informasi tambahan: untuk format gambar dengan size kecil namun kwalitas tampilan gambar yang cukup dapat dipertahankan resolusinya adalah format gambar dengan eksetensi .webp. Lebih jelasnya silahkan baca: Tutorial Cara Memperkecil Ukuran Size Gambar Postingan Blog

Kedua: menerapkan script lazy load Iklan dan Gambar. Dengan cara ini gambar atau banner iklan tidak akan secara langsung dimuat secara keseluruhan. Sehingga dapat memberikan efek yang cukup baik mengurangi beban load halaman. Gambar atau banner iklan baru akan ditampilkan secara berangsur-angsur mengikuti pengaturan script lazy load. Cara ini cukup efektif dan terbukti dapat mengurang beban load halaman blog ketika diakses serta meningkatkan kecepatan load blog. Untuk tutorialnya silahkan baca: Tutorial Cara Pasang Script Lazy Load Gambar dan Iklan AdSense

Demikianlah tutorial cara mengatasi blog dengan loading yang berat dan lambat karena adanya konten yang banyak mengandung gambar pendukung serta banyak menerapkan banner iklan pada halaman blog. Semoga dapat memberikan solusi bagi anda yang sedang dihadapkan pada masalah kecepatan blog yang buruk tidak mobile seo friendly.
Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments